Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Hari Terakhir Uji Emisi, Pemkot Target 1.500 Kendaraan R4

and - Apahabar.com Rabu, 14 November 2018 - 16:46 WIB
and - Apahabar.com Rabu, 14 November 2018 - 16:46 WIB

Hari Terakhir Uji Emisi, Pemkot Target 1.500 Kendaraan R4

Pengecekan uji emisi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin terhadap kendaraan R4. Apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin menarget 1.500 kendaraan roda empat (R4) mengikuti uji emisi, sampai sehari ke depan. Adapun uji tersebut dilakukan sejak 13-15 November 2018.

“Ini bagian dari upaya pemerintah kota mengetahui tingkat pencemaraan udara perkotaan,” jelas Kabid Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono, pagi tadi di kawasan RTH Kamboja.

Di Banua, terdapat 3 titik yang disasar, meliputi seputaran Jalan Hasan Basri, Anang Adenansi RTH Kamboja, dan Jalan Ahmad Yani Km 6.

Penyebab utama pencemaraan udara, kata dia, berasal dari sumber yang bergerak, seperti kendaraan bermotor, dan sumber yang tidak bergerak, cerobong asap pabrik.

Dalam uji emisi kendaraan di Jalan Hasan Basry, pihaknya menemukan 10 unit angkutan barang berbahan bakar solar yang tidak lolos uji emisi, serta 2 unit angkutan barang berbahan bakar premium.

Sementara itu, untuk hasil uji emisi hari ini, ada 16 unit R4 berbahan bakar premium yang dinyatakan tidak lolos uji emisi, dan 35 unit lainnya yang berbahan bakar solar.

Dalam uji emisi, disebutkan ambang batas hidrokarbon (HC) jenis kendaraan keluaran 2007 ke bawah tak boleh lebih dari 1200 PPM, dan 4.5 % untuk karbon monoksida (CO).

Uji emisi akan kembali dilakukan besok hari di Jalan Ahmad Yani Km 6 merupakan agenda  terakhir yang akan dilakukan.

Nantinya, hasil uji tersebut akan diserahkan kepada pemerintah pusat, sebagai salah satu penilaian adipura, khususnya dalam hal kualitas udara perkotaan. Selain itu uji ini diketahui sebagai syarat mengurus perpanjangan STNK.

Reporter: Bahaudin Qusairi

Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jenazah Korban Penembakan Papua Diterbangkan ke Makassar
apahabar.com

Nasional

Gagas Hutan PWI, Menteri LHK Dukung Hari Pers di Kalsel
CVR Sriwijaya

Nasional

Hingga Hari ke-10 Memori CVR Sriwijaya Air Belum Ditemukan
Bupati

Nasional

Bupati Luwu Timur Thoriq Husler Meninggal Dunia, Covid-19?
apahabar.com

Nasional

Tolak Seruan Jihad ke Papua, NU Jayapura: Serahkan Aparat
apahabar.com

Nasional

Helikopter Ditumpangi Caleg DPR dari PPP Jatuh di Desa Jayaratu Tasikmalaya
apahabar.com

Nasional

Resmi, Suharso Monoarfa Dikukuhkan sebagai Plt Ketum PPP
apahabar.com

Nasional

Dian Pramana Putra Meninggal Karena Kanker Darah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com