Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap

Awal Desember, Banjarmasin Peringati Hari Disabilitas Internasional

- Apahabar.com     Rabu, 28 November 2018 - 20:41 WITA

Awal Desember, Banjarmasin Peringati Hari Disabilitas Internasional

Foto - Net

apahabar.com, BANJARMASIN – Sebagai langkah kecil mewujudkan Banjarmasin sebagai kota inklusi, pemerintah kota dan komunitas penyandang disabilitas merayakan Hari Disabilitas Internasional (HDI) Banjarmasin Tahun 2018. Peringatan ini akan dilaksanakan pada 1-2 Desember 2018 mendatang.

Ajang kerja sama antara pemkot dan Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (Sapda) Jojga ini diyakini lebih meriah dari tahun sebelumnya.

“Peringatan kali ini sangat berbeda. Pemkot mendorong komunitas penyandang disabilitas untuk terlibat aktif sebagai penyelenggara,” ujar Ketua Pelaksana HDI, Slamet Triadi dalam rilis yang masuk ke redaksi apahabar.com, Rabu (28/11/2018) malam Wita.

Selain dihadiri penyandang disabilitas, acara ini juga dihadiri para murid sekolah inklusi, perusahaan-perusahaan, perwakilan pemerintah pusat, serta para duta besar yang mendukung gerakan kota inklusi. Tak tanggung-tanggung, peserta ditarget 1000 orang lebih.

Kegiatan ini diisi lomba menggambar dan mewarnai, melukis di atas tanggui, pembacaan puisi, fotografi dan tari.

Selain itu, juga bakal diramaikan dengan digelarnya deklarasi duta anak inklusi, seminar dan lokakarya, serta talkshow. Seluruh rentetan kegiatan ini mengambil tajuk “Kayuh Baimbai: Kami Bisa, Kita Sama.”

Slamet menuturkan, sudah seharusnya, peringatan ini diadakan oleh penyandang disabilitas secara mandiri. “Ini adalah momen untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kami ada,” ujar pria yang aktif menjabat sebagai Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Banjarmasin ini di Balai Kota, Selasa (20/11/2018).

Ia menegaskan ada tiga hal utama yang hendak disampaikan kepada publik. Pertama, pengarusutamaan disabilitas. Kedua, mempromosikan inklusifitas bahwa setiap orang berhak untuk tidak didiskriminasi sebagai warga negara. Terakhir, mendorong keterlibatan penyandang disabilitas dalam berkarya dan berkreasi.

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

5G Menunggu Waktu Tepat, Pemerataan Internet Diutamakan
apahabar.com

Tak Berkategori

Malam Ini, Pecinta Abah Guru Sekumpul Gelar Haulan di Wisata Goa Lowo Kotabaru
apahabar.com

Tak Berkategori

Posko Terpadu Angkutan Lebaran Bandara Syamsudin Noor Dibuka, Ratusan Personel Disiagakan

Tak Berkategori

Belum Lamaran, Egy Maulana Vikri Sudah Dipuji Calon Mertua
apahabar.com

Tak Berkategori

20 Orang di HSS Dilatih Teknik Otomotif, Syamsuri Arsyad: Pelatihan Ini Bagian Realisasikan Janji Politik

Tak Berkategori

Cerita Mistis di Balik Penemuan Jasad Pelajar SMK Balikpapan

Tak Berkategori

Biaya Transfer Antar Bank Akan Turun, Hanya Rp2.500

Tak Berkategori

Pandemi Belum Usai, Guns N’ Roses Undur Jadwal Tur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com