Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Trump Tinjau Kebakaran California: Manajemen Hutan yang Buruk

- Apahabar.com     Minggu, 18 November 2018 - 20:46 WITA

Trump Tinjau Kebakaran California: Manajemen Hutan yang Buruk

Kebakaran terdahsyat hutan Amerika melanda hutan di California Foto: Liputan6.com

apahabar.com, CALIFORNIA– Kebakaran terdahsyat dalam sejarah negara bagian di Amerika melanda hutan di California. Korban yang terus bertambah membuat Presiden Donald Trump turun meninjau langsung. Trump juga memuji kerja keras tim pemadam kebakaran dan layanan tanggap darurat.

“Sangat sedih melihat ini semua. Saat ini, yang terpenting adalah merawat mereka yang terluka akibat bencana ini,” kata Trump dilansir oleh BBC Indonesia .

Dari informasi yang dihimpun oleh BBC, Kebakaran hutan itu telah menelan setidaknya 71 korban jiwa. Sementara itu, lebih dari 1,000 orang dilaporkan hilang dan petugas menyebut jumlah itu bisa bertambah.

Saat berkunjung ke kota Paradise, Trump menyebut dia “sangat sedih” dan mengulangi kembali ucapannya yang menekankan ‘manajemen hutan yang buruk’ sebagai penyebab kebakaran besar tersebut.

“Kita harus memperbaiki manajemen pemeliharaan hutan dan kami akan akan bekerja sama dengan kelompok pemerhati lingkungan,” katanya. “Saya pikir, dengan demikian, kebakaran separah ini tidak akan kembali terjadi.”

Di sisi lain, pakar lingkungan menyebut cuaca, perubahan iklim dan peningkatan populasi merupakan faktor utama yang menyebabkan kebakaran.Petugas masih terus berusaha memadamkan titik api di beberapa lokasi, termasuk Camp Fire, yang merupakan titik api terbesar, selain di Woolsey Fire di dekat Los Angeles yang telah menewaskan setidaknya tiga orang.

Selain itu, masalah gangguan kesehatan pun mulai mencuat. Warga mengeluhkan wabah norovirus di pengungsian, selain buruknya kualitas udara dan kabut asap yang memicu masalah pernapasan.

Problem lainnya, prediksi hujan deras yang akan segera datang, memang bisa membantu memadamkan api, namun juga bisa menyebabkan banjir lumpur dan longsor di lereng yang sudah kehilangan vegetasi akibat kebakaran.

Bagaimana sambutan terhadap Trump? Presiden Trump disambut oleh Gubernur California Jerry Brown dan penggantinya, Gavin Newsom. Keduanya merupakan politisi Partai Demokrat dan kerap berargumentasi dengan Trump.

Namun dalam cuitannya di Twitter, Gubernur Brown menyambut hangat kehadiran Trump.”Ini adalah momen kita semua bersatu untuk membantu warga California,” cuit Brown.

Hingga Jumat (16/11) waktu setempat jumlah korban tewas meningkat hingga 71 orang. Korban terbanyak berasal dari Paradise yang luluh lantak akibat kebakaran.

Tim forensik militer dan anjing pelacak terus mencari korban di antara puing-puing kebakaran. Adapun kebakaran kini sudah memasuki hari ke-delapan.

 

Sumber: BBC Indonesia

EEditor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

BMKG: Kalsel, Waspada Potensi Hujan dan Angin Kencang Hari Ini!

Tak Berkategori

Selama Libur Lebaran, Banjar Tutup Semua Tempat Wisata
Kodam VI Mulawarman

Tak Berkategori

Gelar Serbuan Vaksinasi, Kodam VI Mulawarman Siapkan 1.350 Dosis Untuk Warga Balikpapan
apahabar.com

Tak Berkategori

150 M untuk Menampung 275 Ton Sampah Per Hari
Masyarakat Kurang Mampu

Tak Berkategori

Bupati HSS Serahkan Bantuan Rumah Swadaya Masyarakat Kurang Mampu
apahabar.com

Tak Berkategori

Kaltim Raih Dua Anugerah BI Corner Award
apahabar.com

Tak Berkategori

Cerita Pilu Pejuang Demokrasi : Tumbang di Rumah Sakit, Biaya Jutaan Hingga Ditolak BPJS
apahabar.com

Tak Berkategori

Bawa Sabu 50,18 Gram, Warga Kabupaten Banjar Ditangkap di Banjarmasin Utara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com