Demo Setahun Jokowi-Ma’ruf, Pelajar di Banjarmasin Kepergok Bawa Miras Jadwal Liga Champions Liverpool Vs Ajax, Klopp Pastikan Van Dijk Bakal Lebih Tangguh Setahun Jokowi-Ma’ruf, Map Merah Penuhi Jalanan Banjarmasin Tim Macan Kalsel Gerebek Wanita Buronan Kasus Penggelapan Kapal Indef: Setahun Jokowi-Ma’ruf Amin ULN Melonjak, Setiap Penduduk Warisi Utang Rp 20,5 juta

Manfaat Lemon Cegah Flu Hingga Risiko Kanker

and - Apahabar.com Selasa, 20 November 2018 - 17:41 WIB
and - Apahabar.com Selasa, 20 November 2018 - 17:41 WIB

Manfaat Lemon Cegah Flu Hingga Risiko Kanker

Buah lemon (sumber: letslivewell.com)

apahabar.com, BANJARMASIN – Antioksidan pada lemon baik untuk kesehatan. Kandungan favonoidnya dapat melawan kanker, penyakit jantung serta peradangan.

Bahkan, aromanya yang menyegarkan dapat menyembuhkan mual dan sakit kepala. Selain itu, rasanya yang enak sering digunakan untuk masakan dan minuman.

Berikut beberapa manfaat lemon untuk kesehatan seperti ilansir Boldsky, Selasa (19/11/2018):

1. Mencegah flu

Sistem kekebalan yang lemah membuat tubuh rentan terhadap pilek. Vitamin C dalam lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Lemon memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Minumlah segelas lemon hangat setiap hari sampai flu Anda sembuh.
Ilustrasi jus lemon atau limun segar.

apahabar.com

(Foto: Kesehatan-Flu_baiknya-buah_lemon_Sumber-media.mnn.com)

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung tetap sehat berkat flavonoid. Sebab, flavonoid menjaga lemak dan gula darah pada tingkat yang stabil. Lemon adalah sumber vitamin C yang baik untuk membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Lemon juga bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

3. Membantu detoksifikasi

Lemon mengandung antioksidan yang disebut sebagai D-limonene yang sangat terkonsentrasi di kulit lemon. Antioksidan D-limonen ini mengaktifkan enzim di hati yang merupakan bagian dari fase 1 dan 2 proses detoksifikasi. Selama proses ini, senyawa beracun diambil dari hati dan dieliminasi dari tubuh melalui air kencing atau empedu. Menghilangkan racun dari ginjal membutuhkan banyak minum air jeruk juga. Minumlah segelas perasan air lemon hangat di pagi hari.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Menurut beberapa penelitian, lemon dapat menangkal penurunan mental yang parah seperti penyakit Alzheimer dan demensia. Jumlah vitamin C yang baik dalam tubuh telah terbukti dapat melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

 

5. Merangsang pertumbuhan rambut

Lemon merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuat folikel rambut dan ini mencegah rambut rontok berkat kandungan vitamin C. Lemon juga memiliki sifat antijamur yang membantu dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan mencegah ketombe. Oleh karena itu lemon dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi semua masalah rambut

6. Mencegah anemia

Menurut sebuah penelitian, lemon mengandung sejumlah besar asam askorbat yang membantu mencegah anemia dengan membantu penyerapan zat besi yang lebih baik dari makanan nabati. Penyerapan zat besi lebih cepat dari makanan non-vegetarian, tetapi ada penyerapan zat besi yang lambat dari makanan nabati. Ini dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi vitamin C yang akan membantu dalam penyerapan zat besi yang lebih cepat dari makanan nabati.

7. Menurunkan risiko kanker

Senyawa tanaman yang ditemukan di lemon seperti naringenin dan limonene diketahui memiliki efek anti-kanker. Naringenin yang hadir dalam phytochemical di lemon dan buah jeruk lainnya, memiliki efek kesehatan yang positif dalam mencegah kanker. Sebuah penelitian menemukan bahwa D-limonene, senyawa yang ditemukan dalam lemon juga memiliki beberapa sifat antikanker. Senyawa ini mencegah kanker lidah, paru-paru dan usus besar.

apahabar.com

(Foto: Kesehatan-manfaat-lemon-kanker-sumber: doktersehat.com)

Sumber : Tempo

Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Disiplin Jadi Kunci Atasi Kecanduan Gawai pada Anak
apahabar.com

Gaya

Imbas Wabah Covid-19, Kafe di Tapin Terancam Gulung Tikar
apahabar.com

Gaya

Gus Nabil: Kementan Harus Berbasis Riset Terkait Kalung Anticorona
apahabar.com

Gaya

Kembali ke Kantor, Ini Cara Bersihkan Peralatan Elektronik
apahabar.com

Gaya

Benarkah Tidur dengan Rambut Basah Menyebabkan Pilek?
apahabar.com

Gaya

Berumur Satu Abad, Ternyata Begini Sejarah Kampung Pangambangan
apahabar.com

Gaya

Vebby Palwinta Tetap Gelar Pernikahan di Tengah Wabah Covid-19
apahabar.com

Gaya

WHO: Tak Ditemukan Adanya Virus Corona Hidup di ASI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com