Update Covid-19 Tanbu: Sembuh 1 Orang, Positif Nihil 6 Preman Kampung Pemeras Warga di Jalan Nasional Kalsel-Kaltim Disikat Polisi Pasangannya Meninggal, Rahmad Masud: Saya Masih Nggak Nyangka, Ini Seperti Mimpi Wawali Terpilih Meninggal, Begini Penjelasan RSP Balikpapan Respons Pemprov, Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Kalsel

  Tuan Guru Bajang, Karisma Ulamanya Tak Luntur Karena Politik

and - Apahabar.com Rabu, 21 November 2018 - 12:20 WIB
and - Apahabar.com Rabu, 21 November 2018 - 12:20 WIB

   Tuan Guru Bajang, Karisma Ulamanya Tak Luntur Karena Politik

Sumber: Islami.co

apahabar.com, BANJARMASIN – Nama Dr H Muhammad Zainul Majdi MA atau yang lebih dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB) beberapa tahun ini menjadi sorotan. Kiprahnya di dunia politik (Gubernur Nusa Tenggara Barat selama dua periode) tak membuat karismanya sebagai ulama memudar. Siapa sebenarnya dia?

Muhammad Zainul Majdi adalah cucu dari ulama besar Nusa Tenggara Barat, TG Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau dikenal dengan Tuan Guru Pancor, yang merupakan pendiri organisasi Islam terbesar di NTB, Nahdlatul Wathan (NW) dan pendiri Pesantren Darun Nahdlatain.

Namun, nama TGB tidak hanya besar lantaran dia memiliki kakek seorang ulama terpandang di NTB. Melainkan, dia merupakan ulama yang kenyang dengan ilmu agama. Selepas di tingkat SLTA, dia menghafal Alqur’an di Ma’had Darul Qur’an wal Hadits Nahdlatul Wathan Pancor. Baru kemudian berangkat ke Kairo, masuk di Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an di Universitas Al-Azhar. Di sana, TGB berhasil lulus dengan gelar Lc (1996). Master of Art (M.A.) dengan predikat Jayyid Jiddan, dan S3 (gelar doktor) dengan predikat Martabah EL-Syaraf El Ula Ma`a Haqqutba atau Summa Cumlaude (predikat sempurna, red).

Dalam ranah politik, TGB pernah bertugas sebagai anggota DPR RI masa jabatan 2004-2009 dari Partai Bulan Bintang (PBB). TGB duduk di Komisi X DPR RI yang membidangi masalah pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian dan kebudayaan.

Dari sana kiprahnya melejit, setelah terpilih menjadi Gubernur NTB selama dua periode, yakni masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018. Di periode pertama, TGB didampingi oleh Wakil Gubernur, Badrul Munir dan pada periode kedua didampingi oleh Wakil Gubernur, Muhammad Amin.

 

Sumber: asumsi.co

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pengurus Mabiran dan Kwarran Pramuka Telaga Langsat Dilantik

Kalsel

VIDEO: Intip Kemeriahan Konser Pasha Ungu di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Tri Ibadah, Tawarkan Kemudahan Komunikasi pada Calon Haji Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Berantas Karhutla, Wakapolri Minta Aplikasi Bekantan Dimaksimalkan

Kalsel

Laporan Dugaan 107 Pelanggaran Pemilu BirinMu, Bawaslu Kalsel Verifikasi Alat Bukti!
Musim Penghujan, TNI AL dan Basarnas Kotabaru Latihan Penanggulangan Bencana

Kalsel

Musim Penghujan, TNI AL dan Basarnas Kotabaru Latihan Penanggulangan Bencana  
apahabar.com

Kalsel

Resmi, PDAM Bandarmasih Hapuskan Kebijakan Air 10 Kubik
apahabar.com

Kalsel

Lahan Terbakar, Personel Polda Kalsel Langsung Terjun Padamkan Api
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com