POPULER SEPEKAN: Viral Penjual Gorengan di Sekumpul, Adaro-Pama Cerai, hingga Transkrip PPK Banjar Tolak KLB, Simak Sikap Demokrat Kalteng Almarhum Kombes Sapta Dikenal Sebagai Pribadi yang Sederhana Mantap! Polsek Tapin Utara Bekuk Kurir Sabu 9,14 Kg asal Kalbar Ratusan Anggota Polisi di Tabalong Jalani Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Pusat Pastikan Tak Turunkan Passing Grade Tes CPNS

and - Apahabar.com Rabu, 21 November 2018 - 05:20 WIB
and - Apahabar.com Rabu, 21 November 2018 - 05:20 WIB

Pemerintah Pusat Pastikan Tak Turunkan Passing Grade Tes CPNS

Sejumlah peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melakukan tes SKD. Foto/Kaltim.tribunnews.com

apahabar.com, JAKARTA– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Pan RB) memastikan, passing grade atau batas nilai minimal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tidak akan turun.

“Jadi, tidak ada menurunkan grade. Tidak ada, grade-nya tetap,” kata Menpan RB Syafrudin saat ditemui di Masjid Cut Meutia, Menteng, Jakarta Pusat, kemarin (20/11) dikutip dari Kompas. Mantan Wakapolri tegas, standar tersebut tidak dapat diturunkan karena dua hal penting.

Pertama, proses SKD mesti menghasilkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia, khususnya SDM Aparatur Sipil Negara, yang berjiwa kompetitif, profesional, dan kredibel.

Kriteria tersebut dibutuhkan lantaran CPNS akan menduduki pos-pos atau melayani masyarakat. Apalagi, ke depannya, Indonesia akan menghadapi dua hal besar, yaitu Revolusi Industri 4.0 dan menuju visi 100 tahun Indonesia Merdeka pada tahun 2045.

“Jadi ini enggak boleh mundur, ini harus maju, kalau tahun lalu nilainya B, kami harus naikkan B Plus kalau perlu A. SDM kita ini belum terlalu memadai di Asia, bahkan di dunia internasional,” ujarnya.

Baca juga: Buruh Harian di Banjarmasin Barat Ditemukan Tewas Tertelungkup

Alasan kedua, ada sekitar 200 ribu PNS yang pensiun di tahun 2018. Oleh karena itu, awal tahun 2019, kebutuhan CPNS harus dipenuhi. “Kalau tidak dipenuhi, terus siapa yang mau kerja. Kosong tempatnya, akhirnya diisi lagi dengan pegawai-pegawai, orang-orang yang dipekerjakan sementara,” kata Syafrudin.

Dengan banyaknya peserta SKD CPNS yang tak lolos, lanjut dia, ekspektasi pemerintah akan kualitas ASN tidak terpenuhi. Dengan tidak menurunkan passing grade seleksi, diharapkan lahir CPNS-CPNS baru yang memenuhi standar kualitas yang ditetapkan pemerintah.

Baca: Diberhentikan, Wabup Tabalong Melawan

“Oleh karena itu, barangnya (CPNS berkualitas) harus ditemukan. Ini harus diraih, satu lagi harus diraih juga, supaya ketemu barangnya,” ujarnya.

Sumber: Kompas.com

Editor: Fariz Fadhillah 

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

1.048 Peserta Mendaftar Ikut Pawai Tolak Plastik
apahabar.com

Nasional

Debat Capres, Tetap Akur Meski Beda
apahabar.com

Nasional

Jenguk Wiranto, Ryamizard Doakan Cepat Sembuh
apahabar.com

Nasional

Bertemu di Istana Bogor, Jokowi dan Pimpinan MPR Bicarakan RUU HIP
apahabar.com

Nasional

Laskar Merah Putih Jakbar Bulat Dukung Jokowi-Ma’ruf
Gaji ke-13

Nasional

PNS Dipantau Ketat Lewat Aplikasi, PNS Tak Bisa ‘Mager’ Lagi
Gubernur Sulsel

Nasional

Ditetapkan KPK Tersangka, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Bantah Terlibat Suap
apahabar.com

Nasional

Hasto: Megawati Telah Serahkan Nama-nama Calon Menteri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com