Perbaikan Pipa Bocor di Jalan Ahmad Yani Banjarmasin Rampung, Lapor Jika Air Keruh Lagi! Rumah Ambruk di Banjarmasin, Simak Pengakuan Pemilik Catat, Jadwal Pelantikan ASN Asal Tanbu Jadi Sekdakot Banjarmasin Menakar Langkah Pertamina-Pemprov Basmi Pelangsir BBM Kalsel Tertangkap! Pelaku Penggelapan Minyak Sawit di Banjarbaru, CPO Diganti Air Sungai

Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Sentinel

- Apahabar.com     Sabtu, 24 November 2018 - 08:03 WITA

Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Sentinel

framework.latimes.com Foto: Pulau Sentinel.

apahabar.com, BANJARMASIN – Terbunuhnya warga AS di kepulauan terpencil yang dihuni suku sentinel di India, membuat Pulau Sentinel dan suku yang menghuninya, ramai dicari para netizen di dunia maya, Sabtu (24/11). Berikut fakta yang cukup mengejutkan dari pulau itu.

  1. Pulau eksotis

Dilihat dari Google Map, Pulau Sentinel Utara tak ‘seangker’ prilaku suku yang menghuninya. Pulau yang berada di sebelah tenggara pulau Andaman dan Nicobar India itu nampak eksotis dengan hutan-hutannya yang lebat, pasir putihnya menawan serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

  1. Suku sentinel menolak keras orang asing

Sebelumnya tak pernah diketahui kalau di Pulau Sentinel Utara ini ada penghuninya. Hingga akhirnya berangkatlah sebuah tim ekpedisi untuk mengenal lebih dekat orang-orang Sentinel. Tapi, alih-alih diterima dengan baik, tim justru mendapatkan sambutan yang sangat buruk.

Dari bibir pantai, orang-orang Sentinel memanahi mereka yang mencoba mendekat ke Pulau. Sambutan yang kurang menyenangkan ini terjadi setiap kali ada orang-orang yang mendekat. Bahkan, pernah ada cerita tentang dua orang nelayan dihabisi dengan sangat kejam, hanya karena tak sengaja kapal mereka bersandar di pulau itu.

  1. Sentinel sangat menolak peradaban

Pulau ini terisolasi dari pulau-pulau tetangganya selama ratusan tahun, sehingga hampir beberapa dekade orang-orang Sentinel tak tersentuh peradaban.

  1. Suku yang masih misterius

Suku Sentinel baru diketahui beberapa tahun belakangan. Peneliti dan ilmuwan hingga saat ini masih buta untuk segala hal tentang Sentinel. Apa bahasa yang mereka gunakan, ritual apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka hidup, itu semua masih jadi misteri. Dan itu akan tetap misteri sampai orang-orang Sentinel membuka diri untuk menerima apa pun dari luar.

  1. Sentinel rentan terkena penyakit

Suku Sentinel rentan terhadap banyak jenis penyakit. Mulai dari campak sampai yang lainnya. Ketika mereka tak mau membuka diri, maka para peneliti pun tak bisa memberikan penanganan terhadap penyakit yang mereka derita. Jika hal itu terus dibiarkan Suku Sentinel terancam punah.

Pemerintah India sebagai pemilik Pulau Sentinel Utara sebenarnya sudah berusaha untuk membuat suku ini lebih terbuka. Tapi, dari Suku Sentinel sendiri tak ada respon yang positif. Hingga suku ini dibiarkan dengan keinginan mereka. Bahkan pemerintah India menjaga membuat perbatasan pulau tersebut agar Sentinel tak pernah diganggu.

 

Sumber: Bombastis.com

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Global

Arkeolog Yerusalem Temukan Dua Bangunan yang Diduga Reruntuhan Istana Nabi Daud
apahabar.com

Global

Indonesia-Arab Saudi Perkuat Hubungan Kebudayaan

Global

14 Orang Tewas dalam Serangan Bom Langka di Suriah
apahabar.com

Global

Jepang-Malaysia Sampaikan Duka Cita Tsunami Selat Sunda

Global

Kasus Covid-19 di Malaysia Sentuh Angka 1.013.438
apahabar.com

Global

Dorong Warga Desa Bentuk Forum Peduli HIV/AIDS
apahabar.com

Global

2 Orang ‘Pembantu’ Video Bugil di Puncak Piramida Tertangkap
apahabar.com

Global

Trump Tinjau Kebakaran California: Manajemen Hutan yang Buruk
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com