Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel Menteri Siti Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel, Bukan Tambang dan Sawit

Pertagas Niaga Alirkan Gas ke 4.500 Sambungan di Samarinda

and - Apahabar.com Jumat, 30 November 2018 - 19:01 WIB
and - Apahabar.com Jumat, 30 November 2018 - 19:01 WIB

Pertagas Niaga Alirkan Gas ke 4.500 Sambungan di Samarinda

Kota Samarinda. Foto-kitamuda.id

apahabar.com, SAMARINDA – Manfaat pembangunan jaringan pipa gas kota di Kabupaten Samarinda, Kalimantan Timur mulai dirasakan oleh masyarakat.

Terhitung sejak Rabu (28/11), jaringan gas kota yang dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan menggunakan APBN Tahun Anggaran 2018 ini mulai mengalir bertahap ke 4.500 Sambungan Rumah tangga (SR) di Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan.

Jaringan gas kota ini dapat digunakan warga untuk keperluan memasak di dapur.Pengoperasian jaringan gas kota ini dilakukan oleh PT Pertagas Niaga (PTGN), afiliasi PT Pertamina (Persero) yang diberi penugasan untuk mengelola dan mengoperasikan jargas.

Gas diperoleh dari sumur PT Pertamina Hulu Mahakam dengan alokasi 0,2 Million Standard Cubic Feet per Day (MMCFD). Harga jaringan gas kota Kabupaten Samarinda adalah Rp 4.400/ per meter kubik sesuai dengan Peraturan BPH Migas Nomor 3/2018. Dengan harga tersebut diharapkan masyarakat bisa mendapatkan penghematan dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar sebelumnya.

Baca Juga : Tiba di Kalsel, Tuan Guru Bajang Langsung Ziarah ke Sekumpul

“Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelas President Director PTGN Linda Sunarti dikutip dalam lama resmi Pertamina, hari ini.

Linda menjelaskan, jaringan gas kota Samarinda menggunakan meter dengan sistem prabayar, di mana pelanggan akan mendapatkan kuota gas setelah membeli voucher token dan memasukkan nomor voucher ke meter jargas. Voucher token yang disediakan antara Rp 25-100 ribu.

Dalam rangka pengoperasian jaringan gas kota tersebut, sehari sebelumnya PTGN mengadakan sosialisasi di Kecamatan Sambutan yang dihadiri oleh perwakilan warga.

“Saat ini pipa jaringan gas kota sudah beroperasi di Samarinda. Kami berharap masyarakat dapat merawat infrastruktur yang telah dibangun. Jika ingin melakukan penggalian atau perubahan letak pipa bisa berkoordinasi dengan tim PTGN, guna menghindari risiko dan aliran gas warga tetap lancar,” ujar Linda.

Seperti diketahui, saat ini Pertamina telah mengelola jaringan gas kota sebanyak 198.437 SR yang tersebar di 22 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca Juga : Maulid, Satu Truk Ikan Gabus Amat Ludes dalam Sehari

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Ketika Wagub Hadi Mengenang Sosok Ustaz Arifin Ilham
apahabar.com

Kaltim

Berangsur Surut, Pemkot Perpanjang Status Darurat Banjir Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Korban Terakhir Ledakan Kapal Bermuatan Elpiji Ditemukan
apahabar.com

Kaltim

Fix, Jumlah DPT di Pilwali Samarinda 576.981 Pemilih
apahabar.com

Kaltim

Penajam Zona Oranye, Dua Anggota DPRD Positif Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Gempa Bumi Guncang Berau Kaltim, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
apahabar.com

Kaltim

Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 264 Kasus
apahabar.com

Kaltim

“Mengelola Konflik Itu Seperti Proses Menjodohkan”
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com