BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Tak Ber-IMB, Inspektorat Turun Tangan Menyingkap Tabir Sejarah Banjar (1): Misteri Makam Demang Lehman Luna Maya Pakai Dress Rp 44 Juta dan Handbag Rp 383 Juta, Netizen Kira Mantan Ariel Noah Tenteng Kaleng Cat! Kejutan! OPIN Susul Insan Kotabaru Dukung 2BHD

Evaluasi Penanganan Bencana Alam selama 2018 oleh Polri

- Apahabar.com Rabu, 5 Desember 2018 - 20:13 WIB

Evaluasi Penanganan Bencana Alam selama 2018 oleh Polri

Foto - Elshinta.com

apahabar.com, DEPOK – Wakil Kepala Operasi Kepolisan Terpusat (Wakaopspus) Satgas Aman Nusa II Irjen Pol Sudjarno mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi terkait penanganan bencana alam selama 2018.

“Awal tahun yang lalu kita lakukan apel dan sekarang akhir tahun, kita lakukan apel sekaligus mengevaluasi, menganalisa, untuk kita sempurnakan dalam rangka kontijensi Aman Nusa 2019,” kata Irjen Pol Sudjarno usai gelar pasukan kesiapsiagaan Aman Nusa II 2018 di Lapangan Mako Brimob Kelapadua, Depok, Jawa Barat, siang tadi.

Sudjarno yang juga Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri ini mengungkapkan, selama 2018 ini banyak kejadian bencana alam dan non-alam yang menimpa Indonesia dan telah melibatkan banyak anggota Polri yang diterjunkan ke lokasi-lokasi bencana tersebut.

Dia menyebut personel Polri telah dilibatkan penanganan bencana, di antaranya bencana gempa bumi Nusa Tenggara Barat, gempa dan tsunami Palu-Donggala serta jatuh pesawat Lion Air JT 610 di perairan Karawang, Jawa Barat.

“Ini kita sudah evaluasi tadi sebelum apel. Kita lakukan evaluasi, bagaimana kelemahan-kelemahannya yang harus kita perbaiki. Kita juga meminta informasi-informasi dari BNPB maupun Basarnas, apa-apa saja yang perlu disinergikan untuk langkah-langkah perbaikan ke depan,” tuturnya.

Sudjarno mengatakan dalam gelar pasukan kesiapsiagaan Aman Nusa II 2018 ini merupakan langkah penyempurnaan terkait kesiapan peralatan, kesiapan personel dan lain sebagainya.

“Sebetulnya kita tidak mengharap ada kejadian-kejadian itu (bencana), tapi kita tentunya melakukan langkah-langkah antisipasi seandainya itu terjadi,” tegasnya.

Sudjarno juga mengatakan bahwa evaluasi itu juga termasuk penanganan gangguan keamanan paska bencana terjadi, seperti kasus penjarangan di Palu-Donggala tidak terulang kembali.

Apel gelar pasukan Aman Nusa II 2018 dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana 2018-2019 di lapangan Markas Komando Korbrimob Kelapadua ini diikuti 2.500 personel gabungan dari beberapa Satgas, di antaranya Satgas SAR terdiri dari 2010 personil Korp Brimob, 100 personel Ditpol Air, 14 personel Ditpol Satwa, 30 personel Ditpol Udara, serta Satgas Dirbimas Samapta Obvit, Satgas DVI, Satgas Lidik Sidik dan Satgas Banops.

Baca Juga: Hujan Deras, Listrik Terganggu, Sejumlah Arus Lalu Lintas Banjarmasin Dialihkan

Sumber: Antara
Editor: Fariz

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Disediakan 35 Rest Area, Jemaah: Terima Kasih Warga Tala..
apahabar.com

Nasional

Gunung Merapi Alami 18 Kali Gempa Guguran

Nasional

Begini Kronologi Layangan Menyangkut di Roda Citilink Rute Yogya
apahabar.com

Nasional

Hari Pangan Dunia, FAO Indonesia: Pangan Global Rapuh Akibat Pandemi
apahabar.com

Nasional

KPU Sebut Jabatan Ma’ruf Amin di Bank Syariah Tak Langgar Hukum
apahabar.com

Nasional

Telkomsel Ajak Content Creators Maknai Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan
apahabar.com

Nasional

Indonesia Hentikan Sementara Kebijakan Bebas Visa Turis China
apahabar.com

Nasional

China: Korban Virus Corona di Wuhan Lebih Tinggi dari yang Dilaporkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com