Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya Tak Hadir Rapat, Pansus DPRD Kapuas Nilai Eksekutif Tak Kooperatif!

Gubernur: Pengusaha Perbaiki Jalan dan Rumah Longsor di Sanga – sanga

- Apahabar.com     Senin, 3 Desember 2018 - 07:45 WITA

Gubernur: Pengusaha Perbaiki Jalan dan Rumah Longsor di Sanga – sanga

Foto : news.prokal.co

Ada tiga aturan yang dimaksud. Pertama peraturan Menteri Lingkungan Hidup 4/2012 tentang Indikator Ramah Lingkungan untuk Usaha, dan Kegiatan Penambangan Terbuka Batu Bara. Diatur jarak minimal tepi galian tambang dengan permukiman dan fasilitas umum adalah 500 meter.

Kedua, Perda Kabupaten Kutai Kartanegara 2/2014 tentang Pengelolaan Pertambangan Mineral dan Batubara Pasal 20 huruf C mengharuskan izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi tak menambang di 500 meter dari area pemukiman.

Ketentuan terakhir, Perda Kaltim 1/2016 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltim Pasal 51 ayat 8 menyebut indikasi arahan peraturan zonasi kawasan pertambangan minimal satu kilometer dari permukiman tersebut.

“Bencana ekologis akibat eksploitasi pertambangan di sana menyebabkan sedikitnya enam rumah mengalami amblas dan hancur. Itu diduga kuat akibat aktivitas pertambangan Anak Perusahaan Toba Bara Group,” ucap Dinamisator Jatam Kaltim Pradarma Rupang kepada media ini, malam tadi.

Tak main-main. Jatam memantau, bencana ekologis yang ditimbulkan memutus 50 meter badan jalan penghubung Sangasanga dan Muara Jawa, Kukar. Ada enam KK kehilangan tempat tinggal, dan sepuluh KK diungsikan. Mereka adalah warga yang berada dalam radius tambang 200 meter itu.

“Karena aktivitas produksinya sangat dekat dengan pemukiman penduduk dan ruas jalan, jaraknya tak lebih dari 100 meter,” ungkapnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Belajar Ketelitian pada Secangkir Kopi Guru Seman Mulya
David NOAH

Tak Berkategori

Terjerat Hutang Miliaran, David NOAH Dilaporkan Polisi
apahabar.com

Tak Berkategori

Pemuda Tabalong Simpan Ribuan Butir Obat Ilegal dari Kota Bertakwa
apahabar.com

Tak Berkategori

Polisi Ringkus Remaja Sampit Sembunyikan 74,62 Gram Sabu Dalam Popok Bayi
apahabar.com

Tak Berkategori

Menkominfo Bantah Tudingan Warganet Soal Blokir Indoxxi
apahabar.com

Tak Berkategori

Harga Minyak Naik Didorong Pengurangan Stok AS
apahabar.com

Tak Berkategori

Jelang Lebaran Toko Emas Ramai Dikunjungi
apahabar.com

Tak Berkategori

DJ Butterfly Masuk Islam, Baca Syahadat Dipandu Gus Miftah, Simak Videonya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com