Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan Sudah Berdatangan

- Apahabar.com     Kamis, 13 Desember 2018 - 19:00 WITA

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan  Sudah Berdatangan

MENGGUNUNG - Kayu bakar bantuan dari masyarakat Margasari Tapin dan Pengaron Banjar, terlihat menggunung di Dapur Umum Haul Abah Guru Sekumpul, Gang Taufiq Martapura. Foto-apahabar.com/Zepi

apahabar.com, MARTAPURA – Haul Abah Guru Sekumpul -KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- ke 14 masih tiga bulan lagi, namun antusias masyarakat Kalimantan Selatan sudah terlihat. Bantuan kayu bakar mulai berdatangan.

Tiga truk kayu bakar, Kamis (13/12) sore sudah sampai di Dapur Umum, Gang Taufiq, Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

“Kayu Bakar ini bantuan warga Margasari Tapin dan warga Pengaron. Totalnya sekitar tiga truk yang sudah datang di tempat kami,” ujar salah seorang kordinator relawan Dapur Umum Gang Taufiq, Martapura, Husai.

Menurut Husai, seperti tahun-tahun sebelumnya, bantuan mulai berdatangan di tiga bulan sebelum hari Haul Abah Guru Sekumpul. Puncak bantuan, akan datang pada dua bulan sampai setengah bulan, sebelum acara haul.

“Tahun kemarin, bantuan kayu bakar sampai 55 truk. Biasanya selain Margasari dan Pengaron, bantuan datang dari warga Karang Intan, Cempaka, Bati-Bati, dan Tanah Laut. Ada juga bantuan arang dari Landasan Ulin, Banjarbaru,” ungkapnya.

Husai menjelaskan, selain bantuan kayu bakar dan arang, pihaknya juga biasanya menerima bantuan, beras, bumbu, kertas nasi, plastik, kambing sampai dengan sapi. Bahkan jumlahnya tidak sedikit, untuk sapi saja sampai 30 ekor lebih di Haul ke 13 tahun 2018 kemarin. Bantuan ini dari masyarakat Kalimantan Selatan dan lainnya.

“Kami menerima saja bantuan dari siapa pun, asal jangan besponsor saja. Karena sudah menjadi amanat Abah Guru Sekumpul.”

Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui ditetapkannya tanggal Haul Abah Guru Sekumpul. Karena masih menunggu keputusan dari dua anak beliau; Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali serta imam langgar Ar Raudah Sekumpul, Guru Sa’duddin.

“Tapi biasanya jatuh pada tanggal 5 Rajab, atau sekitar bulan Maret 2019 nanti. Tapi kami masih menunggu rapat nanti,” pungkasnya.

Reporter : Zepi Al Ayubi

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Religi

Bayangan Kakbah Hilang Sesaat
apahabar.com

Habar

Fatwa MUI tentang Pedoman Pengurusan Jenazah Muslim Terinfeksi Covid-19
apahabar.com

Habar

Polda Kalsel Larang Truk Melintas Sepanjang Perayaan Haul Guru Sekumpul Ke-15
apahabar.com

Habar

Arab Saudi Pasang Kamera Termal, Siap Pantau Jemaah Umrah
apahabar.com

Habar

Malam Tahun Baru Islam, Bupati H Ansharuddin Beri Honor 733 Guru Agama dan Kaum Masjid
apahabar.com

Habar

Kaligrafi Arab Segera Didaftarkan Sebagai Warisan UNESCO
apahabar.com

Habar

37 Masjid di Singapura Keluarkan 600 Ribu Dolar untuk Buka Puasa Warganya
apahabar.com

Habar

Berdakwah Jemput Bola Ala Abu Darda
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com