3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

4 Fakta Penemuan Sekarung E-KTP di Pondok Kopi

- Apahabar.com Minggu, 9 Desember 2018 - 15:02 WIB

4 Fakta Penemuan Sekarung E-KTP di Pondok Kopi

Ditemukan setumpuk E-KTP dalam karung. Okezone

apahabar,com, JAKARTA – Sekarung KTP elektronik atau E-KTP ditemukan sekelompok anak kecil di area pesawahan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Sabtu, 8 Desember 2018, siang. Temuan E-KTP ini sontak menghebohkan publik.

Dari hal itu, Okezone merangkum 4 fakta terkait temuan sekarung sekarung E-KTP oleh bocah di Duren Sawit, Minggu (9/12/2018), seperti berikut ini. Pertama E-KTP ditemukan lengkap dengan identitas pemiliknya. Kapolsek Duren Sawit, Kompol Parlindungan Sutasuhut mengatakan, penemuan e-KTP yang tercecer itu bukan blangko, melainkan KTP yang sudah ada nama pemiliknya. Dalam E-KTP, tertera identitas lengkap pemiliknya, mulai dari nama hingga alamat.

“Bukan blangko, tapi (KTP) yang sudah ada nama jelas pemiliknya. Jatuh tercecer. Kalau blangko kan enggak ada identitas. Kalau ini semua lengkap, nama, alamat, jelas,” kata Parlindungan.

Kedua ditemukan anak kecil. Ketua RW 11, Ipin menjelaskan, kartu identitas dari WNI itu ditemukan oleh sekelompok anak kecil. Mereka tidak mengetahui kalau benda yang dipegang merupakan e-KTP. Mereka pun sempat menjadikan E-KTP itu sebagai alat untuk bermain. “Iya benar itu anak kecil yang menemukan pertama. Dibuat mainan sama mereka. Ya maklum kan enggak tahu juga. Namanya bocah,” kata Ipin.

Ketiga mayoritas E-KTP milik warga Pondok Kelapa. Kepala Dinas Pendudukan dan Kependudukan DKI Jakarta, Dhanny Sukma mengatakan, E-KTP dalam karung itu merupakan milik warga Pondok Kelapa, Jakarta Timur. “Sementara di Pondok Kelapa, hampir seluruhnya,” kata Dhanny

Saat ini, lanjutnya, pihaknya masih menghitung jumlah pasti dari KTP elektronik tersebut. Ia memperkirakan totalnya sekiran ratusan keping, namun ia belum bisa memastikannya. “Belum ini lagi berjalan, paling itu ratusan,” ujarnya.

Terakhir penemuan E-KTP diserahkan ke Polisi. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, meminta kepada aparat kepolisian untuk mencari tahu asal-muasal ribuan e-KTP yang ditemukan. “Laporkan saja kepada para penegak hukum karena ini problemnya sudah masuk pada kelalaian ranah hukum,” kata Anies.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi di internal Dukcapil DKI Jakarta apabila KTP itu benar atas nama warga Ibu Kota. “Dari sisi kami akan review kalau ada dokumen Jakarta. Nanti kita akan review internal kita,” jelasnya.

Sumber : Okezone

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Baca Jadwal Tentatif Seleksi CPNS 2019
apahabar.com

Nasional

Usai Pemilu, Investor Pilih “Wait and See”
apahabar.com

Nasional

Cabut Laporan Kasus Penghinaan, Ahok: Kasihan
apahabar.com

Nasional

Ma’ruf Amin: Pemerintah Tingkatkan Akses Lapangan Kerja Bagi Difabel
apahabar.com

Nasional

Ali Day, Pernikahan Massal di Cina Tetap Digelar Saat Pandemi
apahabar.com

Nasional

Polisi Tembak Mati 3 Bandar Sabu 288 Kilogram
apahabar.com

Nasional

Pasien Corona asal China Meninggal di Eropa
apahabar.com

Nasional

Pasok BBM ke Labuan Bajo, Pertamina Andalkan Jalur Alternatif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com