Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

40 Transmigran di Kaltim Dijatah 2 Hektar Lahan per Orang

- Apahabar.com Selasa, 18 Desember 2018 - 23:44 WIB

40 Transmigran di Kaltim Dijatah 2 Hektar Lahan per Orang

Foto - pixabay

apahabar.com, BANJARMASIN – Kabupaten Paser menjadi satu-satunya daerah di Kaltim yang mendapat program transmigrasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sebanyak 40 kepala keluarga (KK) warga transmigran di sana telah ditempatkan di Desa Keladen, Kecamatan Tanjung Harapan, Kabupaten Paser.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim Abu Helmi menjelaskan, mereka terdiri dari 20 KK warga lokal, 5 KK dari Provinsi Lampung, 5 KK dari Banten dan 10 KK dari Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Semuanya sudah ditempatkan di Desa Keladen Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser,” jelasnya dalam keterangan pers, Selasa (18/12).

Masing-masing KK, kata Helmi nanti akan mendapat jatah lahan 2 hektar. Selebihnya untuk fasilitas umum seperti jalan, kantor, fasilitas pendidikan dan kesehatan.

Ditambahkan, Disnakertrans Kaltim siap memfasilitasi program transmigrasi agar berlanjut ke kabupaten-kabupaten lain. Apalagi transmigrasi merupakan salah satu program strategis nasional.

Program transmigrasi diklaim akan membuka keterisolasian daerah terpencil dan berkontribusi pada pembangunan jalan penghubung/poros dan jalan antardesa.

“Program transmigrasi telah mendorong pembentukan desa baru dari permukiman transmigrasi yang akhirnya menjadi desa definitif yang diakui oleh pemerintah. Di masa depan permukiman transmigrasi akan menjadi ibukota kecamatan,” ujarnya.

Baca Juga: Miris Lihat Pola Kerja Petani Banjar, Menteri Pertanian: Kapan Majunya

Program transmigrasi, lanjut Abu Helmi juga mendorong swasembada pangan. Upaya tersebut diwujudkan melalui penambahan luas areal pertanian pangan berupa ekstensifikasi lahan maupun pembukaan lahan baru, sehingga berkembang menjadi pusat produksi baru yang berbasis pertanian dalam arti luas.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

2018, Gojek Sumbang Rp 430 Miliar untuk Perekonomian Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Jamin Keandalan Listrik, PLN Siagakan Ribuan Petugas di Kaltimra

Kaltim

Pembatalan Pencalonan Bupati Kukar, KPU Siap Panggil Edi Damansyah
apahabar.com

Kaltim

Jelang Iduladha, Kaltim Pecah Rekor Harian Kasus Positif Covid-19
apahabar.com

Kaltim

Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres
apahabar.com

Kaltim

Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Ditarget Siap Dukung Mudik Lebaran 2019
apahabar.com

Kaltim

AJI Sesalkan Pengusiran Jurnalis Saat Persidangan di PN Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Demo Penajam, Ratusan Buruh Geruduk Kantor Bupati
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com