2021, Kemenhub Kaji Wacana Pembangunan Bandara di Barabai HST Kalsel Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan

Akhirnya, Warga Kuba Bisa Akses Internet dari Ponsel Mereka

- Apahabar.com Rabu, 5 Desember 2018 - 20:49 WIB

Akhirnya, Warga Kuba Bisa Akses Internet dari Ponsel Mereka

Ilustrasi warga sedang menelepon dan mengakses internet di ponsel mereka. foto - kompas.com

apahabar.com, HAVANA Untuk pertama kalinya, masyarakat Kuba berkesempatan untuk dapat mengakses internet dari ponsel mereka.

Perusahaan telekomunikasi yang dikelola negara ETECSA menyatakan, mereka bakal meluncurkan layanan 3G mulai Kamis (6/12/2018) besok.

Kuba merupakan salah satu negara terakhir di dunia yang masih belum menerapkan internet mobil.

Padahal, Al Jazeera memberitakan sekitar setengah dari total penduduk Kuba yang mencapai 11,2 juta jiwa memiliki ponsel.

Pemerintah sebenarnya sudah membuka fasilitas kafe internet pada 2013 dan fasilitas WiFi di ruang publik dua tahun berselang.

Namun, bagi warga yang menggunakan WiFi seringkali tidak mendapat sinyal bagus, dan pada 2017 dilaporkan mereka lebih suka menikmati internet dari rumah.

Presiden Miguel Diaz-Canel menyambut baik pengumuman tersebut melalui kicauannya di Twitter yang dibuatnya pada Oktober lalu.

“Kami bertekad terus melanjutkan digitalisasi masyarakat,” kata Diaz-Canel yang menambahkan, adanya internet bisa mengembangkan ekonomi.

Meski pemerintah sudah mengatakan bakal membuka layanan 3G, harga paket internet yang ditawarkan membuat masyarakat Kuba melontarkan keluhan.

Sebabnya, harga yang ditawarkan untuk paket data 600 MB adalah 7 dollar AS, sekitar Rp 100.800, sementara paket 4 GB dibanderol 30 dollar AS, atau Rp 431.900.

Harga yang ditawarkan jelas menjadi beban bagi rakyat Kuba yang rata-rata penghasilannya per bulan hanya 30 dollar AS.

“Bagi saya, kabar tersebut masih membuat saya merasa berada di pedalaman,” ujar warga Havana yang bernama Joaquin Montiel.

Kepada Reuters, pria 58 tahun itu berujar tak bakal mampu membeli ponsel dengan teknologi 3G dengan pekerjaannya sebagai salesman di perusahaan negara.

Sumber : kompas.com

Editor : Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Pemeran Hope di Ant-Man and The Wasp, Tampil Berhijab
apahabar.com

Global

Trump akan Campur Tangan dalam Penangkapan Eksekutif China
apahabar.com

Global

Saat Jokowi Larang Emak-Emak Kampanyekan Dirinya
apahabar.com

Global

India Buru Macan Tutul Pembunuh Biksu
apahabar.com

Global

Kampanyekan Tumbler, Komitmen Raja Ampat Selamatkan Laut
apahabar.com

Global

Abbas Dan Paus Bahas Masalah Timur Tengah
apahabar.com

Global

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika
apahabar.com

Global

Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com