Titah Jokowi di Mataraman Kalsel: Segera Perbaiki Jembatan BREAKING! Jokowi Tiba di Kalsel, Langsung Blusukan Bagi Sembako Hujan Deras, Ribuan Korban Banjir Nantikan Kedatangan Jokowi di SDL Geger! Kakek Tak Bernyawa di Bak Truk Trisaksti Banjarmasin Yuk Nyumbang, Razi Sudah Relakan Pakaiannya untuk Korban Banjir Kalsel

Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Sentinel

- Apahabar.com Sabtu, 24 November 2018 - 08:03 WIB

Fakta Mengejutkan Tentang Pulau Sentinel

framework.latimes.com Foto: Pulau Sentinel.

apahabar.com, BANJARMASIN – Terbunuhnya warga AS di kepulauan terpencil yang dihuni suku sentinel di India, membuat Pulau Sentinel dan suku yang menghuninya, ramai dicari para netizen di dunia maya, Sabtu (24/11). Berikut fakta yang cukup mengejutkan dari pulau itu.

  1. Pulau eksotis

Dilihat dari Google Map, Pulau Sentinel Utara tak ‘seangker’ prilaku suku yang menghuninya. Pulau yang berada di sebelah tenggara pulau Andaman dan Nicobar India itu nampak eksotis dengan hutan-hutannya yang lebat, pasir putihnya menawan serta berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

  1. Suku sentinel menolak keras orang asing

Sebelumnya tak pernah diketahui kalau di Pulau Sentinel Utara ini ada penghuninya. Hingga akhirnya berangkatlah sebuah tim ekpedisi untuk mengenal lebih dekat orang-orang Sentinel. Tapi, alih-alih diterima dengan baik, tim justru mendapatkan sambutan yang sangat buruk.

Dari bibir pantai, orang-orang Sentinel memanahi mereka yang mencoba mendekat ke Pulau. Sambutan yang kurang menyenangkan ini terjadi setiap kali ada orang-orang yang mendekat. Bahkan, pernah ada cerita tentang dua orang nelayan dihabisi dengan sangat kejam, hanya karena tak sengaja kapal mereka bersandar di pulau itu.

  1. Sentinel sangat menolak peradaban

Pulau ini terisolasi dari pulau-pulau tetangganya selama ratusan tahun, sehingga hampir beberapa dekade orang-orang Sentinel tak tersentuh peradaban.

  1. Suku yang masih misterius

Suku Sentinel baru diketahui beberapa tahun belakangan. Peneliti dan ilmuwan hingga saat ini masih buta untuk segala hal tentang Sentinel. Apa bahasa yang mereka gunakan, ritual apa yang mereka lakukan, bagaimana mereka hidup, itu semua masih jadi misteri. Dan itu akan tetap misteri sampai orang-orang Sentinel membuka diri untuk menerima apa pun dari luar.

  1. Sentinel rentan terkena penyakit

Suku Sentinel rentan terhadap banyak jenis penyakit. Mulai dari campak sampai yang lainnya. Ketika mereka tak mau membuka diri, maka para peneliti pun tak bisa memberikan penanganan terhadap penyakit yang mereka derita. Jika hal itu terus dibiarkan Suku Sentinel terancam punah.

Pemerintah India sebagai pemilik Pulau Sentinel Utara sebenarnya sudah berusaha untuk membuat suku ini lebih terbuka. Tapi, dari Suku Sentinel sendiri tak ada respon yang positif. Hingga suku ini dibiarkan dengan keinginan mereka. Bahkan pemerintah India menjaga membuat perbatasan pulau tersebut agar Sentinel tak pernah diganggu.

 

Sumber: Bombastis.com

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Sang Anjing Setia Berjaga Dekat Peti Mati Bush Senior
apahabar.com

Global

Tsunami Selat Sunda, Australia: Pukulan Berat Indonesia
apahabar.com

Global

Lagi-lagi! India Deportasi Pengungsi Rohingya ke Myanmar
apahabar.com

Borneo

Stan Lee Wafat, Duka Juga Dirasakan Pelukis Banjarbaru
China

Global

China Lockdown, Harga Minyak Dunia Terdampak
apahabar.com

Global

Siwon Choi Super Junior  Doakan Korban Tsunami Selat Sunda
apahabar.com

Global

Penuh Batu Permata, Bumi Super Baru Ditemukan Ilmuwan Eropa
apahabar.com

Global

Abbas Dan Paus Bahas Masalah Timur Tengah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com