Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka

BNNP Ungkap Dugaan TPPU Narkoba Miliaran Rupiah

- Apahabar.com Rabu, 12 Desember 2018 - 23:39 WIB

BNNP Ungkap Dugaan TPPU Narkoba Miliaran Rupiah

Ket foto : Ilustrasi TPPU.Foto-net

apahabar.com, SAMARINDA – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Timur berhasil mengungkap jaringan peredaran narkoba di Kabupaten Kutai Timur dengan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) bernilai miliaran rupiah.

Kepala Bidang Pemberantasan BNN Provinsi Kalimantan Timur AKBP Halomoan Tampubolon kepada pers, Rabu (12/12), mengatakan, pihaknya telah mengamankan satu orang bandar narkoba berinisial IP dengan bukti sejumlah paket sabu-sabu dan menyita aset harta yang diduga berasal dari bisnis narkoba.

Dari tersangka pihaknya telah mengamankan satu unit rumah, 11 sepeda motor, empat unit mobil, surat tanah dan juga uang tunai sebesar Rp43 juta.

Tampubolon mengatakan, sejumlah aset harta yang disita tersebut diduga merupakan hasil dari bisnis narkoba, namun pihaknya belum bisa mengkalkulasi nilai dari semua aset yang disita.

“Kami belum tahu pasti berapa nilainya, namun lebih dari Rp1 miliar, ini merupakan pengungkapan kasus pertama narkoba dengan dugaan TPPU,” jelas Tampubolon.

Menurut dia, tersangka IP ini dulunya merupakan anak buah dari bandar besar yang sempat dijadikan target operasi, namun bandar tersebut akhirnya berhenti dari bisnis haramnya, kemudian jaringannya dilanjutkan oleh IP.

“Kurang lebih tiga tahun IP ini melakukan kegiatan bisnisnya, dan baru sekarang bisa kami bekuk, setelah sejumlah sindikatnya telah kami bekuk duluan, termasuk istri tersangka IP,” jelasnya.

Ia mengakui bahwa IP termasuk penjahat licin, karena dari beberapa kali operasi yang dilaksanakan, tersangka IP selalu berhasil meloloskan diri.

“Tersangka sempat kami tetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) dan berhasil kami tangkap pada 8 Desember 2018 di Jalan Yos Sudarso, Kutai Timur,” katanya.

Selain IP, pihaknya juga menetapkan lima tersangka lainnya yang diduga dalam satu jaringan, yakni AD, MS, AT, KM dan istri IP.

Tersangka disangkakan dengan Pasal 114 dan Pasal 112 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman empat tahun sampai seumur hidup atau hukuman mati.

Baca Juga: Selama 2018 Polres Balangan Ungkap 51 Kasus Narkoba

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Long Boat Karam di Riam Udang Mahulu, Tiga Masih Hilang
apahabar.com

Kaltim

2018, Gojek Sumbang Rp 430 Miliar untuk Perekonomian Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Wagub Hadi Ancam Cabut Izin Perusahaan yang Tak Bayarkan THR
apahabar.com

Kaltim

Pekan Depan, Rusia Dijadwalkan Tinjau Proyek KA Kaltim
apahbar.com

Kaltim

Gara-Gara Proyek, Satu Orang Berdarah di LPSE Penajam
apahabar.com

Kaltim

Tes SKB CPNS Kutim Kembali Digelar
apahabar.com

Kaltim

Calon Haji Jangan Menghilang dari Rombongan
apahabar.com

Kaltim

Dipasang Hanger, Jembatan Mahakam IV Ditarget Rampung Februari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com