Tagihan Listrik di Kalsel-Teng Membengkak? PLN Ungkap Penyebabnya Jumatan Perdana di Banjar, 4 Masjid Dijaga Ketat TNI-Polri PSBB Berakhir, Duta Mall Segera Buka Bioskop dan Amazon? Jadi Contoh, Jemaah Masjid Miftahul Ihsan Malah Tak Disiplin Keseringan di Lapangan, Dua ASN di Banjarmasin Positif Covid-19




Home Borneo

Rabu, 28 November 2018 - 18:13 WIB

Peringati Hari Pohon, PLN Tanam 1.200 Ribu Mahoni di Kalselteng

Triaji Nazulmi - Apahabar.com

Tanam puluhan ribu pohon PLN berharap wilayah Kalselteng dapat menjadi paru paru Banua. Foto-goodnewsfromindonesia.id

Tanam puluhan ribu pohon PLN berharap wilayah Kalselteng dapat menjadi paru paru Banua. Foto-goodnewsfromindonesia.id

apahabar.com, BANJARMASIN – PT PLN (Persero) menanam 22 ribu pohon guna memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018 di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu (28/11).

Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN
se-Indonesia termasuk penanaman Pohon di Kawasan Hutan Hujan Tropika Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

General Manager PLN Kalselteng, Sudirman mengatakan pihaknya kembali melakukan aksi tanam pohon sebagai upaya menjalankan bisnis ketenagalistrikan yang berwawasan lingkungan.

Sudirman juga menjelaskan, penanaman pohon oleh PLN merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PLN Peduli.

Bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan ini, katanya bertujuan mencegah efek rumah kaca dan mengurangi pemanasan global. Efek gas rumah kaca merupakan penumpukan gas Karbon dioksida (CO2) pada atmosfer yang menyebabkan berlubangnya atmosfer.

Baca juga :  Jasad Mr X di Sungai Tabuk, Sekujur Tubuh Ditemukan Bercak Darah

“1.200 pohon Mahoni kami tanam hari ini. Kami harap pohon yang kami tanam dapat tumbuh subur dan semakin menghijaukan kawasan Kalsel,” ujarnya.

Berdasarkan penelitian, setiap 1 hektar hutan tropis dapat mengubah 3,7 ton CO2 menjadi 2 ton Oksigen (O2).Bertambahnya pohon akan menambah jumlah oksigen yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Menanam pohon juga dapat mengurangi abrasi pantai. Program penanaman pohon ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan karena kegiatan ini melibatkan stakeholder PLN.

Staf Khusus Gubernur Kalsel Rizal Akbar yang mengikuti langsung kegiatan penanaman pohon, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PLN Kalselteng atas inisiatif menanam pohon.

“Mewakili Bapak Gubernur, saya menyampaikan terima kasih, karena PLN Kalselteng telah berkontribusi nyata terhadap program Revolusi Hijau Gubernur Kalimantan Selatan. Kontribusi PLN ini kami harap dapat menjadi contoh budaya positif bagi masyarakat Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Baca juga :  Tertimpa Kontainer, Avanza Ringsek... Begini Kejadiannya

Adapun total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22 ribu di seluruh Indonesia ini sebesar Rp3,19 miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik.

Aksi tanam pohon yang PLN lakukan dalam rangka HMPI 2018 ini merupakan kelanjutan dari aksi tanam pohon tahap I yang dilakukan pada 5 Juni 2018.

Melibatkan 32 unit PLN se-Indonesia, PLN menanam total 34 ribu pohon. Total dana yang dikeluarkan PLN Peduli pada Tahap I ini sebesar Rp4,64 miliar.

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Borneo

Jasad Tanpa Kepala Terindikasi Korban Pembunuhan
apahabar.com

Borneo

150 M untuk Menampung 275 Ton Sampah Per Hari
apahabar.com

Borneo

  Tuan Guru Bajang, Karisma Ulamanya Tak Luntur Karena Politik
apahabar.com

Borneo

Dirjen Gakkum KLHK Ingatkan Korporasi ‘Nakal’
apahabar.com

Borneo

Komnas HAM Minta Usut Tuntas Penyiraman Air Keras Pejabat Kemenkumham Kalsel

Borneo

Nissa Sabyan Manggung di Tabalong Catat Tanggalnya
apahabar.com

Borneo

KPU Serahkan APK 278 Lembar
apahabar.com

Borneo

Stan Lee Wafat, Duka Juga Dirasakan Pelukis Banjarbaru