Jokowi Sebut Potensi Wakaf Uang Bisa Tembus Rp 188 Triliun Naik 1.000 per Gram, Segini Harga Emas Antam Hari Ini BREAKING NEWS: Belasan Warga Tanah Bumbu Diduga Terjebak Longsor di Tambang Batu Bara Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang

Kades Kesulitan Bikin Perencanaan Dana Desa

- Apahabar.com Kamis, 15 November 2018 - 13:08 WIB

Kades Kesulitan Bikin Perencanaan Dana Desa

Sumber Foto : blangdhod.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyerapan yang kurang optimal dan pencatatan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan merupakan masalah yang masih membelit program Dana Desa hingga saat ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro S mengakui, Program Dana Desa sampai saat ini masih mengalami masalah. Permasalahan tersebut dipicu oleh rendahnya pendidikan mayoritas kepala desa sehingga mereka sering tidak mampu membuat perencanaan pemanfaatan dana yang diamanahkan kepada mereka.
“Mayoritas kepala desa tamatan SD dan SMP, mereka tidak memiliki kelengkapan perangkat seperti di kabupaten. Akibatnya ketika membuat perencanaan, bangun jalan 100 meter, anggarannya Rp10 juta tapi ketika dijalankan ternyata habis Rp20 juta,” katanya di Jakarta, kemarin, sebagaimana dilansir cnnindonesia.com.
Masalah tersebut, imbuh Eko, berdampak kepada pencairan Dana Desa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan melakukan pendampingan dan pengawasan secara lebih ketat.

Untuk meningkatkan pendampingan dan pengawasan tersebut pihaknya telah bekerja sama dengan Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

Eko menambahkan, selain meningkatkan pendampingan dan pengawasan, agar Dana Desa bisa memberikan manfaat optimal bagi masyarakat, ke depan pihaknya juga akan mengubah fokus pemanfaatan. Ke depan, alokasi Dana Desa yang selama ini sebagian besar dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur akan digeser ke pengembangan sumber daya manusia desa.
“Dengan banyak terbangunnya infrastruktur di desa-desa, maka fokus pembangunan dana desa untuk tahun-tahun ke depannya akan lebih ditekankan pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa,” katanya.cnn/*

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Pemerintah

Ekbis

Tahun Ini, Pemerintah Proyeksikan Serapan Biodiesel 8,5 Juta Kiloliter
Rupiah

Ekbis

Dipicu Eskalasi Kasus Covid-19, Rupiah Melemah
Gisella Anastasia

Tak Berkategori

Kasus Video Syur Mirip Gisel, Jessica Iskandar, hingga Anya ke Penyidikan, Kekasih Wijin : Cuma Mukanya Doang!
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Ditutup Melemah Seiring Negatifnya Data Ekonomi Akibat Covid-19
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Bertahan Rp 809.000 per Gram
apahabar.com

Ekbis

Hipmikindo Kalsel Dorong UMKM Lewat Wawasan Kebangsaan
Motor

Ekbis

United Bike Rilis Motor Listrik T1800, Simak Spesifikasinya
apahabar.com

Ekbis

Futuria Inovasi Telkomsigma Kenalkan Budaya Indonesia di Era Digital
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com