Hari Tahu Sedunia: Walhi Kalsel Desak Pemerintah Buka-bukaan soal Kontrak Tambang Raksasa Kilang Minyak Rp300 Triliun di Kotabaru Masih Angan-Angan Komandan Macan Kalsel ke Pembunuh Brutal Gambah HST: Serahkan Diri! Keselamatan Dijamin Ribut-Ribut Salah Tangkap Mahasiswa HMI Barabai Berakhir Antiklimaks Tinjau Penataan Sekumpul, Dirjen Cipta Karya Ngomel-Ngomel!

DPRD: Kalsel Sehat Jadi Prioritas

- Apahabar.com     Rabu, 19 Desember 2018 - 08:58 WITA

DPRD: Kalsel Sehat Jadi Prioritas

Ilustrasi Masyarakat Sedang Mencek Kesehatan. Foto-Jawa Pos

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kalimantan Selatan mengharapkan, agar ke depan pelayanan kesehatan di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut lebih baik lagi.

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalimantan Selatan, Haryanto mengemukakan di Banjarmasin, Rabu, pelayanan yang lebih baik lagi antara lain berupa peningkatan secara kualitas dan kuantitas.

Haryanto yang juga anggota Komisi IV Bidang Kesra DPRD Kalsel itu menegaskan, dengan pelayanan yang lebih baik diharapkan pula dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat atau mewujudkan “Kalsel Sehat” sebagaimana Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) provinsi itu tahun 2016 – 2021.

“Sebagaimana RPJMD 2016 – 2021 tersebut, bahwa Kalsel Sehat salah satu skala prioritas,” lanjut mantan auditor Departemen Keuangan (Depkeu) itu.

Oleh karenanya politikus PKS asal dapil Banjarmasin berharap, Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di provinsinya bisa disahkan menjadi peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

“Oleh sebab itu pula kita berharap hasil evaluasi atau fasilitasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI segera keluar sehingga bisa secepatnya pengesahan Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel tersebut menjadi Perda,” ujarnya.

Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan di Kalsel tersebut sudah diserahkan ke Kemendagri pada 14 Desember lalu untuk evaluasi atau mendapatkan fasilitasi, demikian Haryanto.

Raperda tentang Penyelenggaraan Kesehatan tersebut merupakan inisiatif DPRD Kalsel atas usul Komisi IV lembaga legislatif tingkat provinsi itu yang juga membidangi kesehatan, serta diketuai Yazidie Fauzi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Untuk pelayanan kesehatan masyarakat, pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel kini menyediakan empat rumah sakit, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin dan dr H Mochammad Ansari Saleh Banjarmasin.

Selain itu, Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum di Jalan Syarkawi, Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, serta Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Drs H Hasan Aman Banjarmasin.

Baca Juga: Hari Ini Empat Wilayah di Kalsel Berpotensi Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Turun Langsung Pimpin Razia, Kompol Syaiful Bob Dapati 10 Pelanggar
apahabar.com

Kalsel

Peduli Warga Kurang Mampu, Bhabinkamtibmas Karang Bintang Salurkan Sembako
apahabar.com

Kalsel

Dikarantina di SKB Batola, Mawar Berharap Bisa Ikut SBMPTN ULM
Cuaca Kalsel

Kalsel

H+2 Iduladha, Simak Laporan BMKG Cuaca Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Pasien Covid-19 Meningkat, RSUD Ulin Tambah Tempat Tidur
apahabar.com

Kalsel

Malam Tahun Baru, Pemko Kembali Gelar Banjarmasin Bersholawat
apahabar.com

Kalsel

Alasan Kadishub Operasionalkan Kembali Bus Trans Banjarmasin

Kalsel

Kapolri Bidik Puluhan IUP Diduga Bodong di Kalsel, Dinas ESDM No Comment
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com