Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap

Gandeng BI Kembangkan UMKM

- Apahabar.com     Senin, 3 Desember 2018 - 14:16 WITA

Gandeng BI Kembangkan UMKM

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu sentuhan pemerintah agar mereka bisa mengembangkan usaha. Foto - rimanews

apahabar.com, BATULICIN Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan menggandeng Bank Indonesia (BI) untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Bersujud guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Manager pelaksana pengembangan UMKM BI Ario Wibowo Teguh Prasetio, di Batulicin, Senin mengatakan, di dalam implementasi pengembangan UMKM di Tanah Bumbu maka para pelaku usaha dapat melaporkan atau menghubungkan dengan lembaga keungan BI.

“Kami akan melihat dan menganalisa potensi pengembangan usaha yang sudah dilakukan, dan membantu menyempurnakan apa saja yang perlu diperbaiki agar dapat mempermudah akses perbankan bagi pelaku usaha,” katanya.

Dia menjelaskan, Focus Group Discussion (FGD) di Tanah Bumbu, BI dan pemerintah daerah setempat bersama pelaku usaha juga dapat menyelasaikan masalah yang di hadapi pelaku usaha.

Menurutnya, melalui FGD segala permasalahan dapat diselesaikan salah satunya dengan memberikan pembekalan kepada pelaku usaha melalui pelatihan, pemasaran, pengembangan sumber daya manusia hingga sarana prasarana Koperasi.

“Pada dasarnya untuk mencapai kemitraan yang diharapkan maka diperlukan sinergitas antara BI dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi,” katanya.

Bupati Tanah Bumbu H. Sudiaan Noor, menambahkan, di Tanah Bumbu sendiri sangat banyak UMKM yang bisa dikembangkan salah satunya pengembangan pembuatan kain tenun pagatan yang berada di Kecamatan Kusan Hilir.

“Pengembangan pembuatan kain tenun Pagatan di Tanah Bumbu sangat penting, bahkan kain tenun Pagatan itu sendiri menjadi ciri khas daerah “Bumi Bersujud” sebagai buah tangan bagi para pendatang yang berkunjung ke Tanah Bumbu,” katanya.

Menurut Bupati sangat banyak UMKM di Tanah Bumbu yang harus dikembangkan melalui program ekonomi kreatif, seperti pembuatan krupuk ikan, amplang, dan pentol ikan yang menggunakan bahan baku ikan yang dihasilkan oleh nelayan setempat.

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Telkomsel

Tak Berkategori

Wow! Telkomsel Jadi Operator Seluler 5G Pertama di Indonesia
Balikpapan

Tak Berkategori

Duh, Wali Kota Balikpapan Terpilih Dipolisikan Terkait Dugaan Ijazah Palsu
apahabar.com

Tak Berkategori

Tergerus Zaman, Cakram Padat Nasibmu Kini…
Sekolah

Tak Berkategori

Belajar Tatap Muka Mulai 4 Januari, Berikut Prokes Sekolah di Batola

Tak Berkategori

Pemodal Tambang Ilegal Masih Buron! Kapolresta Balikpapan: Saya Mohon Segera Menyerahkan Diri
PSU Pilgub Kalsel

Tak Berkategori

PSU Pilgub Kalsel di Tapin, Rapat Pleno Tingkat Kecamatan Segera Dimulai
apahabar.com

Tak Berkategori

Belum Sempat Jual Motor Curian, Edi Keburu Dibekuk Polisi
apahabar.com

Tak Berkategori

Rupiah Melemah Dipicu Kekhawatiran Gelombang Kedua Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com