Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika

- Apahabar.com Sabtu, 29 Desember 2018 - 07:15 WIB

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping berjabat tangan saat makan malam di Mar-a-Lago, April 6, 2017, in Palm Beach, Florida. Foto - Tempo

apahabar.com, BEIJING – Pemerintah Cina telah membuka pintu impor beras asal Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak perang dagang meletus pada Juli 2018.

Analis melihat ini sebagai indikasi mencairnya hubungan kedua ekonomi terbesar dunia, yang ditandai perang tarif sejak pertengahan tahun ini.

“Lampu hijau dari kantor bea cukai Cina terlihat dari pernyataan yang diunggah di situs lembaga itu,” begitu dilansir Channel News Asia dengan mengutip Reuters pada Jumat, (28/12).

Baca Juga: Setelah Evan Dimas, Giliran David Maulana Direkrut Barito Putera

Hubungan Cina dan AS mulai mencair pasca kesepakatan gencatan tarif yang dibuat Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden Cin, Xi Jinping, di Buenos Aires, pada 1 Desember 2018. Keduanya sepakat untuk moratorium sementara kenaikan tarif selama 90 hari sambil menggelar negosiasi.

Saat ini, AS telah mengenakan kenaikan tarif untuk impor barang senilai US$250 miliar atau sekitar Rp3.600 triliun. Sedangkan Cina membalas dengan menaikkan tarif untuk impor senilai US$110 miliar atau sekitar Rp1.600 triliun. Produk yang disasar kedua negara seperti daging babi, kedelai, elektronik, hingga komponen pesawat terbang.

Saat ini belum diketahui berapa banyak jumlah impor beras Cina, yang kebanyakan berasal dari negara di Asia.

Baca Juga: Kaleidoskop 2018: Narkoba Picu Kekerasan Anak dan Perempuan di Kalsel!

Sejak 27 Desember 2018, impor berbagai jenis beras dari AS seperti beras coklat, beras mengkilap dan beras hancur akan diizinkan asalkan memenuhi standar inspeksi dari Cina dan terdaftar di Departemen Pertanian AS.

“Pemberian izin impor beras dari AS menunjukkan meningkatnya hubungan AS dan Cina,” kata Cherry Zhang, seorang analis dari perusahaan konsultan JCI. Dia menduga impor itu dilakukan perusahaan negara Cina.

 

Sumber: Tempo
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Di Polandia, WALHI Minta Para Kepala Negara Serius Tangani Perubahan Iklim
apahabar.com

Global

Peristiwa Langka, Super Blood Moon akan Terlihat di Januari Mendatang
Video Syur

Global

4,5 Jam Diperiksa Terkait Video Syur, Gisel Minta Maaf
apahabar.com

Global

1.709 Pelajar di Malaysia Positif Narkotika
apahabar.com

Global

Rusia dan Turki Bahas Suriah Setelah Penarikan Tentara AS
apahabar.com

Global

Kim Jong-un Peringatkan AS, Korut Bisa ‘Berubah Arah’
apahabar.com

Global

Dianggap Bocorkan Rahasia Militer, Surat Kabar Nigeria Digerebek Tentara
apahabar.com

Global

Filipina Kerahkan Pasukan Berhijab, Ini Tujuannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com