Brakkk! Detik-Detik Rumah Ambruk di Manarap Banjar Kontroversi Upin Ipin Sudah Meninggal, Les’ Copaque Beri Penjelasan Penggerebekan Maut Kakek Teluk Tiram: Sarijan Rupanya Target Tersohor Kepolisian Maraton, Proses RUU jadi UU IKN Digelar Hari Ini Tok! Pemerintah-Pansus Sepakat RUU IKN Lanjut ke Paripurna DPR

Kades Kesulitan Bikin Perencanaan Dana Desa

- Apahabar.com     Kamis, 15 November 2018 - 13:08 WITA

Kades Kesulitan Bikin Perencanaan Dana Desa

Sumber Foto : blangdhod.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Penyerapan yang kurang optimal dan pencatatan pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan merupakan masalah yang masih membelit program Dana Desa hingga saat ini.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro S mengakui, Program Dana Desa sampai saat ini masih mengalami masalah. Permasalahan tersebut dipicu oleh rendahnya pendidikan mayoritas kepala desa sehingga mereka sering tidak mampu membuat perencanaan pemanfaatan dana yang diamanahkan kepada mereka.
“Mayoritas kepala desa tamatan SD dan SMP, mereka tidak memiliki kelengkapan perangkat seperti di kabupaten. Akibatnya ketika membuat perencanaan, bangun jalan 100 meter, anggarannya Rp10 juta tapi ketika dijalankan ternyata habis Rp20 juta,” katanya di Jakarta, kemarin, sebagaimana dilansir cnnindonesia.com.
Masalah tersebut, imbuh Eko, berdampak kepada pencairan Dana Desa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan melakukan pendampingan dan pengawasan secara lebih ketat.

Untuk meningkatkan pendampingan dan pengawasan tersebut pihaknya telah bekerja sama dengan Kepolisian RI, Kejaksaan Agung, Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri.

Eko menambahkan, selain meningkatkan pendampingan dan pengawasan, agar Dana Desa bisa memberikan manfaat optimal bagi masyarakat, ke depan pihaknya juga akan mengubah fokus pemanfaatan. Ke depan, alokasi Dana Desa yang selama ini sebagian besar dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur akan digeser ke pengembangan sumber daya manusia desa.
“Dengan banyak terbangunnya infrastruktur di desa-desa, maka fokus pembangunan dana desa untuk tahun-tahun ke depannya akan lebih ditekankan pada pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa,” katanya.cnn/*

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Kekeringan di NTB tak Pengaruhi Serapan Pupuk Bersubsidi
Emas

Ekbis

Akhirnya Naik, Ini Rincian Harga Emas Antam Hari Ini
apahabar.com

Ekbis

Kementan Loloskan Pelepasan Calon Varietas Padi Sawah Protein Tinggi
apahabar.com

Ekbis

Dukung PEN, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp 42,6 T dari Dana Negara
apahabar.com

Ekbis

BI Bakal Tarik Uang Kuno, Penukaran di Kalsel 29-30 Desember

Ekbis

Dirjen Pajak: 13 Juta Wajib Pajak Telah Lapor SPT

Ekbis

Impor Vaksin, PT Bank HSBC Indonesia Beri Bio Farma 185 Juta Dolar

Ekbis

Ditonton Ribuan Kali, Yuk Dukung Pertamina IT Banjarmasin-Pulau Curiak Raih PROPER Emas 2021
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com