Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin? Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall

Pertamina Optimistis Seluruh Impor BBM Turun 2019

- Apahabar.com     Rabu, 28 November 2018 - 14:28 WITA

Pertamina Optimistis Seluruh Impor BBM Turun 2019

Depot BMM Pertamina Jalan Kuin Selatan Banjarmasin.(foto: wikimapia.org)

apahabar.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati optimistis pada 2019 porsi keseluruhan impor bahan bakar minyak (BBM) bisa turun secara drastis.

“Tahun depan seluruh impor bisa kami turunkan,” kata Nicke Widyawati di Jakarta, Rabu (28/11), usai membuka acara Pertamina Energy Forum 2018.

Nicke juga menjelaskan berbagai upaya yang sudah dilakukan Pertamina untuk menurunkan angka impor di sektor minyak dan gas bumi.

Pertama, dengan memaksimalkan program B20 atau campuran 20 persen penggunaan biodiesel maka konsumsi penggunaan solar juga akan berkurang sebab sudah dicampur dengan “green fuel”.

Kemudian, konversi kilang yang sudah eksisting untuk menghasilkan “green fuel”, kilang tersebut adalah Kilang Plaju dan Balongan. Selanjutnya, dari konsumen elpiji yang terus meningkat, Pertamina berinisiatif menggunakan coal gas atau gasifikasi dari batu bara yang mampu menekan impor elpiji hingga 70 persen.

Baca juga : Rupiah Kian Lemah, Dolar AS Tembus Rp 14.500

Coal gas dapat menghasilkan DME (dimetil eter) yang mampu mengurangi penggunaan konsumsi elpiji. Sebelumnya, terkait B20, PT Pertamina (Persero) siap menyalurkan bahan bakar biodiesel 20 persen (B20) kepada pengguna akhir melalui 112 terminal bahan bakar minyak (TBBM).

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan kesiapan tersebut sebagai bentuk implementasi kebijakan mandatory B20 yang diimplementasikan mulai 1 September.

“Untuk mendorong peningkatan jumlah pengguna bahan bakar biodiesel yang ramah lingkungan ini, kami sudah siap dan seluruh fasilitas Pertamina sudah siap 100 persen untuk mencampur dan menyalurkan biodiesel sebagai implementasi kebijakan mandatori B20,” kata Nicke.

Nicke menjelaskan dari 60 Terminal BBM yang telah menyalurkan B20, Pertamina mencatat sejumlah TBBM dengan penyaluran tertinggi seperti TBBM Jakarta Group, TBBM Kotabaru Group, TBBM Surabaya dan TBBM Balikpapan.

Baca juga : Empat Jawara Dunia Games Campus League Banjarmasin

Sumber: Antara

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Mengenang Abah Guru Sekumpul (8), Pernah Dikeroyok di Usia Sekolah
Banjir Bandang

Tak Berkategori

3 Jasad Korban Banjir Bandang di India Ditemukan
Cinepolis

Tak Berkategori

Bioskop Cinepolis Banjarbaru Beroperasi Ditengah Memuncaknya Covid-19, Amankah?
apahabar.com

Tak Berkategori

Jabatan Wabup Kosong, Ormas Desak Chairansyah Putuskan Dua Nama
apahabar.com

Tak Berkategori

Panasonic Luncurkan Lemari Es yang Cocok Saat Ramadhan

Tak Berkategori

Jadwal MotoGP Portugal 2020, Joan Mir Kalahkan Capaian Rossi dan Marquez! Live Streaming Trans7
apahabar.com

Tak Berkategori

Pernyataan Maruarar Terbukti, Pemerintah tak Naikan Harga BBM dan TDL
KPI

Nasional

Pelaku Perundungan dan Pelecehan Seksual di KPI Dibebastugaskan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com