Baru Bebas, Napi di Banjarmasin Tusuk Kekasih Eks Istri Ada Ancaman Baru, Banjarmasin Coret 2 Kluster Penyebar Covid-19 Pasien Covid-19 Kabur, RSDI Banjarbaru Gembok Pintu Lagi, Kluster Gowa Tambah Pasien Covid-19 Kotabaru Waspada, Warga Banjarmasin Diancam Kluster Baru Covid-19




Home Borneo

Rabu, 21 November 2018 - 12:20 WIB

  Tuan Guru Bajang, Karisma Ulamanya Tak Luntur Karena Politik

nazmudin - Apahabar.com

Sumber: Islami.co

Sumber: Islami.co

apahabar.com, BANJARMASIN – Nama Dr H Muhammad Zainul Majdi MA atau yang lebih dikenal dengan Tuan Guru Bajang (TGB) beberapa tahun ini menjadi sorotan. Kiprahnya di dunia politik (Gubernur Nusa Tenggara Barat selama dua periode) tak membuat karismanya sebagai ulama memudar. Siapa sebenarnya dia?

Muhammad Zainul Majdi adalah cucu dari ulama besar Nusa Tenggara Barat, TG Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau dikenal dengan Tuan Guru Pancor, yang merupakan pendiri organisasi Islam terbesar di NTB, Nahdlatul Wathan (NW) dan pendiri Pesantren Darun Nahdlatain.

Namun, nama TGB tidak hanya besar lantaran dia memiliki kakek seorang ulama terpandang di NTB. Melainkan, dia merupakan ulama yang kenyang dengan ilmu agama. Selepas di tingkat SLTA, dia menghafal Alqur’an di Ma’had Darul Qur’an wal Hadits Nahdlatul Wathan Pancor. Baru kemudian berangkat ke Kairo, masuk di Fakultas Ushuluddin Jurusan Tafsir dan Ilmu-Ilmu Al-Qur’an di Universitas Al-Azhar. Di sana, TGB berhasil lulus dengan gelar Lc (1996). Master of Art (M.A.) dengan predikat Jayyid Jiddan, dan S3 (gelar doktor) dengan predikat Martabah EL-Syaraf El Ula Ma`a Haqqutba atau Summa Cumlaude (predikat sempurna, red).

Baca juga :  Kasi Tipidsus: Dua Mantan Kadishub Banjarbaru Silakan Dijenguk

Dalam ranah politik, TGB pernah bertugas sebagai anggota DPR RI masa jabatan 2004-2009 dari Partai Bulan Bintang (PBB). TGB duduk di Komisi X DPR RI yang membidangi masalah pendidikan, pemuda, olahraga, pariwisata, kesenian dan kebudayaan.

Baca juga :  Dua 'Pak Ogah' Melawan Saat Hendak Diamankan Petugas

Dari sana kiprahnya melejit, setelah terpilih menjadi Gubernur NTB selama dua periode, yakni masa jabatan 2008-2013 dan 2013-2018. Di periode pertama, TGB didampingi oleh Wakil Gubernur, Badrul Munir dan pada periode kedua didampingi oleh Wakil Gubernur, Muhammad Amin.

 

Sumber: asumsi.co

Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

Borneo

Mengintip Perayaan Maulid di Banua, Baayun Tradisi Turun-menurun

Borneo

Kontribusi ke Daerah Minim, Pemkot Banjarmasin Bikin PKS dengan Pelindo
apahabar.com

Borneo

Tertimpa Kontainer, Avanza Ringsek… Begini Kejadiannya

Borneo

Akhir November Aruh Film Kalimantan 2018 Dihelat
apahabar.com

Borneo

Jasad Mr X di Sungai Tabuk, Sekujur Tubuh Ditemukan Bercak Darah
apahabar.com

Borneo

Komnas HAM Minta Usut Tuntas Penyiraman Air Keras Pejabat Kemenkumham Kalsel
apahabar.com

Borneo

Dirjen Gakkum KLHK Ingatkan Korporasi ‘Nakal’

Borneo

Temuan Mayat Tanpa Kepala di Sungai Tabuk, Ini Kata Kapolda Kalsel