Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah

Pertagas Niaga Alirkan Gas ke 4.500 Sambungan di Samarinda

and - Apahabar.com Jumat, 30 November 2018 - 19:01 WIB
and - Apahabar.com Jumat, 30 November 2018 - 19:01 WIB

Pertagas Niaga Alirkan Gas ke 4.500 Sambungan di Samarinda

Kota Samarinda. Foto-kitamuda.id

apahabar.com, SAMARINDA – Manfaat pembangunan jaringan pipa gas kota di Kabupaten Samarinda, Kalimantan Timur mulai dirasakan oleh masyarakat.

Terhitung sejak Rabu (28/11), jaringan gas kota yang dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan menggunakan APBN Tahun Anggaran 2018 ini mulai mengalir bertahap ke 4.500 Sambungan Rumah tangga (SR) di Kelurahan Sambutan, Kecamatan Sambutan.

Jaringan gas kota ini dapat digunakan warga untuk keperluan memasak di dapur.Pengoperasian jaringan gas kota ini dilakukan oleh PT Pertagas Niaga (PTGN), afiliasi PT Pertamina (Persero) yang diberi penugasan untuk mengelola dan mengoperasikan jargas.

Gas diperoleh dari sumur PT Pertamina Hulu Mahakam dengan alokasi 0,2 Million Standard Cubic Feet per Day (MMCFD). Harga jaringan gas kota Kabupaten Samarinda adalah Rp 4.400/ per meter kubik sesuai dengan Peraturan BPH Migas Nomor 3/2018. Dengan harga tersebut diharapkan masyarakat bisa mendapatkan penghematan dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar sebelumnya.

Baca Juga : Tiba di Kalsel, Tuan Guru Bajang Langsung Ziarah ke Sekumpul

“Gas alam yang digunakan untuk jaringan gas kota ini tekanan dan masa jenisnya rendah, sehingga masyarakat selain hemat juga bisa lebih aman ketika memasak,” jelas President Director PTGN Linda Sunarti dikutip dalam lama resmi Pertamina, hari ini.

Linda menjelaskan, jaringan gas kota Samarinda menggunakan meter dengan sistem prabayar, di mana pelanggan akan mendapatkan kuota gas setelah membeli voucher token dan memasukkan nomor voucher ke meter jargas. Voucher token yang disediakan antara Rp 25-100 ribu.

Dalam rangka pengoperasian jaringan gas kota tersebut, sehari sebelumnya PTGN mengadakan sosialisasi di Kecamatan Sambutan yang dihadiri oleh perwakilan warga.

“Saat ini pipa jaringan gas kota sudah beroperasi di Samarinda. Kami berharap masyarakat dapat merawat infrastruktur yang telah dibangun. Jika ingin melakukan penggalian atau perubahan letak pipa bisa berkoordinasi dengan tim PTGN, guna menghindari risiko dan aliran gas warga tetap lancar,” ujar Linda.

Seperti diketahui, saat ini Pertamina telah mengelola jaringan gas kota sebanyak 198.437 SR yang tersebar di 22 kota/kabupaten di Indonesia.

Baca Juga : Maulid, Satu Truk Ikan Gabus Amat Ludes dalam Sehari

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kaltim

Lompat ke Sungai Karang Mumus, Pelajar Tenggelam dan Menghilang
apahabar.com

Kaltim

Menteri Keuangan Siap Bantu UMKM Kaltim
apahabar.com

Kaltim

Bertambah 129 Kasus, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 3.021
apahabar.com

Kaltim

Bandara Kalimarau Terbaik Anugerah Bandara Award 2018
apahabar.com

Kaltim

Di Samarinda, Siti Badriah Ajak Masyarakat Pakai Pertamax
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Bertekad Kreatif Optimalkan PAD
apahabar.com

Kaltim

Pasca Cuti Bersama, ASN Pemprov Langsung Dites Urine
apahabar.com

Kaltim

Jokowi Segera Resmikan Tol Pertama di Kalimantan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com