Sidang Pembuktian AnandaMu, Koordinator Banjarmasin-Baiman 2 Beri Kesaksian Kecelakaan Tunggal di Tol Mantewe Tanbu, Dua Orang Tewas Buntut Pembongkaran, Satgas Normalisasi Sungai Banjarmasin Kena Gugat Beredar Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta, Kordiv Bawaslu Terkejut Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru!

Usaha Kreatif Sablon Kaos Jadi Potensi Bisnis, Rifani Kebanjiran Pelanggan

and - Apahabar.com Rabu, 14 November 2018 - 15:25 WIB
and - Apahabar.com Rabu, 14 November 2018 - 15:25 WIB

Usaha Kreatif Sablon Kaos Jadi Potensi Bisnis, Rifani Kebanjiran Pelanggan

Salah satu karyawan unit usaha Level Sablon Kaos milik Muhammad Rifani. Apahabar.com/Baha

apahabar.com, BANJARMASIN– Industri kreatif dirasa menjadi potensi bisnis paling menjanjikan untuk digarap pelaku usaha di Kalimantan Selatan, terutama kaum muda pada saat ini.

Muhammad Rifani misalnya, yang sehari-sehari berprofesi sebagai jurnalis. Sudah dua tahun lama, bisnis jasa sablon manual ia lakoni. Kreatifitas, ujarnya, menjadi penentu menjaga keberlangsungan usaha bidang industri rumahan ini.

Pria kelahiran Hulu Sungai Selatan (HSS) ini, mengusung brand Level Sablon Kaos dengan membuka gerai usaha di Komplek Grand Diamond Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru.

Selain menjual produk baju kaos hasil kreatifitasnya, Rifani juga menerima pemesanan sablon sekaligus desain motif pada baju sesuai keinginan dan permintaan para pelanggannya.

“Kalau produk kita jual kaos lengan pendek Rp70 ribu dan kaos lengan panjang Rp75 ribu,” jelas Rifani.

Alumni Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini menerangkan, pesanan bergantung ukuran sablon dan kerumitan desain. Pesanan yang datang, umumnya dipatok mulai Rp 90 ribu sampai Rp110 ribu tiap baju, yang datang dari kelompok komunitas atau para penyelenggara even.

Sejauh ini ia telah mempekerjakan tiga orang karyawan yang sanggup menyelesaikan pekerjaan sablon baju mencapai 100 potong/hari.

“Pesanan kalau lagi banyak bisa sampai seribu potong. Itu bisa kami kerjakan dengan tempo kurang dari sebulan,” ujarnya.

Pemuda ini mengaku jika sedang kebanjiran pesanan, usahanya itu bisa meraup omset mencapai Rp10 juta bersih dalam sebulan.

“Kadang sepi juga. Kalau lagi sepi itu omzet kita rata-rata 4 juta/bulan. Itu pendatapan bersih, karena kita untuk baju kaosnya masih pesan dari Bandung,” sebutnya.

Ia juga menambahkan, keberadaan unit usahanya itu bisa juga dicari melewati Instagram Level Sablon Kaos, dan kontak personnya.

Reporter: Bahaudin Qusairi

Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Ekbis

Pekan Perdagangan Terakhir 2020, IHSG Diprediksi Bergerak Positif
apahabar.com

Ekbis

Tuah Lebaran, Toko Perhiasan di Pasar Banjarbaru Diserbu ‘Emak-Emak’
apahabar.com

Ekbis

Sepanjang 2020, Pertamina Tambah 14 SPBU di Daerah Terluar Kalimantan
apahabar.com

Ekbis

Pengusaha Sambut Baik Rencana Omnibus Law
apahabar.com

Ekbis

Dewan Berkonsutasi Soal Kopi dan Coklat ke Kementerian Pertanian
apahabar.com

Ekbis

PHE-Medco E&P Simenggaris Teken Perjanjian Jual Beli Gas
apahabar.com

Ekbis

Desember, Jokowi Digadang Resmikan Operasional Bandara Syamsudin Noor Internasional
apahabar.com

Ekbis

Pertamina: Hingga Juli, Produksi Migas Capai 98 Persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com