BREAKING! Hari Pertama Lebaran, Sejumlah Desa di Haruyan HST Terendam Banjir Lebaran, Si Jago Merah Hanguskan Sejumlah Rumah di Lambung Mangkurat Samarinda Lebaran Pertama, Rumah hingga Jalan Provinsi di Satui Tanah Bumbu Terendam Idulfitri 1442 Hijriah, Ratusan Napi di Barabai Diganjar Remisi Salat Id, Jemaah Masjid Agung Al-Falah Tanbu Doakan Covid-19 Cepat Lenyap

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah

- Apahabar.com Kamis, 29 November 2018 - 11:33 WIB

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah

SAMPAH – Pemeritah Ternate tambah armada pengangkut sampah untuk lingkungan bebas sampah. Foto : Malut Post

apahabar.com, TERNATE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan fasilitas armada pengangkut sampah untuk melakukan penataan kota yang ramah lingkutan dan bebas sampah.

“Kami terus menyiapkan fasilitas berbagai armada pengangkut sampah, sehingga dalam anggaran yang diberikan pada APBD Perubahan 2019 sebesar Rp18 miliar lebih bisa dimaksimalkan untuk merealisasikan program tersebut,” kata Kepala DLH, Mansur Abdurahman di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, untuk 2019 melalui DLH bakal dilakukan pengadaan terhadap sejumlah kebutuhan armada angkutan sampah, diantaranya dump tuck atau truk jungkit dua unit, dua unit mobil pikap dan kendaraan Kaisar lima unit.

“Sebenarnya kami sudah usulkan tahun 2018 ini, namun ketersediaan anggarannya terbatas, sehingga hanya bisa diakomodir pada 2019,” kata Mansur.

Sedangkan ketetapan pagu yang diberikan sebesar Rp17 miliar lebih, kemudian ada tambahan Rp1 miliar untuk prioritas sampah sehingga total anggaran 2019 yang diberikan DLH sebesar Rp18 miliar lebih.

Dia mengatakan, sementara untuk armada Kaisar pada tahun 2018 diserahkan ke Kelurahan yang ada di Ternate sebanyak 14 unit agar bisa membatu masyarakat di setiap kelurahan supaya tidak ada lagi sampah menumpuk di Kota Ternate, namun 2019 hanya berkisar lima unit pengadaan Kaisar.

Saat ditanya terkait dengan pengerahan kaisar di kelurahan yang tidak digunakan dengan baik, Mansur mengaku, jika kelurahan yang sudah diberikan kemudian tidak dipergunakan dengan baik maka pihaknya akan melakukan jalur koordinasi dengan pihak kecamatan agar bisa ditertibkan sebaik mungkin.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat di setiap kelurahan, harus dijaga ketertiban bersama agar bisa menyelesaikan sampah yang ada di Kota Ternate, sebab hanya dibutuhkan pemerintah yang menjaga kebersihan itu, berarti sangat sulit untuk dijaga kebersihannya.

 

Sumber : Antara
Editor : Nasrullah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PLN

Nasional

PLN Usulkan Rp 4,66 Triliun untuk Stimulus Listrik Tahun Ini
apahabar.com

Nasional

Jaksa Ungkap di Balik Berdirinya Sunda Empire
Pria

Nasional

Nekat, Pria Ini Berenang Pakai Galon dari Balikpapan ke Malang
apahabar.com

Nasional

Viral Video Detik-detik Puan Maharani Diduga Matikan Mic Irwan Fecho di Paripurna Pengesahan RUU Cipta Kerja
apahabar.com

Nasional

Basarnas: Penumpang KM Santika Nusantara Melebihi Manifes
Gempa Tektonik

Nasional

Selama Desember, Gempa Tektonik Terjadi 134 Kali di Wilayah Sulsel
apahabar.com

Nasional

Diduga Sopir Mabuk, Mobil BMW Tabrak Apotek
apahabar.com

Nasional

Golkar Akan Berikan Penghargaan kepada Jusuf Kalla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com