Ibadah Ramadan di Banjarbaru Diperbolehkan dengan Prokes, Petasan Jangan! Bawaslu Kalsel Tanggapi Santai Aduan Denny Indrayana ke Pusat Kronologi Lengkap Penemuan Jasad Tak Utuh di Gang Jemaah II Banjarmasin Mudik Dilarang, Terminal Pal 6 Banjarmasin Tutup Rute Antarkabupaten-kota Mudik Ramadan Dilarang, Pertamina Kalimantan Tambah 3 Persen Pasokan Gas

Gempa Lagi, Kali Ini Mengguncang Kepulauan Nias

- Apahabar.com Rabu, 5 Desember 2018 - 11:00 WIB

Gempa Lagi, Kali Ini Mengguncang Kepulauan Nias

RUSAK – Sejumlah bangunan rusak akibat gempa. Foto-suaranusantara

apahabar.com, NIAS – Gempa terjadi pukul 10.10.20 WIB, Kamis, 16 Agustus 2018. Pusat gempa berlokasi di lautan 25 kilometer tenggara wilayah Nias Selatan, atau pada titik koordinat 0.56 LU, 98.40 BT di kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam siaran tertulisnya menyebutkan, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

Baca Juga : Chicco Ketagihan Main Film Action

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran naik.

Dampak gempabumi berdasarkan peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG)dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan antara lain di daerah Teluk Dalam Nias Selatan, Gunung Sitoli pada skala II SIG-BMKG atau II – III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 10.22 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : Vivanews
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ini Bocoran Kisi-Kisi Soal Tes CPNS 2019
apahabar.com

Nasional

Menahan Pastikan Pemindahan Ibu Kota Sudah Melalui Kajian Strategis
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta Pemadaman Listrik Tidak Terulang Lagi
1812

Nasional

Massa Aksi 1812 Ricuh, Simpatisan Habib Rizieq Shihab Ditangkap

Nasional

Satgas Lihat Persentase Kasus Aktif Covid-19 Terus Menurun
apahabar.com

Nasional

PLN Ajak Masyarakat Beralih ke Kompor Listrik, Katanya Hemat Rp 50.000 per Bulan
vaksinasi

Nasional

Dua Warga Karawang Terpapar Mutasi Corona B117, Begini Kronologinya
FPI

Nasional

Kapolda Sulsel Sebut Terduga Teroris yang Ditangkap di Makassar Terkait FPI
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com