Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap Serahkan Belasan Tuntutan, SP KEP Kawal DPRD Tabalong Sampai ke Jakarta

Disdik Kaltim Ajak Sekolah Lestarikan Tanaman Endemik

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 08:00 WITA

Disdik Kaltim Ajak Sekolah Lestarikan Tanaman Endemik

Foto - Blogspot.com

apahabar.com, SAMARINDA – Gebrakan baru dibuat Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim,Lewat Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mereka mengajak satuan pendidikan menanam tanaman endemik Kalimantan, contohnya: ulin, bengkirai, kapur, meranti maupun gaharu.

“Ini agar tanaman endemik Pulau Kalimantan dapat dilestarikan dan diketahui para peserta didik di masing-masing satuan pendidikan, terutama dimulai dari SMK,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati dalam siaran persnya hari ini.

Kata dia, program ini sudah akan dimulai sejak tahun ini. Sebagai permulaan, ada beberapa sekolah yang sudah diminta melakukan penanaman tersebut.

“Kami berharap semua sekolah, dimulai dari pendidikan SMK bisa menanam tanaman endemik Kalimantan, sehingga kita semua bisa melestarikan tanaman tersebut yang kini habitatnya sangat langka diketahui masyarakat, khususnya para anak usia sekolah,” ujarnya didampingi Kepala Bidang Pembinaan SMK Deslan Nispayani.

Program ini bertujuan sebagai penghijauan di daerah. Dimulai dari sekolah, khususnya SMK. Karena, Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim menilai tanaman tersebut sangat perlu dilestarikan dan diketahui para pelajar.

Sehingga, ketika saat ini mereka menanam, maka 20 hingga 30 tahun akan datang bisa bermanfaat bagi generasi selanjutnya.

“Selain menjadi pengetahuan para pelajar, pihak sekolah membantu pemerintah untuk melestarikan tanaman tersebut yang kini susah dilihat maupun diketahui. Kecuali harus ke wilayah pedalaman Kalimantan,” jelasnya.

Melalui program ini diharapkan setiap sekolah minimal bisa menanam satu bibit tanaman endemik tersebut. Asalkan, memiliki cukup ruang lahan untuk menanam.

Artinya, dengan menanam tanaman endemik dimulai dari pendidikan dapat menunjukkan kepada orang luar Kalimantan, bahwa Kaltim memiliki sejarah dengan tanaman endemiknya.

“Kita berharap ini bagian dari kreatifitas satuan pendidikan
untuk para pelajar, agar generasi muda ini jangan kehilangan sejarah dan peninggalan Kalimantan, sehingga tidak hanya mengenali dan mengetahui melalui gambar saja,” jelasnya.

Diharapkan ke depan ada pihak yang menyediakan lahan hutan pohon kayu endemik Kalimantan untuk pendidikan

Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Banjarmasin

Tak Berkategori

Waspada! Kalsel Bakal Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang 
apahabar.com

Tak Berkategori

Gebrak Masker Sasar Kertak Hanyar, PKK Kabupaten Banjar Bagikan Ribuan
apahabar.com

Tak Berkategori

Dampak Pandemi, BPS Catat 2,25 Juta Penduduk Indonesia Jadi Pengangguran

Tak Berkategori

Live Music Diperbolehkan di Balikpapan Selama Ramadan, Tapi Ada Syaratnya
vokalis Deadsquad

Tak Berkategori

Ditangkap Polisi, Vokalis Deadsquad Daniel Mardhany Pernah Memuja Setan

Tak Berkategori

Nahas, Empat Pekerja Musala Nurul Sabirin Bahungin Tabalong Tersengat Listrik
apahabar.com

Tak Berkategori

Perlu Tambahan Cartridge, RSUD Hasan Basry Upgrade Alat Pendeteksi HIV Jadi Pendeteksi Covid-19

Tak Berkategori

Dua Anggota Gugur di Papua, Mako Brimob di Tabalong Kibarkan Bendera Setengah Tiang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com