PT. SBKW Perusahaan Resmi, Cuncung Sayangkan Media Tidak Cek And Balance Mediasi Buntu! Kades di Amuntai Ancam Sweeping Truk Conch Mensos Risma Dikabarkan Akan Tinjau Korban Longsor di Maradapan Kotabaru La Nina, Wilayah Pesisir Kalsel Jadi Atensi Khusus Jelang Piala AFF 2021, Evan Dimas Tetap Kapten Timnas Indonesia

Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Mamasa

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 15:13 WITA

Gempa 3,1 SR Kembali Guncang Mamasa

Ilustrasi daerah gempa. Foto: BMKG

apahabar.com, Makassar – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah IV Makassar kembali melaporkan adanya aktivitas gempa bumi di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat dengan kekuatan 3,1 Skala Richter, Kamis (6/12) pagi.

“Tepat pukul 08:51:01 Wita telah terjadi gempabumi tektonik di daerah Mamasa, Sulawesi Barat yang kekuatan getarannya sekitar 3,1 SR,” ujar Plt Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Joharman di Makassar, Kamis.

Pusat gempa yang berada di darat pada jarak 6.58 kilometer (km) barat laut Kecamatan Nosu, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, dengan kedalaman 10 km.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 3,1 SR itu berada di koordinat episenter 3.1 lintang selatan (LS) – 119.50 bujur timur (BT).

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Saddang,” katanya.

Dia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Kabupaten Mamasa sebesar III MMI.

Joharman mengatakan bahwa gempa itu tidak akan menimbulkan tsunami, meskipun dalam sehari terjadi beberapa kali gempa bumi.

“Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung sedikit bergoyang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti,” ucapnya.

Joharman mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap bersikap tenang, serta memperbaharui terus informasi-informasi dari BMKG maupun BPBD.

Baca Juga : BPBD Mataram Belum Terima Laporan Dampak Gempa

Sumber: Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kepala Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Tambah Nilai Ekonomi di Sektor Nontradisional
apahabar.com

Nasional

Anak Buah Jaksa Agung Terjaring Operasi Senyap KPK
apahabar.com

Nasional

Kebakaran di Kejagung RI, Dokumen Perkara dan Tahanan Disebut Aman
apahabar.com

Nasional

Sampah di Kepulauan Seribu Capai 40 Ton per Hari
apahabar.com

Nasional

Artis VS Minta Maaf kepada Keluarga
apahabar.com

Nasional

Pemulangan Jenazah Ani Yudhoyono ke Jakarta Dipercepat Malam Ini Juga
apahabar.com

Nasional

Giliran Pratikno, Nico Harjanto dan Fadjroel Rahman Datangi Istana
Terbakar

Nasional

KM Karya Indah Terbakar, 181 Penumpang Selamat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com