Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap Serahkan Belasan Tuntutan, SP KEP Kawal DPRD Tabalong Sampai ke Jakarta Balita Mandi Air Comberan, PDAM Bandarmasih Dipanggil Dewan

Evaluasi Penanganan Bencana Alam selama 2018 oleh Polri

- Apahabar.com     Rabu, 5 Desember 2018 - 20:13 WITA

Evaluasi Penanganan Bencana Alam selama 2018 oleh Polri

Foto - Elshinta.com

apahabar.com, DEPOK – Wakil Kepala Operasi Kepolisan Terpusat (Wakaopspus) Satgas Aman Nusa II Irjen Pol Sudjarno mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi terkait penanganan bencana alam selama 2018.

“Awal tahun yang lalu kita lakukan apel dan sekarang akhir tahun, kita lakukan apel sekaligus mengevaluasi, menganalisa, untuk kita sempurnakan dalam rangka kontijensi Aman Nusa 2019,” kata Irjen Pol Sudjarno usai gelar pasukan kesiapsiagaan Aman Nusa II 2018 di Lapangan Mako Brimob Kelapadua, Depok, Jawa Barat, siang tadi.

Sudjarno yang juga Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri ini mengungkapkan, selama 2018 ini banyak kejadian bencana alam dan non-alam yang menimpa Indonesia dan telah melibatkan banyak anggota Polri yang diterjunkan ke lokasi-lokasi bencana tersebut.

Dia menyebut personel Polri telah dilibatkan penanganan bencana, di antaranya bencana gempa bumi Nusa Tenggara Barat, gempa dan tsunami Palu-Donggala serta jatuh pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

“Ini kita sudah evaluasi tadi sebelum apel. Kita lakukan evaluasi, bagaimana kelemahan-kelemahannya yang harus kita perbaiki. Kita juga meminta informasi-informasi dari BNPB maupun Basarnas, apa-apa saja yang perlu disinergikan untuk langkah-langkah perbaikan ke depan,” tuturnya.

Sudjarno mengatakan dalam gelar pasukan kesiapsiagaan Aman Nusa II 2018 ini merupakan langkah penyempurnaan terkait kesiapan peralatan, kesiapan personel dan lain sebagainya.

“Sebetulnya kita tidak mengharap ada kejadian-kejadian itu (bencana), tapi kita tentunya melakukan langkah-langkah antisipasi seandainya itu terjadi,” tegasnya.

Sudjarno juga mengatakan bahwa evaluasi itu juga termasuk penanganan gangguan keamanan paska bencana terjadi, seperti kasus penjarangan di Palu-Donggala tidak terulang kembali.

Apel gelar pasukan Aman Nusa II 2018 dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana 2018-2019 di lapangan Markas Komando Korbrimob Kelapadua ini diikuti 2.500 personel gabungan dari beberapa Satgas, di antaranya Satgas SAR terdiri dari 2010 personil Korp Brimob, 100 personel Ditpol Air, 14 personel Ditpol Satwa, 30 personel Ditpol Udara, serta Satgas Dirbimas Samapta Obvit, Satgas DVI, Satgas Lidik Sidik dan Satgas Banops.

Baca Juga: Hujan Deras, Listrik Terganggu, Sejumlah Arus Lalu Lintas Banjarmasin Dialihkan

Sumber: Antara
Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Presiden Joko Widodo

Nasional

Jokowi: Kritik dan Masukan Pers Penting untuk Ingatkan Pemerintah
apahabar.com

Nasional

Miris! Seorang Ustaz Dibacok Saat Acara Khataman Alquran di Musala
apahabar.com

Nasional

Lagi, TNI Kirim Kapal Perang Hadapi Konvoi Kapal China di Natuna
apahabar.com

Nasional

Dor! Polisi Tembak Kaki Penculik Anak di Palembang
apahabar.com

Nasional

KPK: Kalau Anggota DPR Nggak Bisa Rampungkan UU, Tak Usah Digaji
Eks  Timnas Indonesia U-19

Nasional

Ngaku Khilaf, Eks Timnas U-19 Diduga Terlibat Pelecehan Seksual

Nasional

Moratorium Lahan Sawit RI Berakhir, Harga CPO Dunia Drop 1,2%

Nasional

KPK Janji Kerja Keras Jerat Hukum Mati Mensos Juliari
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com