Titah Jokowi di Mataraman Kalsel: Segera Perbaiki Jembatan BREAKING! Jokowi Tiba di Kalsel, Langsung Blusukan Bagi Sembako Hujan Deras, Ribuan Korban Banjir Nantikan Kedatangan Jokowi di SDL Geger! Kakek Tak Bernyawa di Bak Truk Trisaksti Banjarmasin Yuk Nyumbang, Razi Sudah Relakan Pakaiannya untuk Korban Banjir Kalsel

Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Mamasa

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 15:13 WIB

Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Mamasa

Ilustrasi daerah gempa. Foto: BMKG

apahabar.com, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar kembali melaporkan adanya aktivitas gempa bumi di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat dengan kekuatan 3,1 Skala Richter, Kamis (6/12) pagi.

“Tepat pukul 08:51:01 Wita telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Mamasa, Sulawesi Barat yang kekuatan getarannya sekitar 3,1 SR,” ujar Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Joharman di Makassar, Kamis.

Pusat gempa yang berada di darat pada jarak 6.58 kilometer (km) barat laut Kecamatan Nosu, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dengan kedalaman 10 km.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 3,1 SR itu berada di koordinat episenter 3.1 lintang selatan (LS) – 119.50 bujur timur (BT).

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang,” katanya.

Dia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kabupaten Mamasa sebesar III MMI.

Joharman mengatakan bahwa gempa itu tidak akan menimbulkan tsunami, meskipun dalam sehari terjadi beberapa kali gempa bumi.

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung sedikit bergoyang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti,” ucapnya.

Joharman mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap bersikap tenang, serta memperbaharui terus informasi-informasi dari BMKG maupun BPBD.

Baca Juga : BPBD Mataram Belum Terima Laporan Dampak Gempa

Sumber: Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: rifad - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

PPP: Pernyataan Sukmawati Berpotensi Ganggu Kerukunan Umat Beragama
apahabar.com

Nasional

Hadiri Undangan HRS, Anies Baswedan Akan Dipanggil Polisi
apahabar.com

Nasional

Hillary Brigitta Lasut, Anggota DPR Termuda yang Pimpin Sidang Sementara
apahabar.com

Nasional

Ini Besaran Santunan Untuk Pejuang Demokrasi
apahabar.com

Nasional

Besok, Munas I JMSI Akan Dibuka Menko Perekonomian
apahabar.com

Nasional

4 Komite DPD Sepakat Tolak Sentralisasi di RUU Ciptakerja
apahabar.com

Nasional

Pecahkan Rekor AARM 2018, TNI AD Masih Perkasa Se-Asia Tenggara
apahabar.com

Nasional

Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir Boalemo
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com