Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Dorong Pengembangan Produk Halal

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 22:53 WIB

Dorong Pengembangan Produk Halal

HALAL – BI berupaya mendorong pengembangan produk halal sebagai sumber ekonomi baru di daerah. Foto - antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepala Wilayah Bank Indonesia (BI) Kalimantan Selatan (Kalsel) Herawanto mengatakan pihaknya berupaya mendorong pengembangan produk halal sebagai sumber ekonomi baru di daerah.

Menurut Herawanto di Banjarmasin, Kalsel, Kamis, provinsi itu mempunyai modal yang kuat untuk menjadi pusat ekonomi syariah serta sebagai sentra industri halal di regional Kalimantan.
Pengembangan produk halal tersebut meliputi makanan halal, busana muslim, dan pariwisata religi.

Herawanto mengungkapkan, pada gelar Festival Ekonomi Syariah 2018 di Balikpapan, perwakilan Kalsel berhasil meraih berbagai prestasi, yaitu juara I tari oleh Sanggar Permata Ije Lela, juara I lomba nasyid oleh Zahro Voice, dan juara 2 lomba busana muslim oleh Haris Hidayatullah.

“Kami akan memperluas program pemberdayaan usaha pesantren dan pengembangan ekosistem halal ‘value chain’, khususnya makanan, fesyen, dan pariwisata,” katanya. Pada 2018, kata dia, pertumbuhan ekonomi Kalsel berpeluang sedikit meningkat di kisaran 5,1-5,5 persen, dan akan kembali meningkat pada tahun 2019 di kisaran 5,4-5,8 persen.

Peningkatan pada tahun 2019 akan ditopang oleh peningkatan investasi, konsumsi Rumah Tangga (RT), dan konsumsi Lembaga Non-Profit Rumah Tangga (LNPRT). Dari sisi sektoral, tambah dia, pertumbuhan akan ditopang utamanya oleh sektor pertanian dan industri pengolahan, seiring terus bergulirnya program cetak sawah.

Selain itu, juga beroperasinya pabrik baru turunan CPO dan program B20.Di sisi lain, prospek harga batu bara yang cenderung akan lebih rendah pada 2019 akan menahan pertumbuhan ekspor dan kinerja sektor pertambangan.

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Anyaman Rotan Desa Tambaba Rambah Pasar Luar Kalimantan 
apahabar.com

Ekbis

Data Ekonomi Global Membaik, Rupiah Berpotensi Menguat Tipis
apahabar.com

Ekbis

Masih Dipengaruhi Euforia UU Cipta Kerja, IHSG Akhir Pekan Menguat
apahabar.com

Ekbis

Masih karena Covid-19, IHSG Berpotensi Terkoreksi Sepekan ke Depan
apahabar.com

Ekbis

Jaga Likuiditas Perbankan, LPS Turunkan Bunga Penjamin 25 BPS
apahabar.com

Ekbis

Indosat Luncurkan Asisten Google, Cara Baru Cari Informasi Lewat Telepon Gratis
apahabar.com

Ekbis

Ahok Nyatakan Siap Bantu Dirut Pertamina Nicke Widyawati
Covid-19

Ekbis

Dihantam Covid-19, Pajak Hiburan Kota Banjarmasin 0 Persen!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com