Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap

1000 Bibit Patin BPPT Kini ‘Nyantri’ di Ponpes Darul Hijrah

and - Apahabar.com     Selasa, 20 November 2018 - 19:14 WITA
and - Apahabar.com     Selasa, 20 November 2018 - 19:14 WITA

1000 Bibit Patin BPPT Kini ‘Nyantri’ di Ponpes Darul Hijrah

BPPT dan pewarkilan KPw BI Kalsel menyaksikan bibit patin yang dilepas di kolam ikan PP Darul Hijrah Putra, Cindai Alus, Martapura, Kabupaten Banjar.(apahabar.com/baha)

apahabar.com, MARTAPURA – Pondok Pasantren Darul Hijrah Martapura menerima bantuan 1000 bibit patin. Bantuan ini diberikan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk meningkatkan ekonomi pondok.

Pemberian bibit yang kini ‘nyantri’ di kolam milik Pondok Pesantren Darul Hijrah itu tandai acara seremoni pelepasan bibit antara Pimpinan Ponpes Darul Hijrah, perwakilan BPPT, dan pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) Kalsel, Selasa (20/11/2018).

“Alhamdulillah, kami berterimakasih pada BPPT, Komisi VII DPR RI dan BI karena telah bayak memberikan bantuan di Pondok Darul Hijrah ini,” kata Pimpinan Pondok Pesantren KH Zarkasyi Hasbi Lc.

KH Zarkasyi menambahkan Pesantren yang berdiri sejak 34 tahun silam ini sudah mengelola perikanan sejak beberapa tahun terakhir. Dan yang mengelola adalah para santri.

Tak hanya perikanan, pertanian, pihak pasantren juga memiliki Produksi air mineral kemasan, yang dikelola secara mandiri.

“Jadi segala kebutuhan, baik itu konsumsi para santri sehari, sudah sudah tersedia. Kami tidak perlu lagi membeli keperluan pokok seperti beras ikan dan sayuran ke pasar. Soalnya disekitar pondok sudah tersedia semua,” terang KH Zarkasyi.

Sementara itu, pihak BPPT yang di wakili Anggota Komisi VII DPR RI, Dardiansyah mengungkapkan, dengan bantuan yang diberikan dapat mendorong ekonomi yang mandiri dan terus dikembangkan.

“Kami hari ini memberi bantuan bibit ikan patin supaya bisa dibudidayakan dan dikembangkan. Dengan bantuan ini kami harapkan bisa mendorong ekonomi yang dikembangkan secara mandiri,” kata Dardiansyah.

Melihat dukungan dari BPPT, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalsel Herawanto menyebutkan kegiatan ini bisa dicontoh instansi-instansi lain guna mengembangkan ekonomi yang mandiri di Pondok Pesantren.

“Tujuan pengembangan ekonomi yang mandiri di pondok pesantren adalah capacity building. Yakni dengan pendekatan keumatan yang targetnya adalah para santri,” ujar Herawanto.

Sebelumnya, BI Kalsel telah bekerja sama dengan pesantren ini dalam pengelolaan air minum kemasan. BI juga telah memberikan bantuan berupa laboratorium air bersih.

Reporter : Bahaudin Qusairi

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

ilustrasi vaksinasi covid-19jemaah haji 2021

Tak Berkategori

Jelang Pelaksanaan Haji 2021, Saudi Minta Jemaah Divaksin Covid-19
Atta Halilintar

Tak Berkategori

Bersua Yuni Shara, Atta Halilintar Kulik soal Krisdayanti
Banjarmasin

Tak Berkategori

Dad-Dig-Dug Penentuan PPKM Level IV Banjarmasin, Pemkot Pesimis
Atlet HSU

Tak Berkategori

Tiga Atlet HSU Raih Medali di PON XX Papua, Bupati Ucapkan Selamat
apahabar.com

Tak Berkategori

Siap Kucurkan DAU Tambahan Buat 4 Kelurahan

Tak Berkategori

Dua tersangka Penyalahgunaan Narkotika Dibekuk Satresnarkoba Polres Balangan
apahabar.com

Tak Berkategori

Santunan Petugas KPPS yang Meninggal dan Sakit Tunggu KPU RI

Tak Berkategori

AS Disebut Akan Donasi 500 Juta Vaksin Pfizer untuk Dunia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com