Geger Jasad Pria Tertelungkup di Pantai Melawai Balikpapan Tarif PTAM Intan Banjar Naik 20 Persen, Simak Rinciannya Rumah Sakit TPT Banjarmasin Dihebohkan Si Jago Merah, Pasien Dilanda Kepanikan Waspada, Jaringan Narkotika Incar Pasar di IKN Nusantara & Daerah Penyangga 9 Bulan PDPB, KPUD Tabalong Temukan Ribuan Pemilih Ganda

Evgeny Kalyagin: PT KAB Siap Lanjutkan Pembangunan KAB Borneo

- Apahabar.com     Sabtu, 22 Desember 2018 - 11:17 WITA

Evgeny Kalyagin: PT KAB Siap Lanjutkan Pembangunan KAB Borneo

Infografis-apahabar.com/Arif

apahabar.com, SAMARINDA – Bertemu Dubes Rusia Ludmilla Vorobieva, Gubernur Kaltim Isran Noor kembali membahas Proyek Kereta Api Borneo (KAB).

Ya, upaya melanjutkan kerja sama proyek kereta api Rusia-Kalimantan Timur terus digenjot oleh pemerintah daerah.

Ludmilla tampak didampingi Direktur Utama PT KAB Eugeny Kalyagin, dan staf Kedutaan Rusia Denis Tetyushin. Pertemuan digelar di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Jumat (21/12).

“Pertemuan kita hari ini (kemarin) tidak lain kelanjutan pertemuan di Bali kemarin. Saya hanya ingin memastikan kelanjutan proyek kereta api Kaltim ini,” katanya dalam siaran persnya, Sabtu (22/12).

Isran Noor meminta kepastian dan keinginan investor asal Negeri Tirai Besi untuk melanjutkan pembangunan jalur kereta api di jalur selatan dari Kutai Barat ke Buluminung Penajam Paser Utara.

Terkait perizinan di daerah termasuk pembebasan lahan menurut dia, pemerintah daerah siap mendukung dan memfasilitasi.

“Investasi kan sudah besar. Sudah miliaran ya. Sayang kalau tidak dilanjutkan,” ucap Isran.

Dia memberi kesempatan dan kepastian kegiatan pada pertengahan Februari 2019 kepada pihak KAB sekaligus untuk melakukan kajian lebih mendalam.

Sementara, Dubes Rusia Ludmilla Vorobieva mengungkapkan apresiasinya kepada Pemprov Kaltim khususnya Gubernur Isran Noor yang membuka komunikasi dan kerjasama dengan pihak Rusia.

“Kami berterimaksih atas pertemuan yang sangat konstruktif dan kedutaan sangat berharap komunikasi terus berlanjut secara intensif,” ujarnya.

Baca Juga: Masih Menanti Investor, Kereta Api Tabalong-Banjarmasin Dijamin Tak Terabas Hutan

Sedangkan, Dirut PT KAB Evgeny Kalyagin menegaskan pihaknya siap melanjutkan pembangunan jalur kereta api untuk angkutan khusus kawasan selatan, bahkan tidak menutup kemungkinan jalur utara.

“Kami sudah investasi US$80 juta dan saat ini fokus mambangun pelabuhan di kawasan industri Buluminung PPU (Penajam Paser Utara),” jelasnya.

Selain ketiganya, tampak hadir Kepala Dinas Perhubungan Salman Lumoindong, Dirut Perusda Melati Bhakti Satya Agus Dwitarto, Kepala Biro Infratruktur Setdaprov Kaltim Lisa Hasliana dan Plt Kepala Biro Humas Riawati serta staf Biro Ekonomi.

Mereka tampak didampingi mantan Kepala perwakilan PT KAB wilayah Kaltim HM Yadi Sabyan Noor, Koordinator Staf Ahli Ketua DPD-RI Soy M Pardede dan Staf Ahli DPD-RI Ferdy Firmansyah.

Dari Kalsel, Jalur Kereta Api (KA) Trans Kalimantan lintas Tabalong-Banjarmasin dipastikan akan menggunakan tipe single track line atau jalur tunggal.

Adapun pembangunan guna menunjang aktifitas angkutan barang atau batubara di Banua -sebutan Kalsel-.

“Ya, itu benar mas spek (single track line) akan digunakan nantinya. Sejauh ini kita masih melakukan kajian trase dan studi kelayakan analisis dampak lingkungan,” ujar Kepala Sub Bagian Humas dan Kerja Sama Luar Negeri (KSLN) Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan RI, Eben Torsa kepada apahabar.com, Jumat (14/12).

Eben membenarkan, akan adanya desain penetapan trase alur kereta api khusus Trans Kalimantan, yakni segmen Tanjung-Paringin-Kandangan-Rantau. Sekedar informasi, jalur kereta api Tabalong-Banjarmasin akan dilintasi rel mulai dari Tanjung hingga berakhir di Banjarmasin.

Dengan tipe single track line, maka hanya dapat satu KA yang dapat melintasi pada jalur yang sama. Dengan tipe ini maka dipastikan waktu tempuh KA akan lebih lama, karena kereta harus mengantri.

Sebagai pengingat, pemerintah pusat menargetkan membangun jalur rel kereta api sepanjang 2.428 kilometer (Km). Rute rel membentang dari Kalimantan Utara menuju ke Selatan sampai Kota Banjarmasin, sebelum kemudian berbelok ke Kalimantan Barat melewati Kalimantan Tengah.

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Nekat, Lansia di Banjarmasin Barat Edar 111 Poket Sabu!
apahabar.com

Tak Berkategori

Kanada Kurang Tenaga Kerja, Ada 430 Ribu Lowongan Belum Terisi

Tak Berkategori

Cegah Pemadaman, Pemerintah Larang Ekspor Batu Bara di Januari 2022

Tak Berkategori

Oknum Polisi Penculik Siswi SMPN Banjarbaru Ditetapkan Tersangka
Ilustrasi - Karyawan memotret layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (19/11/2021). Foto-Antara/Galih Pradipta/wsj/pri

Tak Berkategori

Pergerakan Bursa Global Beragam, IHSG Awal Pekan Diperkirakan Datar
apahabar.com

Tak Berkategori

Kerap Terjadi Lakalantas, Warga Urunan Tutupi Lubang Jalan Margasari Tapin
Penjual Sabu

Tak Berkategori

Polres Tabalong Tangkap Penjual Sabu di Rumah Kontrakan
apahabar.com

Tak Berkategori

Resep Mie : Spicy Noodle Soup with Keecho
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com