Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

2019, Dana Desa untuk Kaltara Naik Jadi Rp 463,268 Miliar

- Apahabar.com Senin, 31 Desember 2018 - 11:33 WIB

2019, Dana Desa untuk Kaltara Naik Jadi Rp 463,268 Miliar

Kota Tanjung selor. Foto - Kota kita

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), serapan dana desa di Kaltara pada 2018 menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, 4 kabupaten sebagai penerima alokasi dana desa, capaian daya serap anggarannya sudah 100 persen. Dari pagu sebesar Rp 387.541.209.000, semuanya telah disalurkan ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) di 4 kabupaten di Kaltara.

Atas capaian realisasi ini juga, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perbendaharaan wilayah Kaltara, untuk kategori Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa Terbaik TA 2018 yang diterima pada 17 Desember 2018 lalu.

Baca Juga: Anak Krakatau Menyusut, Nelayan Sempat Lihat Gunung Terbelah

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Provinsi Kaltara H Sanusi mengungkapkan, capaian tersebut harus seiring dengan pengelolaan yang lebih baik.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, maka peran provinsi memfasilitasi penyaluran anggaran ke setiap desa, termasuk dalam pengawasannya.

“Untuk melakukan percepatan pembangunan di daerah ini, tentu yang menjadi perhatian pemerintah adalah pedesaan,” kata Sanusi, belum lama ini. Program pemberian dana desa, lanjutnya, merupakan salah satu program unggulan yang menjadi Nawacita Presiden Joko Widodo.

Pengelolaan yang maksimal, menurut Sanusi, tidak lepas dari peran petugas lapangan, seperti pendamping desa dan tenaga ahli yang ada. Termasuk pembinaan dari setiap kabupaten pun terus ditingkatkan.

“Fungsi Pemprov adalah memfasilitasi agar bisa berjalan dengan maksimal. Termasuk berkaitan percepatan pembangunan di desa, ada fasilitator dan pendamping-pendamping yang sudah disiapkan dan dananya dari kementerian,” urainya.

Baca Juga: Alami Gizi Buruk, Balita di Jepara Ini Butuh Bantuan

Mengenai pergerakan pembangunan di desa secara teknis, kata Sanusi, menjadi tanggung jawab semua pihak. Mulai dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan hingga ke pemerintah desa. Terlebih jumlah alokasi anggaran yang disiapkan pemerintah tiap tahun mengalami kenaikan.

Sanusi berarap, pada tahun depan harus ada kesesuaian nomenklatur termasuk rincian dana desanya. Tidak sampai di situ, yang perlu diperkuat lagi adalah mengenai tim verifikasi kabupaten dan kecamatan supaya pemanfaatannya lebih optimal dan sesuai prioritas yang diarahkan.

Sementara itu, untuk 2019, sesuai Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019, alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) sebesar Rp 6,852 triliun. Tentu alokasi yang didapat setiap desa juga akan mengalami kenaikan. Khusus dana desa, pada 2019 alokasinya mengalami kenaikan yang signifikan.

Yaitu dari Rp 387,5 miliar pada 2018, meningkat menjadi Rp 463,268 miliar atau naik sekira 19,5 persen. “Dana yang masuk ke desa semakin besar. Maka berdampak pada pembangunan di desa harus meningkat,” ujarnya.

Baca Juga: Begini Rekayasa Lalu Lintas di Banjarmasin Pada Pergantian Malam Tahun Baru

Sumber: Humas Pemprov Kaltara
Editor: Fariz

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltara

Dikunjungi Presiden, Gubernur: Warga Perbatasan Berterima Kasih ke Jokowi
apahabar.com

Kaltara

Wah, Ratusan Desa di Kaltara Sudah Miliki BUMDes dan 3 BUMasDes
apahabar.com

Kaltara

Dua Warganya Meninggal Dunia, Kaltara Waspada DBD
apahabar.com

Kaltara

Tiongkok Dominasi Tenaga Kerja Asing di Kalimantan Utara
apahabar.com

Kaltara

Pemerintah RI-Malaysia Cek Lokasi Pos Lintas Batas
apahabar.com

Kaltara

Tarik Investasi, Pemprov Gencar Penyelesaian RUPM
apahabar.com

Kaltara

Jumlah Rumah Tangga dan Usaha Pertanian Kaltara Meningkat
apahabar.com

Kaltara

Manipulasi Absensi, Gubernur Kaltara Tegur ASN Nakal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com