Cara Nonton Live Streaming El Clasico Barcelona vs Real Madrid di Bein Sport & Vidio.com Malam Ini Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung

Disdik Kaltim Ajak Sekolah Lestarikan Tanaman Endemik

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 08:00 WIB

Disdik Kaltim Ajak Sekolah Lestarikan Tanaman Endemik

Foto - Blogspot.com

apahabar.com, SAMARINDA – Gebrakan baru dibuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim,Lewat Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mereka mengajak satuan pendidikan menanam tanaman endemik Kalimantan, contohnya: ulin, bengkirai, kapur, meranti maupun gaharu.

“Ini agar tanaman endemik Pulau Kalimantan dapat dilestarikan dan diketahui para peserta didik di masing-masing satuan pendidikan, terutama dimulai dari SMK,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati dalam siaran persnya hari ini.

Kata dia, program ini sudah akan dimulai sejak tahun ini. Sebagai permulaan, ada beberapa sekolah yang sudah diminta melakukan penanaman tersebut.

“Kami berharap semua sekolah, dimulai dari pendidikan SMK bisa menanam tanaman endemik Kalimantan, sehingga kita semua bisa melestarikan tanaman tersebut yang kini habitatnya sangat langka diketahui masyarakat, khususnya para anak usia sekolah,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK Deslan Nispayani.

Program ini bertujuan sebagai penghijauan di daerah. Dimulai dari sekolah, khususnya SMK. Karena, Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim menilai tanaman tersebut sangat perlu dilestarikan dan diketahui para pelajar.

Sehingga, ketika saat ini mereka menanam, maka 20 hingga 30 tahun akan datang bisa bermanfaat bagi generasi selanjutnya.

“Selain menjadi pengetahuan para pelajar, pihak sekolah membantu pemerintah untuk melestarikan tanaman tersebut yang kini susah dilihat maupun diketahui. Kecuali harus ke wilayah pedalaman Kalimantan,” jelasnya.

Melalui program ini diharapkan setiap sekolah minimal bisa menanam satu bibit tanaman endemik tersebut. Asalkan, memiliki cukup ruang lahan untuk menanam.

Artinya, dengan menanam tanaman endemik dimulai dari pendidikan dapat menunjukkan kepada orang luar Kalimantan, bahwa Kaltim memiliki sejarah dengan tanaman endemiknya.

“Kita berharap ini bagian dari kreatifitas satuan pendidikan
untuk para pelajar, agar generasi muda ini jangan kehilangan sejarah dan peninggalan Kalimantan, sehingga tidak hanya mengenali dan mengetahui melalui gambar saja,” jelasnya.

Diharapkan ke depan ada pihak yang menyediakan lahan hutan pohon kayu endemik Kalimantan untuk pendidikan

Editor: Fariz

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Berkat Pertamina, Bakal Ada Kampung Inggris di Penajam
apahabar.com

Kaltim

Kriteria Sapi Kurban Presiden Jokowi
apahabar.com

Kaltim

APBD-P Kaltim Disepakati Rp 13 Triliun, Isran Optimistis Tahun Depan Naik
apahabar.com

Kaltim

BPBD Petakan Titik Rawan Banjir di Calon Ibu Kota RI
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Intip Potensi Pajak Ekspor CPO
apahabar.com

Kaltim

Pasien Positif Corona di Samarinda Pernah Ikuti Pertemuan di Bogor
apahabar.com

Kaltim

Tambah 4 Kasus, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 218 
apahabar.com

Kaltim

Kebutuhan Solar untuk Wilayah Bontang Dijamin Aman
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com