Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Ucapan Orang-Orang Shaleh Menjelang Kewafatan Mereka

- Apahabar.com Selasa, 27 November 2018 - 14:35 WIB

Ucapan Orang-Orang Shaleh Menjelang Kewafatan Mereka

Foto - istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Menjelang kewafatan akan kelihatan seperti apa seseorang menghabiskan hidupnya. Baik dari perkataan maupun tingkah lakunya. Berikut perkataan orang shaleh menjelang sakratul maut.

Dipetik dari karya Al Imam Al Ghazali -Dibalik Tabir Kematian-, seorang guru datang menjenguk Mimsyad ad-Dainuri saat menjelang kematiannya. Dia berdoa, “Allah telah bertindak dan berbuat.” Mimsyad tersenyum dan berkata, “Selama tiga puluh tahun surga dan isinya telah ditawarkan kepadaku. Namun meliriknya saja aku tidak.”

Menjelang ajal, Ruwaim dituntun mengucapkan kalimat ‘La ilaha illah’. Tetapi ia malah menjawab, “Aku memang tidak bisa mengucapkan yang selain itu dengan baik.”

Ketika Sufyan ats Tsauri mendekati ajal, ia diminta mengucapkan kalimat ‘La ilaha illallah’. Dan ia malah bertanya, “Apakah tidak ada permintaan yang lain?”

Ketika Ahmad bin Hadhrawaih hendak meninggal, ia ditanya sesuatu oleh puteranya. Seketika ia menangis dan berkata, “Wahai puteraku, pintu yang telah aku ketuk selama sembilan puluh lima tahun sekarang sudah terbuka. Namun aku belum tahu, apakah ia terbuka untuk kebahagiaan atau untuk penderitaan. Jadi, bagaimana mungkin aku masih punya waktu untuk menjawab pertanyaanmu tadi?”

Imam AlGhzazali mengomentari; itulah yang mereka ucapkan! Perbedaan di antara mereka terletak pada berbedanya kondisi dan keadaan mereka masing-masing. Sebagian mereka ada yang lebih dikuasai oleh rasa takut, sebagian oleh harapan, dan sebagian lagi oleh rasa cinta dan rindu. Masing-masing berbicara sesuai dengan keadaannya. Apapun keadaannya, yang mereka ucapkan itu benar.

 

Sumber: Alfachriyah.org

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hikmah

Belajar Wara’ dari Pertemuan Abah Zuki dan Abah Guru Sekumpul
apahabar.com

Hikmah

Cinta pada Islam di Dubai, Simak Kisah Pria Meksiko Jadi Mualaf
apahabar.com

Hikmah

Menelan Ingus Saat Puasa, Batalkah?
apahabar.com

Hikmah

Ketika Pahala Zikir Setimpal dengan Haji, Umrah, dan Jihad
apahabar.com

Hikmah

Berikut Amalan Sederhana Agar Bisa Ikhlas Lapang Dada Hadapi Cobaan
apahabar.com

Hikmah

Mimpi Rasulullah dan Kehebatan Angkatan Laut Muslim
apahabar.com

Hikmah

Ini Alasan Kenapa Sayidina Umar bin Khattab Bisa Tidur Nyenyak di Atas Kerikil
Manfaat Bersyukur dalam Islam, Ini Ayat Alquran dan Haditsnya

Hikmah

Manfaat Bersyukur dalam Islam, Ini Ayat Alquran dan Haditsnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com