Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru

Awal Desember, Banjarmasin Peringati Hari Disabilitas Internasional

- Apahabar.com Rabu, 28 November 2018 - 20:41 WIB

Awal Desember, Banjarmasin Peringati Hari Disabilitas Internasional

Foto - Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagai langkah kecil mewujudkan Banjarmasin sebagai kota inklusi, pemerintah kota dan komunitas penyandang disabilitas merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Banjarmasin Tahun 2018. Peringatan ini akan dilaksanakan pada 1-2 Desember 2018 mendatang.

Ajang kerja sama antara pemkot dan Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (Sapda) Jojga ini diyakini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Peringatan kali ini sangat berbeda. Pemkot mendorong komunitas penyandang disabilitas untuk terlibat aktif sebagai penyelenggara,” ujar Ketua Pelaksana HDI, Slamet Triadi dalam rilis yang masuk ke redaksi apahabar.com, Rabu (28/11/2018) malam Wita.

Selain dihadiri penyandang disabilitas, acara ini juga dihadiri para murid sekolah inklusi, perusahaan-perusahaan, perwakilan pemerintah pusat, serta para duta besar yang mendukung gerakan kota inklusi. Tak tanggung-tanggung, peserta ditarget 1000 orang lebih.

Kegiatan ini diisi lomba menggambar dan mewarnai, melukis di atas tanggui, pembacaan puisi, fotografi dan tari.

Selain itu, juga bakal diramaikan dengan digelarnya deklarasi duta anak inklusi, seminar dan lokakarya, serta talkshow. Seluruh rentetan kegiatan ini mengambil tajuk “Kayuh Baimbai: Kami Bisa, Kita Sama.”

Slamet menuturkan, sudah seharusnya, peringatan ini diadakan oleh penyandang disabilitas secara mandiri. “Ini adalah momen untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kami ada,” ujar pria yang aktif menjabat sebagai Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Banjarmasin ini di Balai Kota, Selasa (20/11/2018).

Ia menegaskan ada tiga hal utama yang hendak disampaikan kepada publik. Pertama, pengarusutamaan disabilitas. Kedua, mempromosikan inklusifitas bahwa setiap orang berhak untuk tidak didiskriminasi sebagai warga negara. Terakhir, mendorong keterlibatan penyandang disabilitas dalam berkarya dan berkreasi.

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bisakah RSUD Ulin Meniru RSUD Bali Mandara?
apahabar.com

Kalsel

6 Daerah di Banjarmasin Berubah Hijau, Sekolah Boleh Buka?
apahabar.com

Kalsel

Ritel Modern ‘Gusur’ Pedagang Kecil
Selama Tiga Hari, Rest Area di Batola Buang 4 Ton Sampah

Kalsel

Selama Tiga Hari, Rest Area di Batola Buang 4 Ton Sampah
apahabar.com

Kalsel

Pansus DPRD Tapin Nilai Upaya Pencegahan Covid-19 Masih Kurang
apahabar.com

Kalsel

Mapaba Akbar di Kampus IAID Martapura Tanpa Izin GTPP Banjar, Simak Kata Dandim
apahabar.com

Kalsel

Si Jago Merah Ngamuk, Puluhan Warga di Balangan Mengungsi
apahabar.com

Kalsel

Batola dan Lima Wilayah Kalsel Lainnya Diprakirakan Hujan Berpetir dan Angin Kencang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com