BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Dalang Penimbunan BBM di Batola, Polisi Kantongi Tiga Nama

- Apahabar.com Rabu, 26 Desember 2018 - 14:48 WIB

Dalang Penimbunan BBM di Batola, Polisi Kantongi Tiga Nama

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani didampingi Direskrimsus Kombes Pol Rizal Irawan kala pengecekan barang bukti truk yang bagian belakangnya telah dimodifikasi untuk mengangkut solar. Foto-Humas Polda Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Polisi mengantongi nama-nama pelaku utama dalam kasus penimbunan BBM jenis solar di kawasan Berangas, Kabupaten Barito Kuala, beberapa waktu lalu.

“Kita sudah kantongi 2 orang sebagai otak di balik kasus ini, jadi tinggal satu orang lagi,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Kalsel, Kombes Pol Rizal Irawan kepada apahabar.com, Rabu (26/12/2018) siang.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel membongkar praktik penimbunan solar bersubsidi di sebuah gudang penimbunan wilayah Berangas, Kabupaten Batola, Minggu (18/12) dini hari.

Polisi memastikan BBM yang disubsidi pemerintah diperoleh dari lima SPBU di wilayah Kalsel: SPBU Veteran, SPBU Ukhuwah, SPBU Km 6, SPBU Sungai Tabuk, dan SPBU Km 17.

Sejauh kasus ini dikembangkan, ada 18 dari 23 saksi yang diamankan untuk mendalami penyaluran 61 kilo liter solar hasil langsiran yang disita.

Terbaru, 20 orang yang di antaranya tengah menjalani proses penahanan dan ditetapkan sebagai tersangka. Sebagian besar merupakan pekerja lapangan dari kelima SPBU tempat praktik pelangsiran terjadi.

“Ya kita sudah tetapkan sebanyak 20 orang sebagai tersangka,” ungkapnya.

apahabar.com

Infografis-apahabar.com/Arif

Rizal mengungkapkan, 20 tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif, guna mencari tahu apakah ada pemain lain dalam kasus ini. Setali tiga uang, pemeriksaan terhadap kelima SPBU yang terlibat praktik pelangsiran juga masih berjalan.

Soal keterlibatan pihak manajemen SPBU, Rizal kembali belum dapat memastikan. Proses pemeriksaan administrasi, kata dia, mulai dari keterangan para tersangka sebagai penambahan alat bukti pemeriksaan masih berjalan.

Mereka yang kini menjalani pemeriksaan mayoritas berbeda latar belakang, mulai dari supir, operator, pengawas SPBU hingga penjaga gudang.

“Akan tetapi, dalam kasus ini tidak ada keterlibatan aparat” tegasnya, siang tadi.

Dari penyelidikan, Rizal memastikan para tersangka menjalankan praktik pelangsiran dengan cara sembunyi-sembunyi. Dini hari kala polisi melakukan pemeriksaan, aksi mereka akhirnya terbongkar.

“Pada saat kita melakukan pemeriksaan di SPBU, tersangka sembunyi. Namun, pada saat kita sibuk, mereka jalan. Jadi, tidak ada keterlibatan aparat,” pungkasnya.

Adapun puluhan kiloliter solar subsidi itu kemudian dipasok ke sebuah gudang penimbunan di Batola. Modus operandinya, dengan memodifikasi mobil truk dengan muatan tangki-tangki penampung bahan bakar.

Para pelaku ini, dipastikan Rizal berasal dari tiga kelompok yang berbeda. Sejauh penyelidikan digulirkan, polisi masih berkutat pada asal muasal BBM diperoleh, belum ke arah pendistribusian.

Baca Juga: Dewan Desak Polisi Usut Beking Penimbunan BBM Batola

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Hukum

Jadi Tersangka, Ansharudin Tetap Pede di Pilbup Balangan 2020
apahabar.com

Hukum

Vonis Pembunuh Tunawisma Depan Hotel Sinar Dodo Lebih Ringan
apahabar.com

Hukum

Dua Pelaku Prostitusi Online Martapura Tergiur Upah Besar
apahabar.com

Hukum

Ayah Libatkan Anaknya Berusia 8 Tahun Mencuri di Banjarmasin Selatan
apahabar.com

Hukum

Door! Aksi Brutal Pria Bersajam di Kotabaru Berakhir di Tangan Buser
apahabar.com

Hukum

Gerebek Pangkalan LPG di Sungai Jingah Banjarmasin, Ditreskrimsus Polda Kalsel Sita Ribuan Gas Melon
apahabar.com

Hukum

Dijanjikan Ratusan Juta, Hukuman Mati Menanti Dua Pemuda Banjarmasin
apahabar.com

Hukum

Permohonan Ubah Kelembagaan KPPU Ditolak MK
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com