Kronologi Lengkap Petaka Lubang Maut di Tapin yang Tewaskan Pemuda HST Jalan Berlubang Km 88 Tapin Renggut Korban Jiwa, Warga HST Tewas Cara Nonton Live Streaming Liga Champions Chelsea vs Sevilla di SCTV & Vidio.com Malam Ini 7 Pemuda Diamankan Saat Demo di Banjarmasin, Polisi: Mereka Mabuk Gaduk Sudah Minta Maaf, Sekda Tala Tetap Dipolisikan

Kades Kesulitan Bikin Perencanaan Dana Desa

- Apahabar.com Kamis, 15 November 2018 - 13:08 WIB

Kades Kesulitan Bikin Perencanaan Dana Desa

Sumber Foto : blangdhod.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyerapan yang kurang optimal dan pencatatan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan merupakan masalah yang masih membelit program Dana Desa hingga saat ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro S mengakui, Program Dana Desa sampai saat ini masih mengalami masalah. Permasalahan tersebut dipicu oleh rendahnya pendidikan mayoritas kepala desa sehingga mereka sering tidak mampu membuat perencanaan pemanfaatan dana yang diamanahkan kepada mereka.
“Mayoritas kepala desa tamatan SD dan SMP, mereka tidak memiliki kelengkapan perangkat seperti di kabupaten. Akibatnya ketika membuat perencanaan, bangun jalan 100 meter, anggarannya Rp10 juta tapi ketika dijalankan ternyata habis Rp20 juta,” katanya di Jakarta, kemarin, sebagaimana dilansir cnnindonesia.com.
Masalah tersebut, imbuh Eko, berdampak kepada pencairan Dana Desa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan melakukan pendampingan dan pengawasan secara lebih ketat.

Untuk meningkatkan pendampingan dan pengawasan tersebut pihaknya telah bekerja sama dengan Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

Eko menambahkan, selain meningkatkan pendampingan dan pengawasan, agar Dana Desa bisa memberikan manfaat optimal bagi masyarakat, ke depan pihaknya juga akan mengubah fokus pemanfaatan. Ke depan, alokasi Dana Desa yang selama ini sebagian besar dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur akan digeser ke pengembangan sumber daya manusia desa.
“Dengan banyak terbangunnya infrastruktur di desa-desa, maka fokus pembangunan dana desa untuk tahun-tahun ke depannya akan lebih ditekankan pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa,” katanya.cnn/*

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Pepsi Hengkang, Gemar Minum Kopi Salah Satu Pemicunya
apahabar.com

Ekbis

Permudah Layanan, PLN Siapkan WA untuk Lapor Meter Mandiri
apahabar.com

Tak Berkategori

Tenang, Tak Ada Penolakan Jasad PDP di Gambut
apahabar.com

Ekbis

Deputi Gubernur BI Luluh ‘Digoda’ Pedagang Pasar Terapung
apahabar.com

Ekbis

Jelang Lebaran, Bulog Jamin Stok Bapok Kalsel Aman
apahabar.com

Ekbis

Pemberlakuan Tarif Bagasi, Ongkos Umrah Kalsel Tetap Murah
apahabar.com

Ekbis

Analis Menilai Saham BUMN Lebih Sulit Pulih dari Dampak Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Dolar Berubah Tipis di Perdagangan Jelang Libur Natal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com