Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam [ANALISIS] Tembok Retak RS Sultan Suriansyah Tuai Sorotan Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik

Gempa Lagi, Kali Ini Mengguncang Kepulauan Nias

- Apahabar.com     Rabu, 5 Desember 2018 - 11:00 WITA

Gempa Lagi, Kali Ini Mengguncang Kepulauan Nias

RUSAK – Sejumlah bangunan rusak akibat gempa. Foto-suaranusantara

apahabar.com, NIAS – Gempa terjadi pukul 10.10.20 WIB, Kamis, 16 Agustus 2018. Pusat gempa berlokasi di lautan 25 kilometer tenggara wilayah Nias Selatan, atau pada titik koordinat 0.56 LU, 98.40 BT di kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono dalam siaran tertulisnya menyebutkan, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

Baca Juga : Chicco Ketagihan Main Film Action

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu penyesaran naik.

Dampak gempabumi berdasarkan peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG)dan laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan antara lain di daerah Teluk Dalam Nias Selatan, Gunung Sitoli pada skala II SIG-BMKG atau II – III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami

Hingga pukul 10.22 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sumber : Vivanews
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Soal Natuna, PKS Puji Retno Tapi Kritik Sikap Lembek Prabowo
Vaksin

Nasional

Dapat Izin dari BPOM, Ketahui Perbedaan Vaksin Moderna dengan Sinovac
Film Indonesia

Nasional

Jokowi Bangga 4 Film Indonesia Juara di Festival Dunia

Nasional

Cuaca Kalsel Hari Ini: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang
Gisel

Nasional

Video Syur Gisel Ternyata Dibuat Pertengahan 2017 di Medan
Banjir

Nasional

Banjir dan Longsor Terjang Manado, 5 Orang Tewas
apahabar.com

Nasional

Jokowi Tegaskan Evakuasi WNI dari Wuhan China Misi Mulia
apahabar.com

Nasional

Kontroversi Jumlah Halaman UU Cipta Kerja, Mensesneg Beri Penjelasan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com