Cuaca Kalsel Hari Ini: Pagi Cerah Berawan, Siang Berpotensi Hujan di Seluruh Wilayah Kapolres Angkat Bicara, Kapolsek Bungkam Soal Penembakan Maut Martapura Dugaan Skimming Bank Kalsel, Bank Sentral Angkat Bicara Pemerintah Canangkan Subtitusi Komoditas Impor Beralih ke Produk Dalam Negeri Kementerian Investasi Kantongi 700 Pengaduan Keberatan IUP yang Dicabut  
agustus

Gubernur: Pengusaha Perbaiki Jalan dan Rumah Longsor di Sanga – sanga

- Apahabar.com     Senin, 3 Desember 2018 - 07:45 WITA

Gubernur: Pengusaha Perbaiki Jalan dan Rumah Longsor di Sanga – sanga

Foto : news.prokal.co

Ada tiga aturan yang dimaksud. Pertama peraturan Menteri Lingkungan Hidup 4/2012 tentang Indikator Ramah Lingkungan untuk Usaha, dan Kegiatan Penambangan Terbuka Batu Bara. Diatur jarak minimal tepi galian tambang dengan permukiman dan fasilitas umum adalah 500 meter.

Kedua, Perda Kabupaten Kutai Kartanegara 2/2014 tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara Pasal 20 huruf C mengharuskan izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi tak menambang di 500 meter dari area pemukiman.

Ketentuan terakhir, Perda Kaltim 1/2016 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltim Pasal 51 ayat 8 menyebut indikasi arahan peraturan zonasi kawasan pertambangan minimal satu kilometer dari permukiman tersebut.

“Bencana ekologis akibat eksploitasi pertambangan di sana menyebabkan sedikitnya enam rumah mengalami amblas dan hancur. Itu diduga kuat akibat aktivitas pertambangan Anak Perusahaan Toba Bara Group,” ucap Dinamisator Jatam Kaltim Pradarma Rupang kepada media ini, malam tadi.

Tak main-main. Jatam memantau, bencana ekologis yang ditimbulkan memutus 50 meter badan jalan penghubung Sangasanga dan Muara Jawa, Kukar. Ada enam KK kehilangan tempat tinggal, dan sepuluh KK diungsikan. Mereka adalah warga yang berada dalam radius tambang 200 meter itu.

“Karena aktivitas produksinya sangat dekat dengan pemukiman penduduk dan ruas jalan, jaraknya tak lebih dari 100 meter,” ungkapnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Update Pemungutan Suara, Partisipasi Pemilih di HSS Menggembirakan
apahabar.com

Tak Berkategori

Audi Marissa Lebih Senang Bekerja Saat Puasa, Ini Alasannya
Curi HP

Tak Berkategori

Curi HP di Jok Motor, Pria di Balikpapan Diringkus Polisi
apahabar.com

Tak Berkategori

Demam Sepeda Lipat di Banjarmasin, Intip Kualitas Produk Lokal Ini

Tak Berkategori

14 Orang Tewas dalam Serangan Bom Langka di Suriah
apahabar.com

Tak Berkategori

Bertambah 6, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 264 Kasus

Tak Berkategori

Cristiano Ronaldo Kembali ke Manchester United, Via Vallen Pasang Emoticon Haru
apahabar.com

Tak Berkategori

9 Langkah Awal Ternak Ikan Cupang Bagi Pemula Agar Membuahkan Hasil Secara Tepat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com