Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

38 Inspektur Tambang Perketat Pengawasan 180 IUP

- Apahabar.com     Rabu, 12 Desember 2018 - 12:34 WITA

38 Inspektur Tambang Perketat Pengawasan 180 IUP

Ilustrasi pertambangan batubara. Foto - metrotvnews.com

apahabar.com, SAMARINDA – Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi meminta inspektur tambang melakukan pengawasan yang ketat terhadap perusahaan tambang batu bara yang masih aktif beroperasi.

Penegasan Wagub tersebut menjawab aksi mahasiswa dan aktivis lingkungan Kaltim, yang meminta pemerintah setempat menindak tegas perusahaan tambang perusak lingkungan.

Hadi menerima kedatangan 38 inspektur tambang dan perwakilan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kaltim di ruang kerjanya di Samarinda, kemarin.

Pertemuan yang digelar di ruang rapat Wagub Kaltim tersebut berlangsung tertutup. Awak media tidak diperkenankan masuk di ruang rapat.

Kepala Dinas ESDM Kaltim Wahyudi Widhi Heranata kepada pers mengatakan, dalam hasil pertemuan Wagub menginstruksikan kepada inspektur tambang untuk mengawasi perusahaan tambang batu bara yang masih beroperasi daerah berjuluk di Bumi Etam itu.

“Tadi Wagub menginstruksikan kepada inspektur tambang agar melakukan pengawasan terhadap 180 Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang operasional dan masih memproduksi batu bara,” ungkap Widhi, ditulis ANTARA.

Ia mengatakan, teknisnya 180 IUP itu akan dibagi kepada 38 inspektur tambang, sehingga satu inspektur tambang bisa mengawasi 3-4 IUP.

Berdasarkan peraturan, pengawasan inspektur tambang sebenarnya dilakukan satu kali dalam setahun, namun Wagub menolak ini. Wagub menginginkan pengawasan dilakukan empat kali dalam setahun, katanya.

“Kalau setahun dua kali tidak cukup tapi empat kali dalam satu tahun itu bisa lebih baik,” ucapnya.

Nantinya masing-masing inspektur tambang ini akan mempresentasikan hasil pengawasan kepada Wagub dan Kepala Dinas ESDM.

“Presentasi dijadwalkan pada minggu depan di depan Wagub dan Kadis ESDM,” ujar Widhi.

Dia menjelaskan, bentuk pengawasan yang dilakukan inspektur tambang meliputi pengawasan terkait K3, tata kelola batu bara, serta mengevaluasi konsesi yang dekat dengan pemukiman.

“Khusus untuk lubang tambang yang mendekati pemukiman kurang dari 500 meter itu harus ditutup. Inspektur lagi bekerja, biarkan mereka bekerja dulu,” tegas Widhi.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Kaltim

Ganti Rugi Lahan Belum Beres, Warga Blokir Jalan Tol KM 6 Balikpapan-Samarinda

Kaltim

Bertahan Hidup Saat Pandemi, Lewat Kain Perca Raih Pundi-Pundi Rupiah
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Intip Potensi Pajak Ekspor CPO
apahabar.com

Kaltim

HUT Balikpapan, Pertamina Diganjar Penghargaan LH
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Ajak Gali Potensi Wisata Lokal Di Kaltim

Kaltim

Anjing Jadi Personel Basarnas Kaltim
Teror Buaya

Kaltim

Sering Muncul, Teror Buaya di Laut Balikpapan Bikin Was-was
Sepinggan

Kaltim

Warga Sepinggan Balikpapan Panik! Ngebor Sumur Keluar Semburan Gas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com