BREAKING! Hari Pertama Lebaran, Sejumlah Desa di Haruyan HST Terendam Banjir Lebaran, Si Jago Merah Hanguskan Sejumlah Rumah di Lambung Mangkurat Samarinda Lebaran Pertama, Rumah hingga Jalan Provinsi di Satui Tanah Bumbu Terendam Idulfitri 1442 Hijriah, Ratusan Napi di Barabai Diganjar Remisi Salat Id, Jemaah Masjid Agung Al-Falah Tanbu Doakan Covid-19 Cepat Lenyap

Tiga nama kuat Kandidat Calon Wabup HST

- Apahabar.com Jumat, 16 November 2018 - 18:31 WIB

Tiga nama kuat Kandidat Calon Wabup HST

KANDIDAT: Tiga nama calon Wakil Bupati HST sudah beredar di publik. foto: Net

apahabar.com, BANJARMASIN- Nama-nama kuat menghiasi bursa calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) pasca pelantikan Chairansyah diparipurnakan oleh legislatif , Jum’at (16/11) siang. Chairansyah, mengganti Bupati HST nonaktif Abdul Latif yang mengundurkan diri karena tersandung kasus hukum.

Nama yang pertama kali muncul dan menguat beberapa bulan yang lalu adalah politisi dari Partai Bulan Bintang (PBB) yaitu Muhammad Sampurna, demikian dilansir oleh Antara.  Dia merupakan anggota DPRD Kabupaten HST yang sudah dua periode menjabat.

Hal itu juga dipertegas oleh pimpinan partai pengusung yaitu PKS H Faqih Jarjani yang menyatakan dukungan kepada Muhammad Sampurna sesuai dengan amanah H Abdul Latif yang ditemuinya ketika persidangan di Jakarta.

“Kita tidak mempermasalahkan Sampurna bukan dari kader PKS, yang terpenting mempunyai visi-misi yang sama dalam memajukan HST,” kata mantan Ketua DPRD HST tersebut usai mengikuti rapat paripurna pengunduran diri H Abdul Latif di gedung DPRD HST.

Namun sayangnya, sampai saat ini PBB sendiri belum menyatakan dukungannya kepada sekretaris DPC PBB HST itu.

“Secara kepartaian, memang kami belum menentukan sikap dan kita masih perlu berkoordinasi dengan para pimpinan partai pengusung lainnya,” kata ketua DPC PBB HST Abu Permadi.

Beredar isu, PBB justru mengajukan nama Politisi dari PDI Perjuangan dan mantan Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Berry Nahdian Forqan.

“Memang kita dengar ada beberapa nama yang diajukan oleh DPP untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan, namun hasilnya secara resmi belum disampaikan,” kata Abu.

Di lain pihak, juga ada nama anak mantan Sekda HST Noor Fauzie Iberahim yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Banjar dan Sekjend Partai Nasdem Kalsel yaitu H Akhmad Rozani Himawan atau H Jani.

Ia menyatakan telah dipanggil oleh pengurus DPP PBB untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Namun belakangan beredar isu H Jani justru didukung oleh partai Gerindra.

“Saat ini secara partai memang Gerindra belum menentukan sikap siapa calon yang diusulkan, namun yang pasti ketua DPC Gerindra HST H Rahmadi Jingga saat ini fokus pada dirinya sebagai Caleg,” kata anggota DPRD HST dari Fraksi Partai Gerindra Salpia Riduan.

Menurutnya, untuk proses rekomendasi nama calon Wakil Bupati HST yang diusulkan dari Gerindra menunggu keputusan dari DPD Provinsi.

Saat pecalonan kepala daerah dulu, pasangan Absyah (Abdul Latif-Chairansyah) secara resmi diusung oleh 3 partai yaitu Gerindra, PBB dan PKS. Jadi, yang berhak mengajukan calon Wakil Bupati menggantikan H A Chairansyah yang naik jabatan menjadi Bupati tersebut adalah harus mendapatkan rekomendasi partai pengusung.

Sumber: Antara

Editor: Fariz 

 

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Akses Jalan Warga Terhalang Pohon Tumbang, Anggota Polsek Bintang Ara Turun: Beres!
apahabar.com

Kalsel

Tutup Lagi, Duta Mall Akui Belum Kantongi Izin Resmi Operasional Bioskop XXI
apahabar.com

Kalsel

Era Industrialis dan Deformasi Pabrik Kayu dalam Konteks Masyarakat Banjar
Demokrat

Kalsel

Cerita Ketua Demokrat Banjarmasin: Bantuan Berujung Hasutan Kudeta AHY
apahabar.com

Kalsel

5 Hektare Lahan Gambut di Tala Terbakar, Kalsel Siaga Karhutla
Banjarmasin

Kalsel

Duh, Jembatan Perhotelan Sepanjang Ahmad Yani Banjarmasin Dituding Langgar IMB
TNI

Kalsel

Tak Terima Ditegur, Usman Tusuk Anggota TNI di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Dari Target 7.500, BPN Tabalong Sudah Kumpulkan Data Yuridis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com