Heboh Dikira Disembunyikan Makhluk Gaib, Ibu Muda di HST Akhirnya Ditemukan BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas

Dalang Penimbunan BBM di Batola, Polisi Kantongi Tiga Nama

- Apahabar.com Rabu, 26 Desember 2018 - 14:48 WIB

Dalang Penimbunan BBM di Batola, Polisi Kantongi Tiga Nama

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani didampingi Direskrimsus Kombes Pol Rizal Irawan kala pengecekan barang bukti truk yang bagian belakangnya telah dimodifikasi untuk mengangkut solar. Foto-Humas Polda Kalsel

apahabar.com, BANJARMASIN – Polisi mengantongi nama-nama pelaku utama dalam kasus penimbunan BBM jenis solar di kawasan Berangas, Kabupaten Barito Kuala, beberapa waktu lalu.

“Kita sudah kantongi 2 orang sebagai otak di balik kasus ini, jadi tinggal satu orang lagi,” ujar Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Kalsel, Kombes Pol Rizal Irawan kepada apahabar.com, Rabu (26/12/2018) siang.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalsel membongkar praktik penimbunan solar bersubsidi di sebuah gudang penimbunan wilayah Berangas, Kabupaten Batola, Minggu (18/12) dini hari.

Polisi memastikan BBM yang disubsidi pemerintah diperoleh dari lima SPBU di wilayah Kalsel: SPBU Veteran, SPBU Ukhuwah, SPBU Km 6, SPBU Sungai Tabuk, dan SPBU Km 17.

Sejauh kasus ini dikembangkan, ada 18 dari 23 saksi yang diamankan untuk mendalami penyaluran 61 kilo liter solar hasil langsiran yang disita.

Terbaru, 20 orang yang di antaranya tengah menjalani proses penahanan dan ditetapkan sebagai tersangka. Sebagian besar merupakan pekerja lapangan dari kelima SPBU tempat praktik pelangsiran terjadi.

“Ya kita sudah tetapkan sebanyak 20 orang sebagai tersangka,” ungkapnya.

apahabar.com

Infografis-apahabar.com/Arif

Rizal mengungkapkan, 20 tersangka masih menjalani pemeriksaan intensif, guna mencari tahu apakah ada pemain lain dalam kasus ini. Setali tiga uang, pemeriksaan terhadap kelima SPBU yang terlibat praktik pelangsiran juga masih berjalan.

Soal keterlibatan pihak manajemen SPBU, Rizal kembali belum dapat memastikan. Proses pemeriksaan administrasi, kata dia, mulai dari keterangan para tersangka sebagai penambahan alat bukti pemeriksaan masih berjalan.

Mereka yang kini menjalani pemeriksaan mayoritas berbeda latar belakang, mulai dari supir, operator, pengawas SPBU hingga penjaga gudang.

“Akan tetapi, dalam kasus ini tidak ada keterlibatan aparat” tegasnya, siang tadi.

Dari penyelidikan, Rizal memastikan para tersangka menjalankan praktik pelangsiran dengan cara sembunyi-sembunyi. Dini hari kala polisi melakukan pemeriksaan, aksi mereka akhirnya terbongkar.

“Pada saat kita melakukan pemeriksaan di SPBU, tersangka sembunyi. Namun, pada saat kita sibuk, mereka jalan. Jadi, tidak ada keterlibatan aparat,” pungkasnya.

Adapun puluhan kiloliter solar subsidi itu kemudian dipasok ke sebuah gudang penimbunan di Batola. Modus operandinya, dengan memodifikasi mobil truk dengan muatan tangki-tangki penampung bahan bakar.

Para pelaku ini, dipastikan Rizal berasal dari tiga kelompok yang berbeda. Sejauh penyelidikan digulirkan, polisi masih berkutat pada asal muasal BBM diperoleh, belum ke arah pendistribusian.

Baca Juga: Dewan Desak Polisi Usut Beking Penimbunan BBM Batola

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Laka Kerja Pelabuhan Peti Kemas Banjarmasin, Polsek KPL Periksa Sejumlah Saksi
apahabar.com

Hukum

Intip Kronologis Penangkapan Puluhan Laskar FPI Kalsel di Surabaya
apahabar.com

Hukum

Guru Bomber Gereja di Surabaya Hanya Dihukum 10 Tahun Penjara
apahabar.com

Hukum

Kasus Dugaan Suap SPAM PUPR, 1 Mobil SUV Disita KPK
apahabar.com

Hukum

Paman Korban Pembunuhan Gagal Luapkan Emosi
apahabar.com

Hukum

Sepanjang 2019, Polisi Tangkap Puluhan Penambang Ilegal di Kalsel
Mantuil

Hukum

Diinterogasi Hingga Malam, Warga Mantuil Kedapatan Simpan Sabu di Rumah

Hukum

Hakim Tolak Eksepsi Pinangki, Sidang Dilanjutkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com