Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Belajar Ketelitian pada Secangkir Kopi Guru Seman Mulya

and - Apahabar.com Jumat, 23 November 2018 - 08:14 WIB
and - Apahabar.com Jumat, 23 November 2018 - 08:14 WIB

Belajar Ketelitian pada Secangkir Kopi Guru Seman Mulya

Ilustrasi secangkir kopi. Foto : lobimesen

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagi sebagian orang kopi bisa membuat orang melek berpanjang malam. Itulah sebabnya, kopi menjadi teman akrab para santri yang mutholaah malam atau memang majelis yang dihadiri memang kelasnya tengah malam. Mungkin maksudnya, agar lebih teliti.

Di antara yang menggelar majelis tengah malam adalah Tuan Guru Seman Mulya, paman sekaligus guru dari Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani Sekumpul, Kalimantan Selatan. Tentu saja untuk majelis yang satu ini memang terkhusus bagi santri-santri yang sudah dites dan ketelitian terlebih dahulu.

Satu ketika ada yang datang ke tempat beliau dan mengutarakan diri untuk belajar. Namun oleh Guru Seman, orang tersebut diminta mengamalkan wiridan, hingga bermimpi dengan Rasulullah SAW. Setelah bermimpi, mimpinya itu kembali dicek oleh Guru Seman. Mana mimpi yang betulan dan mimpi yang hanya khayalan. Beliau punya kriteria tersendiri.

Jika si calon santri sudah dapat mimpi bertemu Rasulullah SAW yang betulan, maka orang itu pun dipersilakan mengikuti majelisnya. Namun, rintangan tidak hanya sampai di situ. Sebab, majelis Guru Seman yang digelar tengah malam menuntut hadir tepat waktu. Lebih dulu datang akan disuruh pulang.

“Kasungsungan, unda handak guring (Terlalu cepat, aku mau tidur),” ucap Guru Seman pada santrinya yang “kepagian” datang.

Jika terlambat sedikit saja, pintu akan ditutup seketika.

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Rasululullah SAW Khawatir Umat Islam Memiliki 4 Penyakit Ini
apahabar.com

Hikmah

Dua Kalimat Zikir yang Berat Timbangan Amalnya
apahabar.com

Hikmah

Jintan Hitam dan Pembuktian Medis Sabda Nabi Muhammad SAW
apahabar.com

Hikmah

Tak Hanya Peduli, Umar bin Abdul Aziz Juga Sosok Tegas
apahabar.com

Hikmah

Sejarah Bertaburan Muslimah Cerdik Pandai, Fatimah Contohnya
apahabar.com

Hikmah

10 Hal Ini yang Membuat Doa Tidak Terkabul
apahabar.com

Hikmah

Selalu Jaga Wudhu, Insya Allah Terhindar dari Covid-19
apahabar.com

Hikmah

Dosa-Dosa Diakibatkan Lidah yang Tak Bertulang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com