ga('send', 'pageview');
Jokowi Pidato Perdana di Sidang Umum PBB, BTS Jadi Pembicara Khusus VIDEO: Pengurus PDIP Resmi Laporkan Pemilik Akun FB Geger Mayat di Batara HST, Polisi Beber Identitas Korban Siang Bolong, Kabupaten HST Geger Mayat Lagi Sungai Bilu Banjarmasin Heboh! Anak Hilang Diduga Disembunyikan Makhluk Halus

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan Sudah Berdatangan

- Apahabar.com Kamis, 13 Desember 2018 - 19:00 WIB

Haul Abah Guru Sekumpul Tiga Bulan lagi, Bantuan  Sudah Berdatangan

MENGGUNUNG - Kayu bakar bantuan dari masyarakat Margasari Tapin dan Pengaron Banjar, terlihat menggunung di Dapur Umum Haul Abah Guru Sekumpul, Gang Taufiq Martapura. Foto-apahabar.com/Zepi

apahabar.com, MARTAPURA – Haul Abah Guru Sekumpul -KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani- ke 14 masih tiga bulan lagi, namun antusias masyarakat Kalimantan Selatan sudah terlihat. Bantuan kayu bakar mulai berdatangan.

Tiga truk kayu bakar, Kamis (13/12) sore sudah sampai di Dapur Umum, Gang Taufiq, Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar.

“Kayu Bakar ini bantuan warga Margasari Tapin dan warga Pengaron. Totalnya sekitar tiga truk yang sudah datang di tempat kami,” ujar salah seorang kordinator relawan Dapur Umum Gang Taufiq, Martapura, Husai.

Menurut Husai, seperti tahun-tahun sebelumnya, bantuan mulai berdatangan di tiga bulan sebelum hari Haul Abah Guru Sekumpul. Puncak bantuan, akan datang pada dua bulan sampai setengah bulan, sebelum acara haul.

Baca juga :  Operasi Yustisi TNI-Polri di Pengaron, 7 Warga Terjaring Tak Kenakan Masker

“Tahun kemarin, bantuan kayu bakar sampai 55 truk. Biasanya selain Margasari dan Pengaron, bantuan datang dari warga Karang Intan, Cempaka, Bati-Bati, dan Tanah Laut. Ada juga bantuan arang dari Landasan Ulin, Banjarbaru,” ungkapnya.

Husai menjelaskan, selain bantuan kayu bakar dan arang, pihaknya juga biasanya menerima bantuan, beras, bumbu, kertas nasi, plastik, kambing sampai dengan sapi. Bahkan jumlahnya tidak sedikit, untuk sapi saja sampai 30 ekor lebih di Haul ke 13 tahun 2018 kemarin. Bantuan ini dari masyarakat Kalimantan Selatan dan lainnya.

Baca juga :  Mapaba Akbar di Kampus IAID Martapura Tanpa Izin GTPP Banjar, Simak Kata Dandim

“Kami menerima saja bantuan dari siapa pun, asal jangan besponsor saja. Karena sudah menjadi amanat Abah Guru Sekumpul.”

Sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui ditetapkannya tanggal Haul Abah Guru Sekumpul. Karena masih menunggu keputusan dari dua anak beliau; Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali serta imam langgar Ar Raudah Sekumpul, Guru Sa’duddin.

“Tapi biasanya jatuh pada tanggal 5 Rajab, atau sekitar bulan Maret 2019 nanti. Tapi kami masih menunggu rapat nanti,” pungkasnya.

Reporter : Zepi Al Ayubi

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Dakwaan, Kata Arab yang Dipakai Dunia Hukum
apahabar.com

Religi

Menolak Ajakan Istri Berhubungan, Apakah Suami Berdosa?
apahabar.com

Habar

Respon Penusukan Syekh Ali Jaber, Habib Ali: Resiko Dakwah
apahabar.com

Habar

Tetap di Rumah, LDNU Banjar Gelar Kajian Online di Ramadhan
apahabar.com

Habar

Majelis Taklim di Masjid Jami Belum Dibuka, Pengurus Sebut Ada Kaitan dengan Sekumpul
apahabar.com

Religi

Sejak Kecil Nabi Muhammad SAW Benci Perbuatan Syirik, Ini Kisahnya
apahabar.com

Religi

Haul Guru Sekumpul, Puluhan Sekolah Diliburkan
apahabar.com

Religi

Usai Puasa Ramadan, Warga Lombok Lanjutkan Tradisi Puasa Syawal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com