Penumpang Kapal Feri Kotabaru-Batulicin Menyusut 60 Persen Rayakan HUT ke-60, Bank Bjb Gelar Promo di Ratusan Merchant Duh, Keripik Singkong Tanpa Label Usang Dijual Bebas di Banjarmasin Pj Gubernur Kalsel: Larangan Mudik Berlaku Lintas Provinsi dan Kabupaten Momen Ramadan, Hipmi Tanah Bumbu Bagikan Ribuan Paket Bapok untuk Duafa

Gempa Dahsyat Guncang Alaska, Jalan Raya Rusak Parah

- Apahabar.com Sabtu, 1 Desember 2018 - 15:54 WIB

Gempa Dahsyat Guncang Alaska, Jalan Raya Rusak Parah

Sebuah mobil terperangkap di jalan raya yang runtuh akibat gempa di Anchorage, Alaska, Jumat (30/11). Foto/twitter@jwhittenbergk5.

apahabar.com, BANJARMASIN – Gempa bumi mengguncang bangunan dan merusak jalan raya di wilayah Anchorage, Alaska, Jumat (30/11) malam.

Kerusakan yang terjadi akibat gempa masih belum jelas. Namun sebuah rekaman diunggah secara online menunjukkan jalan raya yang amblas akibat guncangan.  Sebuah mobil terperangkap di dalamnya.

Otoritas setempat menyatakan episentrum gempa berada pada 7 mil 12 kilometer (12 kilometer) di utara kota terbesar Alaska.

Sementara Badan Geologi setempat melaporkan kekuatan gempa pada 7,0 SR setelah awalnya menyatakan gempa tersebut sebesar 6,6 SR. Serangkaiaan gempa susulan juga sempat menghantam daerah itu dengan gempa  terbesar mencapai 5,7 SR.

Sebagian besar jalan layang di dekat bandara Anchorage runtuh, menjebak sebuah mobil yang hancur. Beberapa mobil juga saling bertabrakan di persimpangan utama di Wasilla, utara Anchorage, selama gempa.

Masih dampak gempa, penerbangan di bandara setempat dikabarkan ditunda selama berjam-jam, setelah gempa memutus telepon dan mengevakuasi staf menara kontrol. Sementara pipa minyak Alaska sepanjang 1.287 kilometer ditutup, kemudian tim dikirim untuk memeriksa kerusakan.

Gubernur Alaska Bill Walker menyatakan di Twitter bahwa pihaknya telah melakukan kontak dengan Gedung Putih terkait gempa ini. Walker dan pejabat senior Alaska mengaku telah berkoordinasi dengan tim tanggap darurat untuk memastikan bahwa Alaska aman.

“Kami terus memantau laporan gempa susulan dan menilai kerusakan jalan, jembatan dan bangunan,” katanya.

Walker juga memastikan pusat komando tanggap bencana telah didirikan di sebuah pangkalan militer di timur laut Anchorage.

Alaska adalah lokasi gempa paling kuat yang pernah tercatat di AS. Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 9.2 pada tanggal 27 Maret 1964, berpusat sekitar 120 kilometer timur Anchorage. Gempa ini menewaskan 130 orang.

Alaska rata-rata mengalami 40.000 gempa bumi per tahun.

Baca Juga : Mantan Presiden AS George H.W Bush Wafat Pada Usia 94 Tahun

Sumber: Tribun
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Misteri MH370 di Langit Banda Aceh dan Dugaan Pesawat Celaka di Pulau Christmas
apahabar.com

Global

Arab Saudi Tidak Mau Serahkan Tersangka Kasus Khashoggi
apahabar.com

Global

Ribuan Warga Serbia Turun ke Jalan, Protes Serangan Terhadap Politisi Oposisi
apahabar.com

Global

1,3 Juta Ayam Dibantai di Hong Kong demi Lawan ‘Virus Misterius’
apahabar.com

Global

MUI Kecam Keras Penindasan Muslim Uighur di Tiongkok
apahabar.com

Global

152 Ribu Pengungsi Pulang ke Darfur Utara
apahabar.com

Global

Penumpang Ini Lahirkan Bayinya dalam Penerbangan ke Istanbul
apahabar.com

Global

Kala UMKM Indonesia Berburu Peluang Pasar di Kamboja
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com