Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin? Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall

Ingin Berbisnis? Jangan Tunda, Modal Smartphone pun Bisa

- Apahabar.com     Jumat, 16 November 2018 - 15:55 WITA

Ingin Berbisnis? Jangan Tunda, Modal Smartphone pun Bisa

BERBISNIS dengan menggunakan smartphone Foto: Auliansa

apahabar.com, JAKARTA-Jika sudah punya keinginan memulai bisnis, jangan lagi ditunda-tunda. Apalagi dengan kehadiran smartphone, memulai bisnis lewat teknologi digital semakin mudah.

“Ini era di mana saat kita memulai usaha, modal smartphone saja sudah bisa memulai sesuatu. Ini sesuatu yang kita punya, manfaatkan. Buat yang masih muda, waktunya sekarang itu memang pas banget,” kata Founder Brodo, Yukka Harlanda, dalam acara d’preneur Entrepreneur Juara di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta, belum lama ini.

“Jawaban bijaknya, memulai bisnis memang harus dimulai sekarang ini. Saya beruntung banget tembakan pertamanya langsung berhasil,” lanjut Yukka.

Yang jelas, Yukka menambahkan, jangan takut gagal dalam berbisnis, apalagi kegagalan tidak mungkin dihindari. Oleh karena itu, dia menyarankan para enterpreneur dapat mengubah cara berpikir, kegagalan menjadi hal positif untuk naik ke level selanjutnya.

“Masalah jatuh enggak mungkin dihindari, namanya usaha. Jadi mindset yang harus beda, anggap saja ujian untuk naik kelas,” ujarnya.

Yukka bercerita dirinya pernah dihadapkan pada dua pilihan sebelum akhirnya jadi pengusaha. Setelah lulus kuliah, Yukka ingin bekerja di perusahaan migas karena bisa meraup penghasilan besar.

Tapi di sisi lain, bisnis sepatu dengan merek Brodo yang dirintisnya mulai menghasilkan. “Momen kegalauan muncul, waktu lulus Brodo sudah menghasilkan, dan kita mulai kerja,” tuturnya.

Momen galau itu makin kuat setelah Yukka dipanggil sebuah perusahaan migas untuk wawancara. Di waktu yang sama Yukka berkesempatan mengenalkan Brodo dalam sebuah pameran besar.

“Jadi berpikir, pameran enggak bisa diulang, kalau wawancara bisa diulang apalagi usia masih muda. Jadi mikirnya, lulus full time dulu di Brodo, kalau nanti gagal, masih bisa kerja karena masih muda,” cerita Yukka.

Singkat cerita, Yukka akhirnya memilih menekuni bisnis sepatu hingga sukses seperti sekarang. Ia mengatakan, memilih bisnis tak melulu dari sesuatu yang digemari, tapi diawali dari pertanyaan kenapa ingin usaha?

“Jadi mindset itu kenapa usaha, terus lihat kondisi keuangan. Kalau keuangan banyak cicilan, terus keluar kerja, lalu bikin usaha itu tidak baik,” kata Yukka.

Selain itu, harus bisa meminimalisir risiko usaha yang ingin dijalankan. Jangan sampai hanya sekadar menjalankan bisnis tanpa mengetahui risikonya ke depan.(*)

Sumber: detikfinance

Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Perkelahian Maut di Pekapuran Raya, Seorang Pria Tewas Berlumuran Darah
Sweeping Conch

Tak Berkategori

Kapolres HSU: Tidak Ada Sweeping Truk PT Conch di Amuntai
School of Rock

Tak Berkategori

Kabar Duka, Aktor Film ‘School of Rock’ Tewas Ditabrak Mobil Saat Bersepeda

Tak Berkategori

Balangan Siaga Banjir, BPBD Minta Warga Waspada
apahabar.com

Tak Berkategori

Sabu dan Ineks , Pria di Banjarmasin Ditangkap Polisi
Terungkap! Inilah Sosok Wanita Video Syur 61 Detik Mirip Nagita Slavina. Foto-Istimewa

Tak Berkategori

Terungkap! Inilah Sosok Wanita Video Syur 61 Detik Mirip Nagita Slavina
apahabar.com

Tak Berkategori

UIN Antasari Banjarmasin, 2019 Bangun Kampus di Banjarbaru
apahabar.com

Tak Berkategori

Kebakaran di Kampung Arab, Kerugian Ditaksir Rp250 Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com