Sasar Mahasiswi Tanah Bumbu, Gembong Jambret Banjarmasin Bertekuk Lutut Banjarmasin Timur Tegang, Remaja Bersajam Kejar-kejaran di Kafe Arwana 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Sungai Hantakan Meluap, 12 Pondok di Pulau Mas HST Larut Terbawa Arus Libur Panjang di Marabahan, Kelotok Susur Sungai Barito Dibikin Kewalahan

Pertamina Siapkan Eksplorasi Area Baru, Salah Satunya di Kalimantan

- Apahabar.com Jumat, 30 November 2018 - 13:00 WIB

Pertamina Siapkan Eksplorasi Area Baru, Salah Satunya di Kalimantan

Aktivitas di Sumur Parang-1 yang dioperasikan oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) Nunukan Company, berada sekitar enam kilometer dari Pulau Bunyu, Kalimantan Utara. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) tengah melakukan studi bersama dengan Kementerian ESDM untuk eksplorasi enam fokus area baru di kawasan Indonesia.

Ke-6 area tersebut tersebar di Lepas pantai Aceh, East Natuna, serta tiga lokasi lain berada di wilayah Indonesia Timur dari Kalimantan sampai Papua.

Kita akan lakukan joint study untuk enam fokus area yang tersebar di seluruh Indonesia. Dana yang dibutuhkan untuk joint study dan survei seismik selama 5 tahun ke depan sudah disiapkan, ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H. Syamsu di Jakarta, Kamis (29/11) usai diskusi Pertamina Energy Forum 2018.

Saat ini Pertamina tengah menyiapkan implementasi atas program Kementerian ESDM untuk Indonesia Gas Balance Program tahun 2018 hingga 2027 dengan tiga skenario, pertama mengevaluasi kontrak jual beli gas yang ada.

Selain itu, Pertamina juga memperhatikan permintaan gas untuk kebutuhan listrik yang diperkirakan akan tumbuh 5,5 persen atau kombinasi dari keduanya karena tingginya permintaan industri.

Ditambahkannya, pada 2027 akan terjadi ekuilibrium antara ketersediaan dan permintaan gas di Indonesia. Melalui studi tersebut diharapkan target tersebut bisa dicapai.

Pertamina Energy Forum 2018 dengan lima agenda utama resmi ditutup oleh Direktur Keuangan Pertamina Pahala N. Mansury.

Dalam sambutannya dia mengatakan, semangat peserta PEF 2018 yang berasal dari kalangan akademis, pemerintah, perwakilan negara sahabat, praktisi migas maupun industri non migas, telah memberikan motivasi bagi Pertamina untuk terus berkontribusi dalam penyedia energi bagi Indonesia.

‘Kami merasa tak sendiri, karena kehadiran dan kepedulian seluruh elemen bangsa, akan menjadi faktor penentu bagi keberlangsungan bisnis Pertamina, sehingga kami mampu terus berkarya di masa-masa mendatang,” katanya.

Sebagaimana tujuan pelaksanaan PEF 2018, Pertamina ingin mengajak seluruh pihak untuk bertukar pikiran dan mengeksplorasi sumber-sumber energi yang tersedia di Indonesia.

Tak hanya itu, Pertamina juga ingin memaksimalkannya untuk memenuhi kebutuhan energi yang terus meningkat. Nantinya, seluruh upaya ini bertujuan untuk mencapai ketahanan dan kemandirian energi dalam negeri.

Gagasan dalam gelaran PEF 2018 ini menjadi perhatian khusus bagi Pertamina. Salah satunya adalah aspek teknologi, kebijakan maupun model-model bisnis yang baru. Topik tentang Green Refinery dan optimasi sumber-sumber nabati juga tengah dijajaki sebagai salah satu solusi untuk mengurangi kebutuhan impor BBM.

sumber : Antara
editor : Milhan Rusli

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pesawat TNI AU yang Bawa 238 WNI dari Natuna Tiba di Lanud Halim
apahabar.com

Nasional

Teror Bom Medan: Polisi Temukan Peluru Kaliber 22
apahabar.com

Nasional

Negatif Narkoba, Sopir Truck Kecelakaan Maut Cipularang Masih Shock
apahabar.com

Nasional

MA Berencana Permanenkan Sidang Perkara Pidana Daring
apahabar.com

Nasional

Begini Khobz Diproduksi dan Diantar ke Pengungsi Suriah
apahabar.com

Nasional

Asik Mancing, Seorang Remaja Tewas Diterkam Buaya
apahabar.com

Nasional

Efek Corona: Giliran Yamaha-Honda Setop Produksi di Indonesia
apahabar.com

Nasional

Kelanjutan RKUHP dan RUU Pas, Yasona Tunggu Instruksi Jokowi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com