Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap

Targetkan Seluruh Desa Terkoneksi Wifi Gratis

- Apahabar.com     Kamis, 29 November 2018 - 15:20 WITA

Targetkan Seluruh Desa Terkoneksi Wifi Gratis

Ilustrasi internet gratis. Foto–net/google

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Daerah Istimewa (DIY) Yogyakarta menargetkan seluruh desa dan kelurahan di lima kabupaten/kota setempat terkoneksi jaringan wifi. Itu menjadi layanan untuk publik pada 2019, dari pemerintah setempat .

“Jumlah desa di DIY ada 400-an, 2019 nanti kita targetkan sudah semuanya terhubung,” kata Asisten Sekda Bidang Keistimewaan, Setda DIY Didik Purwadi di Yogyakarta, Kamis.

Didik mengatakan, 2018 Pemda DIY juga memulai memprogramkan koneksi wifi secara gratis khusus untuk desa-desa budaya dan kawasan Malioboro.

Menurut dia, program pemasangan wifi di seluruh desa di DIY akan menggunakan anggaran dana keistimewaan (danais). Penggunaan danais untuk program itu, menurut dia, cukup relewan karena selain membuat masyarakat melek IT. Diharapkan bermanfaat sebagai sarana penguatan nilai-nilai kebudayaan masyarakat desa.

“Kita (Pemda DIY) kan sudah punya Jogja Istimewa Televisi (JITV) yang saat ini masih melalui streaming. Nah targetnya dengan adanya sambungan wifi semua bisa nonton sehingga televisi budaya ini bisa sampai ke masyarakat,” kata dia.

Selain itu, kata Didik, program koneksi wifi gratis sebagai upaya untuk membuat masyarakat melek teknologi dan mempercepat pembangunan di level perdesaan. Upaya itu juga bertujuan untuk membangun kesiapan masyarakat menghadapi era revolusi industri 4.0.

“Sehingga bagaimana pun kita ingin IT bisa menjadi kebutuhan masyarakat,” kata dia.

Guna meningkatkan inovasi kalangan milenial dengan memanfaatkan IT. Menurut dia, Pemda DIY telah memfasilitasi co working space yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat. Di ruangan itu generasi muda bisa membuat karya-karya kreatif digital yang didukung peralatan yang memadai.

Menurut dia, untuk membangun kesiapan masyarakat menghadapi era revolusi industri 4.0 Pemda DIY juga menggandeng kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di DIY.

“Dunia kampus juga sangat berperan apalagi berbagai keputusan yang diambil harus berbasis riset,” kata dia.

Sumber : Antara
Editor : Nasrullah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Vaksin Covid-19

Nasional

Vaksin Covid-19 Sinovac Baru Mendarat di Indonesia
Covid-19

Nasional

Covid-19 Mengganas, Eks Ketua IDI: Kalau Mau Tarik Rem Darurat, Sekarang Saatnya
JK

Nasional

Soroti Kepemimpinan Taliban, JK: Mereka Harus Berubah
apahabar.com

Nasional

Kasasinya Ditolak MA, Buni Yani Tetap Dihukum 1 Tahun 6 Bulan Penjara
apahabar.com

Nasional

WNA Mulai Dilarang Masuk ke Indonesia, Simak Ketentuannya
apahabar.com

Nasional

Kasus Corona di Qatar Bertambah Jadi 12 Orang
erupsi

Nasional

Gunung Sinabung Erupsi, PVMBG Keluarkan Peringatan Dini Jalur Penerbangan
Syekh Ali Jaber

Nasional

Sebelum Meninggal, Syekh Ali Jaber Ingin Dimakamkan di Lombok
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com