Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Dishub Bantul Petakan Jalur Wisata Libur Akhir Tahun

- Apahabar.com Rabu, 26 Desember 2018 - 12:04 WIB

Dishub Bantul Petakan Jalur Wisata Libur Akhir Tahun

Ilustrasi penunjuk jalan ke tempat wisata di Yogyakarta. Foto-solaagape.blogspot.com

apahabar.com, BANTUL – Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), telah memetakan jalur-jalur wisata di daerahnya yang diprediksi dipadati kendaraan wisatawan selama libur panjang menjelang akhir 2018.

“Terkait dengan jalur jalur wisata libur Natal dan Tahun Baru itu kita sudah mempetakan, antara lain ruas Jalan Imogiri-Dlingo (ke objek wisata Mangunan) dan ruas Jalan Parangtritis (ke Parangtitis),” kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta di Bantul, Rabu (26/12).

Sedangkan jalur alternatif wisata di Bantul, tambahnya, Jalan Imogiri atau ruas yang dapat menghubungkan dengan Jalan Parangtritis dan menuju Imogiri, kemudian Jalan Pathuk-Dlingo, untuk kendaraan dari timur.

Untuk pengaturan dan pengamanan lalu lintas di jalur tersebut, lanjut dia Dishub akan menempatkan personel di titik-titik tertentu guna membantu kelancaran arus, bahkan melakukan rekayasa lalu lintas apabila dibutuhkan.

“Kami juga mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) gabungan dengan Polres, salah satunya Pos di wilayah Imogiri dan Parangtritis, kemudian ada Pos Pantau di Gabusan (Jalan Parangtritis),” jelasnya.

Baca Juga: Transaksi Alipay Dukung Pariwisata Bali Berkualitas

Aris mengatakan, di beberapa ruas jalur yang dipetakan tersebut juga ada beberapa jalur yang rawan mengalami tanah longsor terutama yang mengarah ke Dlingo, dan pengamanannya dilakukan dengan koordinasi bersama intansi terkait.

“Lokasi jalur alternatif dan wisata yang rawan terhadap bencana tanah longsor ada diantara itu, kemudian (pengamanan) kita berfokus ke wilayah wisata antara Jalan Parangtritis dan Jalan Imogiri-Mangunan,” terangnya.

Sementara itu, ia mengemukakan guna mengantisipasi situasi arus lalu lintas yang ‘crowded’ di jalur wisata Imogiri-Mangunan saat libur panjang, pihaknya mengimbau agar bus pariwisata besar tidak naik ke Mangunan karena medannya yang berkelok dan menanjak.

“Terkait bus besar sesuai dengan hasil rakor (rapat koordinasi) baik dengan forkompimda maupun Kapolres Bantul kemudian dari forum LLAJ (lalu lintas angkutan jalan) DIY untuk bus besar, kita sarankan tidak naik ke Mangunan,” katanya.

Baca Juga: BPBD Pacitan Siagakan Personel di Sejumlah Objek Wisata Pantai

Sumber: Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Asisten Terlibat Kepemilikan Kokain, Ivan Gunawan Diperiksa Polisi

Nasional

30 Orang Masih Hilang, BNPB: Kemungkinan Bisa Bertambah
apahabar.com

Nasional

Corona Masuk Indonesia, Presiden: Solidaritas Kita Sedang Diuji
apahabar.com

Nasional

Pelanggaran HAM Berat Belum Ditindaklanjuti Jaksa Agung
apahabar.com

Nasional

Belum Hilang Corona, China Malah Dilanda Wabah Flu Burung
apahabar.com

Nasional

Kesemprot Gas Air Mata, Ketua DPR Gagal Temui Pendemo
apahabar.com

Nasional

Keluarga Pinta Jenazah Bomber Polrestabes Medan, Kapolda: Dikembalikan Sesuai Mekanisme Teroris
apahabar.com

Nasional

Ini Daftar Gubernur, Wali Kota dan Bupati Tolak Omnibus Law
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com