Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah

Muluskan Proyek Pemipaan, PDAM Intan Banjar Disuntik Modal Rp35 M

and - Apahabar.com     Sabtu, 24 November 2018 - 13:09 WITA
and - Apahabar.com     Sabtu, 24 November 2018 - 13:09 WITA

Muluskan Proyek Pemipaan, PDAM Intan Banjar Disuntik Modal Rp35 M

Kantor PDAM Intan Banjar di Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarbaru. apahabar.com/Zay

apahabar.com,BANJARBARU– Angin segar bertiup ke arah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar usai Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru memastikan penambahan penyertaan modal, sebesar Rp 35 Miliar.

“Dana ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan jaringan perpipaan untuk Bandara dan aerocity di Banjarbaru. Serta guna mengikuti pengembangan tata ruang wilayah,” ujar Direktur Teknik PDAM Said Umar membenarkan, Sabtu (24/11) ini.

Untuk pengembangan, total akan dipasang jaringan sepanjang 20 Kilometer ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Saat ini sebutnya pipa yang sudah terpasang batu sepanjang 6,4 Kilometer, memakan dana sekitar Rp 30 Miliar.

“Nantinya penyertaan modal dari Pemkot Banjarbaru dialokasikan untuk penambahan jaringan perpipaan ini. Total dana yang diperlukan untuk jaringan pipa ke Bandara, totalnya Rp 120 Miliar, untuk 20 Kilometer ini,” jelasnya.

Sementara, penambahan penyertaan modal ini disetujui saat rapat Paripurna DPRD Minggu ketiga November lalu. Total Pemkot Banjarbaru telah memberikan penyertaan modal bagi PDAM Intan Banjar sebesar Rp 154 Miliar, dari 2007 sampai 2021.

Penambahan penyertaan modal, tertuang dalam Raperda tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah nomor 7 tahun 2009. Isinya, tentang penambahan penyertaan modal dari Pemkot Banjarbaru pada Perusahaan Darah Air Minum Intan Banjar.

“Rincian penyertaan modal akan dibagi selama tiga tahun, dari tahun 2019 sampai tahun 2021 nanti. Di tahun 2019 Pemkot menyuntikkan dana sebesar Rp10 miliar, tahun 2020 disertakan Rp 15miliar.

Serta di tahun 2021 kembali ditambahkan sebesar 10 miliar, sehingga totalnya Rp 35 Miliar,” ungkap Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani kepada apahabar.com.

Alasan penambahan modal ini, Nadjmi menerangkan bahwa itu dilakukan atas permintaan PDAM Intan Banjar, dalam rangka memuluskan pembangunan jaringan perpipaan, dari Pinus ke Bandara Syamsuddin Noor.

Lanjutnya, dampaknya untuk peningkatan pelayanan. Serta untuk meminimalkan keluhan masyarakat terkait kualitas air bersih, yang terkadang masih kurang bersih dan sering macet.

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hari Ini Kalsel Tambah 91 Kasus Baru Covid-19, Terbanyak dari Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Jalan Poros Banjarbaru-Tanah Bumbu Bisa Dilewati 2020
apahabar.com

Kalsel

Cuncung Desak Pemerintah Segera Periksa Seluruh Peserta Ijtima Ulama Asal Tanbu

Kalsel

Sederet Alasan Mengapa Tala, Batola, Tanbu, hingga Kotabaru Masuk PPKM Level IV

Kalsel

Wali Kota Banjarbaru Kutuk Pemalakan di Bandara Syamsudin Noor Lama
Posko Covid-19 di Perbatasan Tanbu Tutup? Begini Reaksi Wakil Rakyat

Kalsel

Posko Covid-19 di Perbatasan Tanbu Tutup? Begini Reaksi Wakil Rakyat  
Pembuatan SKCK, STTP dan SIK di Banjarmasin Diliburkan

Kalsel

Pembuatan SKCK, STTP dan SIK di Banjarmasin Diliburkan  
apahabar.com

Kalsel

Warga Tatah Makmur Keluhkan Jalan Rusak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com