ga('send', 'pageview');
Sekelumit Peran BRG di Kalsel, Lembaga yang Bakal Dibubarkan Jokowi Jadi Gubernur Butuh Rp100 Miliar, Rosehan: Saya Tak Punya Uang Horeee, Temuan Vaksin Bikin Rupiah Berpeluang Menguat Sidak ke HBI, Petugas Sindir Pengelola Nashville Pub Salip Pekapuran, Teluk Dalam Tertinggi Kasus Covid-19 di Banjarmasin




Home Hikmah

Jumat, 23 November 2018 - 08:14 WIB

Belajar Ketelitian pada Secangkir Kopi Guru Seman Mulya

Redaksi - Apahabar.com

Ilustrasi secangkir kopi. Foto : lobimesen

Ilustrasi secangkir kopi. Foto : lobimesen

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagi sebagian orang kopi bisa membuat orang melek berpanjang malam. Itulah sebabnya, kopi menjadi teman akrab para santri yang mutholaah malam atau memang majelis yang dihadiri memang kelasnya tengah malam. Mungkin maksudnya, agar lebih teliti.

Di antara yang menggelar majelis tengah malam adalah Tuan Guru Seman Mulya, paman sekaligus guru dari Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Sekumpul, Kalimantan Selatan. Tentu saja untuk majelis yang satu ini memang terkhusus bagi santri-santri yang sudah dites dan ketelitian terlebih dahulu.

Satu ketika ada yang datang ke tempat beliau dan mengutarakan diri untuk belajar. Namun oleh Guru Seman, orang tersebut diminta mengamalkan wiridan, hingga bermimpi dengan Rasulullah SAW. Setelah bermimpi, mimpinya itu kembali dicek oleh Guru Seman. Mana mimpi yang betulan dan mimpi yang hanya khayalan. Beliau punya kriteria tersendiri.

Jika si calon santri sudah dapat mimpi bertemu Rasulullah SAW yang betulan, maka orang itu pun dipersilakan mengikuti majelisnya. Namun, rintangan tidak hanya sampai di situ. Sebab, majelis Guru Seman yang digelar tengah malam menuntut hadir tepat waktu. Lebih dulu datang akan disuruh pulang.

“Kasungsungan, unda handak guring (Terlalu cepat, aku mau tidur),” ucap Guru Seman pada santrinya yang “kepagian” datang.

Jika terlambat sedikit saja, pintu akan ditutup seketika.

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Cerita Tambuang, Menjadi Muslim di Tengah Keluarga China
Masa Iddah Perempuan dalam Islam, Berikut Perhitungannya

Hikmah

Masa Iddah Perempuan dalam Islam, Berikut Perhitungannya
apahabar.com

Hikmah

Senyum Meningkatkan Kebahagiaan
apahabar.com

Hikmah

Menguji Anak Gembala, Sayidina Umar Dibuat Meneteskan Air mata
apahabar.com

Hikmah

Keutamaan Lailatul Qadar
apahabar.com

Hikmah

Catat, Ini 7 Larangan ketika Muslimah Sedang Haid atau Nifas
apahabar.com

Hikmah

Menjadi Pemuda yang Dirindukan Rasulullah, Sulitkah?
apahabar.com

Hikmah

Sebab Ini Turunnya Ayat Tentang Kewajiban Hijab Istri Nabi SAW
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com