Jadwal Liga Champions Malam Ini, Liverpool, City, Real Madrid, Inter, Live SCTV, Barcelona vs Juventus Besok! Resmi, Hakim Vonis Pemilik Gudang Sabu di Banjarmasin Penjara Seumur Hidup! Remaja Korban Tabrakan di Tabalong Akhirnya Diamputasi, Keluarga Pilih Ikhlas Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah

ASDP Siap Layani 3,3 Juta Penumpang di 10 Lintasan

- Apahabar.com Sabtu, 22 Desember 2018 - 22:54 WIB

ASDP Siap Layani 3,3 Juta Penumpang di 10 Lintasan

Kapal Penyebrangan. Foto-akuratnews.com

apahabar.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan kesiapannya dalam memberikan layanan angkutan penyeberangan periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Diperkirakan arus penyeberangan akhir tahun mencapai 3,3 juta penumpang, 518 ribu roda empat, dan 257 ribu sepeda motor di 10 lintasan terpantau nasional.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan berbagai persiapan telah dilakukan.

ASDP siap memberikan pelayanan prima kepada seluruh pengguna jasa selama angkutan Natal dan Tahun Baru mendatang.

Tercatat, untuk kesiapan alat produksi di 10 lintasan terpantau nasional selama angkutan Natal dan Tahun Baru akan dilayani oleh 50 dermaga dan 191 unit kapal (termasuk swasta), yang tersebar di 17 unit pelabuhan dan 12 cabang pelayanan ASDP.

“Target kami, seluruh pengguna jasa dapat terlayani dengan baik, tidak adanya komplain, dan yang terpenting adalah pengguna jasa menyeberang dengan aman, nyaman dan selamat hingga tujuan,” ujarnya.

Periode angkutan Natal dan Tahun Baru yang kembali bersamaan dengan libur semester anak sekolah akan berdampak pada pendistrubusian arus berangkat dan balik para pengguna jasa yang akan menyeberang.

“Puncak arus berangkat Natal diperkirakan jatuh pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu (22-23/12) dan jelang Tahun Baru, Sabtu-Minggu (29-30/12). Diprediksi, pada puncak arus tersebut akan terjadi lonjakan penumpang dan kendaraan,” katanya.

Untuk puncak arus balik Natal, diperkirakan terjadi pada Rabu-Kamis (26-27/12) dan puncak arus balik Tahun Baru diperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah kendaraan mulai Rabu (2/1).

Untuk arus balik, diperkirakan akan lebih terdistributif mengingat libur anak sekolah rata-rata akan berakhir pada Minggu (6/1).

Adapun 10 lintasan penyeberangan yang terpantau nasional selama angkutan Natal dan Tahun Baru 2019 yaitu: Merak – Bakauheni atau lintasan tersibuk yang dikelola, Ketapang – Gilimanuk, Padangbai- Lembar, Kayangan – Pototano, Tanjung Kelian – Tanjung Api-api, Sibolga – Nias, Bitung – Bastiong, Hunimua – Waipirit, Kupang – Rote dan Telaga Punggur – Tanjung Uban.

Dari 10 lintasan tersebut, dengan asumsi kenaikan rata-rata sebesar lima persen dibandingkan realisasi penumpang dan kendaraan tahun lalu, maka ditargetkan ASDP dapat melayani sebanyak 3.337.426 orang penumpang, yang naik lima persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebanyak 3,2 juta orang penumpang.

Disusul jumlah roda empat sebanyak 518.226 unit atau naik lima persen dibandingkan tahun lalu sebanyak 493.548 unit, dan roda dua sebanyak 257.164 unit atau naik lima persen dibandingkan realisasi 2017 sebanyak 244.918 unit.

Khusus untuk lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, jumlah penumpang yang akan menyeberang dari Merak menuju Bakauheni total mencapai 865.771 orang atau naik lima persen dibandingkan realisasi yang sama tahun lalu sebanyak 824.544 orang.

Diikuti jumlah roda empat sebanyak 135.287 unit atau naik 5 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 128.845 unit, dan roda dua mencapai 33.998 unit atau naik lima persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 32.379 unit sepeda motor.

Sebaliknya, jumlah penumpang yang menyeberang dari Bakauheni menuju Merak diperkirakan mencapai total 829.728 orang atau naik lima persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 790.217 orang, diikuti roda empat sebanyak 134.847 unit atau naik lima persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 128.426 unit, dan roda dua mencapai 32.664 unit atau naik lima persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 31.109 unit sepeda motor.

Dalam mendukung Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, ASDP juga telah mempersiapkan layanan dan fasilitas sehingga pengguna jasa dapat menikmati perjalanan mudik dan balik dengan lancar, aman, nyaman dan selamat.

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

MUI Minta Pimpinan MPR Tak Anggap Enteng Protokol Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Penasaran, Anjing Makan Sekantung Heroin yang Dikubur di Taman
apahabar.com

Nasional

Ini Hasil Quick Count Sementara CSIS-Cyrus
apahabar.com

Nasional

Diduga Sopir Mabuk, Mobil BMW Tabrak Apotek
apahabar.com

Nasional

Alasan Polisi Masih Tahan Lucinta Luna di Sel Khusus
apahabar.com

Nasional

Kirim Karangan Bunga ke Wiranto, Ini Kata Kivlan Zen
apahabar.com

Nasional

Dinilai Sakral, Peneliti Sesalkan Penggunaan Mahkota Burung Cenderawasih Saat Kampanye
apahabar.com

Nasional

BMKG Minta Warga Waspadai Hoaks Terkait Bencana
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com