Brakkk! Detik-Detik Rumah Ambruk di Manarap Banjar Kontroversi Upin Ipin Sudah Meninggal, Les’ Copaque Beri Penjelasan Penggerebekan Maut Kakek Teluk Tiram: Sarijan Rupanya Target Tersohor Kepolisian Maraton, Proses RUU jadi UU IKN Digelar Hari Ini Tok! Pemerintah-Pansus Sepakat RUU IKN Lanjut ke Paripurna DPR

Hari Terakhir Uji Emisi, Pemkot Target 1.500 Kendaraan R4

and - Apahabar.com     Rabu, 14 November 2018 - 16:46 WITA
and - Apahabar.com     Rabu, 14 November 2018 - 16:46 WITA

Hari Terakhir Uji Emisi, Pemkot Target 1.500 Kendaraan R4

Pengecekan uji emisi yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin terhadap kendaraan R4. Apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN– Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin menarget 1.500 kendaraan roda empat (R4) mengikuti uji emisi, sampai sehari ke depan. Adapun uji tersebut dilakukan sejak 13-15 November 2018.

“Ini bagian dari upaya pemerintah kota mengetahui tingkat pencemaraan udara perkotaan,” jelas Kabid Pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Banjarmasin, Wahyu Hardi Cahyono, pagi tadi di kawasan RTH Kamboja.

Di Banua, terdapat 3 titik yang disasar, meliputi seputaran Jalan Hasan Basri, Anang Adenansi RTH Kamboja, dan Jalan Ahmad Yani Km 6.

Penyebab utama pencemaraan udara, kata dia, berasal dari sumber yang bergerak, seperti kendaraan bermotor, dan sumber yang tidak bergerak, cerobong asap pabrik.

Dalam uji emisi kendaraan di Jalan Hasan Basry, pihaknya menemukan 10 unit angkutan barang berbahan bakar solar yang tidak lolos uji emisi, serta 2 unit angkutan barang berbahan bakar premium.

Sementara itu, untuk hasil uji emisi hari ini, ada 16 unit R4 berbahan bakar premium yang dinyatakan tidak lolos uji emisi, dan 35 unit lainnya yang berbahan bakar solar.

Dalam uji emisi, disebutkan ambang batas hidrokarbon (HC) jenis kendaraan keluaran 2007 ke bawah tak boleh lebih dari 1200 PPM, dan 4.5 % untuk karbon monoksida (CO).

Uji emisi akan kembali dilakukan besok hari di Jalan Ahmad Yani Km 6 merupakan agenda  terakhir yang akan dilakukan.

Nantinya, hasil uji tersebut akan diserahkan kepada pemerintah pusat, sebagai salah satu penilaian adipura, khususnya dalam hal kualitas udara perkotaan. Selain itu uji ini diketahui sebagai syarat mengurus perpanjangan STNK.

Reporter: Bahaudin Qusairi

Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Internasional Yogyakarta
Vaksinasi Nasional

Nasional

Percepat Vaksinasi Nasional, Panglima TNI Siapkan 9.176 Vaksinator
apahabar.com

Nasional

Menkominfo: Netflix Tayang di TVRI Tak Salahi Aturan
Ilustrasi, seleksi PPPK guru tahap I. Foto-Antara

Nasional

Hari Ini, Hasil Seleksi PPPK Guru Tahap I Diumumkan
PPKM Mikro

Nasional

Revisi PPKM Mikro: Resto Hanya Take Away, Tutup Pukul 20.00
apahabar.com

Nasional

JMSI Dapat Oleh-Oleh Bakul Purun dari Wali Kota Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Polda Jatim kirim 100 Brimob ke Papua
apahabar.com

Nasional

Menkes Setujui Permohonan PSBB Jabar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com