Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Sentinel

- Apahabar.com Sabtu, 24 November 2018 - 08:03 WIB

Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Sentinel

framework.latimes.com Foto: Pulau Sentinel.

apahabar.com, BANJARMASIN – Terbunuhnya warga AS di kepulauan terpencil yang dihuni suku sentinel di India, membuat Pulau Sentinel dan suku yang menghuninya, ramai dicari para netizen di dunia maya, Sabtu (24/11). Berikut fakta yang cukup mengejutkan dari pulau itu.

  1. Pulau eksotis

Dilihat dari Google Map, Pulau Sentinel Utara tak ‘seangker’ prilaku suku yang menghuninya. Pulau yang berada di sebelah tenggara pulau Andaman dan Nicobar India itu nampak eksotis dengan hutan-hutannya yang lebat, pasir putihnya menawan serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

  1. Suku sentinel menolak keras orang asing

Sebelumnya tak pernah diketahui kalau di Pulau Sentinel Utara ini ada penghuninya. Hingga akhirnya berangkatlah sebuah tim ekpedisi untuk mengenal lebih dekat orang-orang Sentinel. Tapi, alih-alih diterima dengan baik, tim justru mendapatkan sambutan yang sangat buruk.

Dari bibir pantai, orang-orang Sentinel memanahi mereka yang mencoba mendekat ke Pulau. Sambutan yang kurang menyenangkan ini terjadi setiap kali ada orang-orang yang mendekat. Bahkan, pernah ada cerita tentang dua orang nelayan dihabisi dengan sangat kejam, hanya karena tak sengaja kapal mereka bersandar di pulau itu.

  1. Sentinel sangat menolak peradaban

Pulau ini terisolasi dari pulau-pulau tetangganya selama ratusan tahun, sehingga hampir beberapa dekade orang-orang Sentinel tak tersentuh peradaban.

  1. Suku yang masih misterius

Suku Sentinel baru diketahui beberapa tahun belakangan. Peneliti dan ilmuwan hingga saat ini masih buta untuk segala hal tentang Sentinel. Apa bahasa yang mereka gunakan, ritual apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka hidup, itu semua masih jadi misteri. Dan itu akan tetap misteri sampai orang-orang Sentinel membuka diri untuk menerima apa pun dari luar.

  1. Sentinel rentan terkena penyakit

Suku Sentinel rentan terhadap banyak jenis penyakit. Mulai dari campak sampai yang lainnya. Ketika mereka tak mau membuka diri, maka para peneliti pun tak bisa memberikan penanganan terhadap penyakit yang mereka derita. Jika hal itu terus dibiarkan Suku Sentinel terancam punah.

Pemerintah India sebagai pemilik Pulau Sentinel Utara sebenarnya sudah berusaha untuk membuat suku ini lebih terbuka. Tapi, dari Suku Sentinel sendiri tak ada respon yang positif. Hingga suku ini dibiarkan dengan keinginan mereka. Bahkan pemerintah India menjaga membuat perbatasan pulau tersebut agar Sentinel tak pernah diganggu.

 

Sumber: Bombastis.com

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Politisi Australia Minta Maaf Pernah Ancam Umat Islam di FB
apahabar.com

Global

Power Bank Meledak di Penerbangan Royal Brunei
apahabar.com

Global

Robot Penjelajah China Bersiap Mendarat di Titik Terjauh Bulan
apahabar.com

Global

LGBT Kalah Referendum, Taiwan Tolak Pernikahan Sesama Jenis
apahabar.com

Global

Ribuan Warga Unjuk Rasa Menentang Icerd di Malaysia
apahabar.com

Global

Indonesia dan Australia Perpanjang Kerjasama Penanggulangan Terorisme
apahabar.com

Global

Populasi Lumba-lumba di Australia Turun, Perubahan Iklim Pemicunya

Ekbis

Harga Batu Bara Turun Tiga Hari Beruntun
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com