Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

Muluskan Proyek Pemipaan, PDAM Intan Banjar Disuntik Modal Rp35 M

and - Apahabar.com Sabtu, 24 November 2018 - 13:09 WIB
and - Apahabar.com Sabtu, 24 November 2018 - 13:09 WIB

Muluskan Proyek Pemipaan, PDAM Intan Banjar Disuntik Modal Rp35 M

Kantor PDAM Intan Banjar di Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarbaru. apahabar.com/Zay

apahabar.com,BANJARBARU– Angin segar bertiup ke arah Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Intan Banjar usai Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarbaru memastikan penambahan penyertaan modal, sebesar Rp 35 Miliar.

“Dana ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan jaringan perpipaan untuk Bandara dan aerocity di Banjarbaru. Serta guna mengikuti pengembangan tata ruang wilayah,” ujar Direktur Teknik PDAM Said Umar membenarkan, Sabtu (24/11) ini.

Untuk pengembangan, total akan dipasang jaringan sepanjang 20 Kilometer ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Saat ini sebutnya pipa yang sudah terpasang batu sepanjang 6,4 Kilometer, memakan dana sekitar Rp 30 Miliar.

“Nantinya penyertaan modal dari Pemkot Banjarbaru dialokasikan untuk penambahan jaringan perpipaan ini. Total dana yang diperlukan untuk jaringan pipa ke Bandara, totalnya Rp 120 Miliar, untuk 20 Kilometer ini,” jelasnya.

Sementara, penambahan penyertaan modal ini disetujui saat rapat Paripurna DPRD Minggu ketiga November lalu. Total Pemkot Banjarbaru telah memberikan penyertaan modal bagi PDAM Intan Banjar sebesar Rp 154 Miliar, dari 2007 sampai 2021.

Penambahan penyertaan modal, tertuang dalam Raperda tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan Daerah nomor 7 tahun 2009. Isinya, tentang penambahan penyertaan modal dari Pemkot Banjarbaru pada Perusahaan Darah Air Minum Intan Banjar.

“Rincian penyertaan modal akan dibagi selama tiga tahun, dari tahun 2019 sampai tahun 2021 nanti. Di tahun 2019 Pemkot menyuntikkan dana sebesar Rp10 miliar, tahun 2020 disertakan Rp 15miliar.

Serta di tahun 2021 kembali ditambahkan sebesar 10 miliar, sehingga totalnya Rp 35 Miliar,” ungkap Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhani kepada apahabar.com.

Alasan penambahan modal ini, Nadjmi menerangkan bahwa itu dilakukan atas permintaan PDAM Intan Banjar, dalam rangka memuluskan pembangunan jaringan perpipaan, dari Pinus ke Bandara Syamsuddin Noor.

Lanjutnya, dampaknya untuk peningkatan pelayanan. Serta untuk meminimalkan keluhan masyarakat terkait kualitas air bersih, yang terkadang masih kurang bersih dan sering macet.

Penulis: Zepi Al Ayubi
Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Hasil Swab Belum Keluar, Data Covid-19 Tabalong Tak Bergerak
apahabar.com

Kalsel

Smart Presensi Batola Diserang Hacker
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Pelajar di Sebuku Kembali Terima Santunan dari GJBK
apahabar.com

Kalsel

Jasad dalam Karung di Kurau Pelaihari, Polisi Susuri Warung Jablai
apahabar.com

Kalsel

Seleksi Atak Diang Batola Diperketat
apahabar.com

Kalsel

NasDem Kalsel Bagikan 1.000 Paket Sembako ke Supir Angkot dan Tukang Becak
apahabar.com

Kalsel

Pelantikan Bupati HST Definitif, Secercah Harapan untuk Meratus
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Ribu Jemaah Diprediksi akan Padati Wilayah Masjid Jami Esok Malam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com