Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Polbangtan Banjarbaru Raih Penghargaan PWMP Kementan

and - Apahabar.com     Jumat, 16 November 2018 - 15:32 WITA
and - Apahabar.com     Jumat, 16 November 2018 - 15:32 WITA

Polbangtan Banjarbaru Raih Penghargaan PWMP Kementan

MENTERI Pertanian Andi Amran Sulaiman meninjau persawahan di lahan rawa Desa Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala. (Foto Kementan)

apahabar.com, BOGOR-Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan penganugerahan kepada lima perguruan tinggi terbaik, sebagai apresiasi atas keberhasilan mahasiswa dan alumninya menjalankan program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP).

Lima perguruan tinggi yang menerima anugerah PWMP 2018 itu adalah Institut Pertanian Bogor, Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung, Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Brawijaya. Selain perguruan tinggi, Anugerah PWMP juga diberikan kepada lima Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), yakni Polbangtan Malang, Polbangtan Banjarbaru, Polbangtan Gowa, Polbangtan Magelang-Yogyakarta, dan Polbangtan Yogyakarta.

“Penganugerahan PWMP ini untuk mengapresiasi mereka yang berhasil mengembangkan usaha pertanian melalui program PWMP, yang diharapkan jadi motivasi bagi kelompok penerima PWMP lainnya,” kata Nurwahidah, Kepala Subbidang Peserta Didik, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, di Bogor, kemarin.

Penganugerahan PWMP diberikan sebagai motivasi terhadap hasil karya dan inovasi peserta program penumbuhan wirausahawan muda pertanian agar dapat mandiri, profesional, dan berdaya saing. Sedikitnya ada 10 kriteria yang dinilai oleh tim penliai dari Pusat Pendidikan Pertanian, dan perguruan tinggi mitra yakni aset usahanya stabil, jaringan kerja, pemasaran, dan penambahan modal.

“Kelima perguruan tinggi penerima program PWMP ini mampu menampilkan itu, mereka menjadi model PWMP terbaik di antara penerima lainnya,” kata Nurwahidah, yang dilansir republika.co.id.

Ia menjelaskan, program PWMP yang dilaksanakan Kementerian Pertanian telah dimulai sejak 2016 lalu. Program ini bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan regenerasi petani, mendorong mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi menjadi wirausahan muda pertanian.

Tahap pertama PWMP adalah penumbuhan minat dan penyadaran tentang usaha pertanian. Tahun pertama ini melibatkan delapan perguruan tinggi mitra, enam Polbangtan, dan tiga SMK Penyuluh Pertanian.

Untuk perguruan tinggi skema bantuan diberikan berupa modal usaha, sedangkan untuk Polbangtan dan SMK Penyuluh Pertanian berupa beasiswa. “Untuk perguruan tinggi sasarannya adalah alumni, modal diberikan berkisar antara Rp30 juta sampai Rp35 juta. Sedangkan beasiswa sebesar Rp15 juta per kelompok,” kata Wahida.

Memasuki tahun ketiga program PWMP bagi penerima tahun 2016 sudah memasuki tahap kemandirian. Tercatat ada 500 kelompok PWMP yang terbentuk di delapan perguruan tinggi mitra, enam Polbangntan dan tiga SMKPP.

Program PWMP terus berjalan hingga 2018 ini, setiap tahun ditargetkan ada 500 kelompok PWMP yang terbentuk di tiap-tiap perguruan tinggi mitra, dan Polbantan maupun SMKPP.

“Untuk mengukur tingkat keberhasilan dan kemandirian mereka menjalankan program PWMP ini makanya kita berikan anugera PWMP ini agar memotivasi mereka berkembang lagi besar lagi, dan memotivasi kelompok PWMP lainnya untuk memajukan usahanya,” kata Nurwahidah.

Sumber: Republika.co.id
Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Berkah Anak-anak Pengupas Udang di Pesisir Sungai Simpang Jelai
Captain America 4

Tak Berkategori

Marvel Studios Bakal Garap Captain America 4? Anthony Mackie Angkat Bicara

Tak Berkategori

Hindari Lubang Jalan, Ayah-Anak di Muara Kintap Tewas Terlindas Truk
Delta Kalsel

Tak Berkategori

Perkuat Imun! Belasan Kasus Delta Terdeteksi di Banjarmasin-Banjarbaru
apahabar.com

Tak Berkategori

Meroket di Ramadan, Harga Cabai di Banjarmasin Berangsur Turun

Tak Berkategori

Jangan Lupa Esok Puasa Arafah, Ini Niat dan Keutamaannya

Tak Berkategori

Pascabanjir HSS, Sejumlah Fasilitas Umum Rusak
apahabar.com

Tak Berkategori

Cuaca Panas Tak Menghambat Corona, Ahli: Pakai Masker dan Jaga Jarak Solusinya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com