Pernah Cekcok, Warga LAS HST Nekat Bacok Rekan Sekampungnya Kakek di Banjarmasin Meninggal Misterius di Hotel, Polisi Lakukan Pemeriksaan Polisi Tewas di Sungai Martapura, Sudah 2×24 Jam Faisal Diperiksa Intens Akhirnya, Tunggakan Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Dibayar! Duh, Honor Relawan Covid-19 di Banjarmasin Belum Dibayar

BPBD Siap Antisipasi Bencana

and - Apahabar.com Kamis, 29 November 2018 - 20:45 WIB
and - Apahabar.com Kamis, 29 November 2018 - 20:45 WIB

BPBD Siap Antisipasi Bencana

KEPALA BPBD - Wahyudin . Foto-apahabar.com/Zepi

apahabar.com, BANJARBARU – November ini sudah memasuki musim penghujan. Setiap tahun di beberapa Kabupaten di Kalimantan Selatan, menjadi daerah yang langganan bencana. Mulai dari bencana Banjir, puting beliung dan tanah longsor.

Guna mengantisipasi dan menaggulangi dampak bencana di 13 Kabupaten Kota di Kalsel. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder holder.

“Dalam menghadapi peralihan musim ini, kami telah mengirimkan surat edaran Gubernur ke 13 Kabupaten Kota. Untuk mengantisipasi bencana musim ini, serta untuk melakukan kesiapsiagaan di daerah,” ungkap Kepala BPBD Kalsel Wahyudin kepada apahabar.com, kamis (29/11) siang.

Dalam surat edaran tersebut, pihaknya meminta agar Kabupaten Kota menggelar rapat koordinasi. Baik dengan TNI, Polri, PMI dan SKPD terkait. Guna menyamakan langkah dan program penanggulangan bencana di daerah.

“Dalam kesiapsiagaan ini, kami juga telah menyiapkan peralatan yang berhubungan dengan evakuasi. Mulai dari perahu karet, tenda sampai logistik,” papar pria yang akrab disapa Ujud ini.

Baca Juga : Meraup Untung di Musim Hujan

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan personil di lapangan. Merangkul para Kepala Desa, Bhabinsa, dan relawan di daerah dalam kesiapsiagaan mengatasi bencana di musim penghujan ini.

“Sejak tahun lalu kami juga telah merekrut 50 tenaga relawan terlatih. Di mana mereka ditugaskan di kecamatan rawan bencana 13 kabupaten/Kota. Mereka inilah yang bekerjasama dengan relawan daerah dan nantinya memberikan informasi bencana secara cepat kepada BPBD Provinsi Kalsel.”

Diakui Wahyudin, BPBD Kalsel juga telah membuka beberapa posko di Kabupaten yang rawan bencana. Termasuk di Kabupaten HSU dan Tabalong yang belum lama ini terkena bencana banjir dan puting beliung.

“Terakhir kami mendapat laporan pada Sabtu (24/11) lalu, ada puting beliung di Babirik Kabupaten HSU. Selain itu banjir di Desa Sulam Kecamatan Jaro Kabupaten Tabalong.”

Saat ini pihaknya belum menetapkan siaga bencana banjir di Kalsel. Pasalnya, banjir belum menimpa dua kabupaten secara bersamaan. Menurutnya, siaga darurat banjir biasanya dikeluarkan, minimal dua kabupaten mendapat bencana banjir dalam waktu bersamaan.

“Sebagaimana tahun lalu dari tanggal 1 Januari sampai 30 april menetapkan Kalsel siaga banjir, puting beliung dan longsor. Karena di bulan-bulan ini biasanya menjadi puncak musim penghujan,” pungkasnya.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi, Kalsel Waspada DBD 

Reporter : Zepi Al Ayubi

Editor: Muhammad Bulkini

 

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Warna Peta Kewaspadaan Covid-19 Banjarbaru Berubah-ubah
apahabar.com

Kalsel

Zulfa Asma Vikra Institut Sebut Banjir HSU Buntut Tambang Ilegal
apahabar.com

Kalsel

Angin Kencang Hantam Rumah Warga di 6 Desa Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Garuda Tergelencir di Syamsudin Noor, Humas: Dalam Penanganan
apahabar.com

Kalsel

Debat Publik Cagub-Cawagub Kalsel, KPU Siapkan 7 Materi
apahabar.com

Kalsel

BPJS dan Pemkab HST Tekan Kerjasama UHC
apahabar.com

Kalsel

Laporan Bakul di Bawaslu Banjar Gagal Berlanjut
apahabar.com

Kalsel

Heboh, Warga Kapar HST Temukan Sesosok Mayat di Semak-semak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com