VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah

- Apahabar.com Kamis, 29 November 2018 - 11:33 WIB

Tata Lingkungan, Siapkan Penambahan Armada Pengangkut Sampah

SAMPAH – Pemeritah Ternate tambah armada pengangkut sampah untuk lingkungan bebas sampah. Foto : Malut Post

apahabar.com, TERNATE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ternate, Maluku Utara (Malut) akan menyiapkan fasilitas armada pengangkut sampah untuk melakukan penataan kota yang ramah lingkutan dan bebas sampah.

“Kami terus menyiapkan fasilitas berbagai armada pengangkut sampah, sehingga dalam anggaran yang diberikan pada APBD Perubahan 2019 sebesar Rp18 miliar lebih bisa dimaksimalkan untuk merealisasikan program tersebut,” kata Kepala DLH, Mansur Abdurahman di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, untuk 2019 melalui DLH bakal dilakukan pengadaan terhadap sejumlah kebutuhan armada angkutan sampah, diantaranya dump tuck atau truk jungkit dua unit, dua unit mobil pikap dan kendaraan Kaisar lima unit.

“Sebenarnya kami sudah usulkan tahun 2018 ini, namun ketersediaan anggarannya terbatas, sehingga hanya bisa diakomodir pada 2019,” kata Mansur.

Sedangkan ketetapan pagu yang diberikan sebesar Rp17 miliar lebih, kemudian ada tambahan Rp1 miliar untuk prioritas sampah sehingga total anggaran 2019 yang diberikan DLH sebesar Rp18 miliar lebih.

Dia mengatakan, sementara untuk armada Kaisar pada tahun 2018 diserahkan ke Kelurahan yang ada di Ternate sebanyak 14 unit agar bisa membatu masyarakat di setiap kelurahan supaya tidak ada lagi sampah menumpuk di Kota Ternate, namun 2019 hanya berkisar lima unit pengadaan Kaisar.

Saat ditanya terkait dengan pengerahan kaisar di kelurahan yang tidak digunakan dengan baik, Mansur mengaku, jika kelurahan yang sudah diberikan kemudian tidak dipergunakan dengan baik maka pihaknya akan melakukan jalur koordinasi dengan pihak kecamatan agar bisa ditertibkan sebaik mungkin.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat di setiap kelurahan, harus dijaga ketertiban bersama agar bisa menyelesaikan sampah yang ada di Kota Ternate, sebab hanya dibutuhkan pemerintah yang menjaga kebersihan itu, berarti sangat sulit untuk dijaga kebersihannya.

 

Sumber : Antara
Editor : Nasrullah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden: Kebijakan Fiskal 2021 untuk Perkuat Daya Tahan Ekonomi Nasional
apahabar.com

Nasional

Polri Angkat Bicara Soal Viral Pria Ditilang di Puncak
apahabar.com

Nasional

Reaksi Ratu Dangdut Elvy Sukaesih Setelah Menantunya Ditangkap
apahabar.com

Nasional

ABK di Kotabaru Terindikasi Corona, Cuncung: RSUD Ulin Banjarmasin Harus Siap
apahabar.com

Nasional

New Normal, Pemerintah Pusat Evaluasi Rencana Pembukaan Mal
apahabar.com

Nasional

Unjuk Rasa di Papua, Kota Jayapura Lumpuh dan Mencekam
apahabar.com

Nasional

Diplomat RI: Vanuatu Berkepentingan Dukung Separatis Papua
apahabar.com

Nasional

Soal Pemindahan Ibu Kota, Gubernur Kaltim: Jangan Ada Kepentingan Politik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com