Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km Kanada Bakal Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max Peduli Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan ke Tanah Laut

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah

- Apahabar.com Kamis, 29 November 2018 - 11:33 WIB

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah

SAMPAH – Pemeritah Ternate tambah armada pengangkut sampah untuk lingkungan bebas sampah. Foto : Malut Post

apahabar.com, TERNATE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan fasilitas armada pengangkut sampah untuk melakukan penataan kota yang ramah lingkutan dan bebas sampah.

“Kami terus menyiapkan fasilitas berbagai armada pengangkut sampah, sehingga dalam anggaran yang diberikan pada APBD Perubahan 2019 sebesar Rp18 miliar lebih bisa dimaksimalkan untuk merealisasikan program tersebut,” kata Kepala DLH, Mansur Abdurahman di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, untuk 2019 melalui DLH bakal dilakukan pengadaan terhadap sejumlah kebutuhan armada angkutan sampah, diantaranya dump tuck atau truk jungkit dua unit, dua unit mobil pikap dan kendaraan Kaisar lima unit.

“Sebenarnya kami sudah usulkan tahun 2018 ini, namun ketersediaan anggarannya terbatas, sehingga hanya bisa diakomodir pada 2019,” kata Mansur.

Sedangkan ketetapan pagu yang diberikan sebesar Rp17 miliar lebih, kemudian ada tambahan Rp1 miliar untuk prioritas sampah sehingga total anggaran 2019 yang diberikan DLH sebesar Rp18 miliar lebih.

Dia mengatakan, sementara untuk armada Kaisar pada tahun 2018 diserahkan ke Kelurahan yang ada di Ternate sebanyak 14 unit agar bisa membatu masyarakat di setiap kelurahan supaya tidak ada lagi sampah menumpuk di Kota Ternate, namun 2019 hanya berkisar lima unit pengadaan Kaisar.

Saat ditanya terkait dengan pengerahan kaisar di kelurahan yang tidak digunakan dengan baik, Mansur mengaku, jika kelurahan yang sudah diberikan kemudian tidak dipergunakan dengan baik maka pihaknya akan melakukan jalur koordinasi dengan pihak kecamatan agar bisa ditertibkan sebaik mungkin.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat di setiap kelurahan, harus dijaga ketertiban bersama agar bisa menyelesaikan sampah yang ada di Kota Ternate, sebab hanya dibutuhkan pemerintah yang menjaga kebersihan itu, berarti sangat sulit untuk dijaga kebersihannya.

 

Sumber : Antara
Editor : Nasrullah

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Peserta Positif Covid-19 Bisa Ikuti SKB CPNS, Berikut Penjelasan BKN
apahabar.com

Nasional

Bebas, Abu Bakar Ba’asyir Langsung ke Ngruki
apahabar.com

Nasional

BMKG: Winangun-Manado Terekam 9 Kali Gempa
apahabar.com

Nasional

Skenario New Normal di Jakarta, Jabar, Sumbar dan Gorontalo
apahabar.com

Nasional

Lindungi Sektor Pariwisata, Pemerintah Kaji Stimulus Tambahan
apahabar.com

Nasional

Sri Mulyani Masuk Daftar Wanita Berpengaruh Dunia
apahabar.com

Nasional

KPU: 54 Petugas KPPS Meninggal dan 32 Orang Sakit Pasca Pemilu
KNKT

Nasional

KNKT: Perlu 2 sampai 5 Hari Baca Data Blackbox Sriwijaya Air SJ182
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com