Mardani H Maming: Hipmi Optimis Pemimpin Muda Kalsel Mampu Bangkitkan Ekonomi Daerah Ketua DPRD Banjar: 100 Hari Program Bupati Harus Penangan Pascabanjir DPP Demokrat Pecat Marzuki Alie dan 6 Kader, Simak Alasannya Duh, Positif Covid-19 Kapuas Bertambah Lagi 50 Kasus Tiga Gus Pimpin Jatim, Bak Angin Segar Bagi Kinerja ASN

Disdik Kaltim Ajak Sekolah Lestarikan Tanaman Endemik

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 08:00 WIB

Disdik Kaltim Ajak Sekolah Lestarikan Tanaman Endemik

Foto - Blogspot.com

apahabar.com, SAMARINDA – Gebrakan baru dibuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim,Lewat Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mereka mengajak satuan pendidikan menanam tanaman endemik Kalimantan, contohnya: ulin, bengkirai, kapur, meranti maupun gaharu.

“Ini agar tanaman endemik Pulau Kalimantan dapat dilestarikan dan diketahui para peserta didik di masing-masing satuan pendidikan, terutama dimulai dari SMK,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati dalam siaran persnya hari ini.

Kata dia, program ini sudah akan dimulai sejak tahun ini. Sebagai permulaan, ada beberapa sekolah yang sudah diminta melakukan penanaman tersebut.

“Kami berharap semua sekolah, dimulai dari pendidikan SMK bisa menanam tanaman endemik Kalimantan, sehingga kita semua bisa melestarikan tanaman tersebut yang kini habitatnya sangat langka diketahui masyarakat, khususnya para anak usia sekolah,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK Deslan Nispayani.

Program ini bertujuan sebagai penghijauan di daerah. Dimulai dari sekolah, khususnya SMK. Karena, Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim menilai tanaman tersebut sangat perlu dilestarikan dan diketahui para pelajar.

Sehingga, ketika saat ini mereka menanam, maka 20 hingga 30 tahun akan datang bisa bermanfaat bagi generasi selanjutnya.

“Selain menjadi pengetahuan para pelajar, pihak sekolah membantu pemerintah untuk melestarikan tanaman tersebut yang kini susah dilihat maupun diketahui. Kecuali harus ke wilayah pedalaman Kalimantan,” jelasnya.

Melalui program ini diharapkan setiap sekolah minimal bisa menanam satu bibit tanaman endemik tersebut. Asalkan, memiliki cukup ruang lahan untuk menanam.

Artinya, dengan menanam tanaman endemik dimulai dari pendidikan dapat menunjukkan kepada orang luar Kalimantan, bahwa Kaltim memiliki sejarah dengan tanaman endemiknya.

“Kita berharap ini bagian dari kreatifitas satuan pendidikan
untuk para pelajar, agar generasi muda ini jangan kehilangan sejarah dan peninggalan Kalimantan, sehingga tidak hanya mengenali dan mengetahui melalui gambar saja,” jelasnya.

Diharapkan ke depan ada pihak yang menyediakan lahan hutan pohon kayu endemik Kalimantan untuk pendidikan

Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Bank Bukopin

Kaltim

Setahun Kasus Penggelapan Dana Investasi Bank Bukopin di Balikpapan, Korban Pasang Karangan Bunga
apahabar.com

Kaltim

APBD-P Kaltim Disepakati Rp 13 Triliun, Isran Optimistis Tahun Depan Naik
apahabar.com

Kaltim

Cerita Wagub Hadi Sering Digabungkan dalam Grup WA
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Batasi Hibah Bansos Rp200 Juta
apahabar.com

Kaltim

DKP3A: 1.131 Anak di Kaltim Menikah Dini
apahabar.com

Kaltim

2018, Gojek Sumbang Rp 430 Miliar untuk Perekonomian Balikpapan
Balikpapan Terbakar

Kaltim

Dini Hari Membara, 4 Ruko di Balikpapan Ludes
apahabar.com

Kaltim

Koalisi Sipil Pertanyakan KLHS Proyek Ibu Kota
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com