Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall Warga Kalsel Boleh Buka Masker, Satgas Segera Godok Aturan Main

Jadi Penolong Handal, Harus Punya Ini

and - Apahabar.com     Selasa, 20 November 2018 - 21:42 WITA
and - Apahabar.com     Selasa, 20 November 2018 - 21:42 WITA

Jadi Penolong Handal, Harus Punya Ini

Peserta Pelatihan Teknik Pertolongan Water Rescue dan Medical first responden (MFR) bagi Anggota SENKOM Mitra Polri Tahun 2018.(Foto: Basarnas Banjarmasin)

apahabar.com, BANJARBARU – Pelatihan Teknik Pertolongan Water Rescue dan Medical first responden (MFR) bagi Anggota SENKOM Mitra Polri Tahun 2018 resmi ditutup, Selasa (20/11/2018).

Dari 130 peserta, sudah dibekali teori dan praktek jadi penolong handal. Namun yang lebih penting, senantiasa memiliki jiwa kemanusiaan dan kepedulian tinggi.

“Keseluruhan peserta ini merupakan bagian keluarga besar kantor pencarian dan pertolongan Banjarmasin. Jadi hendaklah harus senantiasa memiliki jiwa kemanusiaan dan peduli terhadap sesama,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Banjarmasin, Mujiono S.E, M.H dalam rilis yang diterima apahabar.com.

Karena keberhasilan operasi SAR adalah kecepatan dan pengoptimalkan potensi SAR, Mujiono meminta agar semua pihak bersinergi membangun kerjasama strategis dengan Basarnas, agar pelayanan SAR berkualitas.

Termasuk peserta nantinya dapat berperan aktif dalam Tim Reaksi Cepat (TRC) SENKOM Mitra Polri daerah.

“Setiap sektor harus ikut mengambil bagian dalam operasi SAR. Salah satu caranya membentuk forum komunikasi SAR daerah yang dikomandoi gubernur dan bupati. Anggotanya melibatkan semua institusi termasuk peserta pelatihan saat ini,” pungkasnya.

Pada latihan tersebut, untuk praktek lapangan akan dipusatkan di Danau Seran Guntung Manggis. Sementara materi MFR, peserta dilatih melakukan penanganan terhadap korban cedera agar tidak lebih parah.

Sedangkan pelatihan water rescue, sebagai pelatihan menolong diri sendiri dan menolong korban saat terjadi musibah di air, baik menggunakan alat maupun tanpa alat.

Acara pelatihan serupa akan terus dilakukan demi membentuk potensi pencarian dan pertolongan yang handal serta peduli atas setiap misi kemanusian yang membahayakan keselamatan jiwa.

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Alasan BI Sarankan Masyarakat Kalsel Beralih ke Daging Beku
apahabar.com

Tak Berkategori

Hutang Dibayar Sabu, Warga Tembus Mantuil Ditangkap
Tata Kota Paringin

Tak Berkategori

Ekspos Masterplan Tata Kota Paringin 20 Tahun ke Depan, 6 Zonasi Disulap Lebih Hijau
apahabar.com

Tak Berkategori

Siap Transaksi, 2 Budak Sabu di Astambul Diringkus Polisi
Sejumlah hadiah disiapkan PT Air Minum Tabalong untuk diundi, satu di antaranya sepeda motor. Foto - apahabar.com/M.Al-Amin.

Tak Berkategori

Penghargaan untuk Pelanggan Teladan PT Air Minum Tabalong, Hadiah Motor hingga TV Menanti

Tak Berkategori

Hari Donor Darah Sedunia, Bupati-Wabup HSS Luncurkan Si Berkah
apahabar.com

Tak Berkategori

Darah Segar Mengucur di Perut Syahril Usai Ditusuk, Polisi Kejar Pelaku
apahabar.com

Tak Berkategori

Kasus Penimbunan BBM Batola: SPBU Bermasalah Tetap Beroperasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com