Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika

- Apahabar.com Sabtu, 29 Desember 2018 - 07:15 WIB

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping berjabat tangan saat makan malam di Mar-a-Lago, April 6, 2017, in Palm Beach, Florida. Foto - Tempo

apahabar.com, BEIJING – Pemerintah Cina telah membuka pintu impor beras asal Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak perang dagang meletus pada Juli 2018.

Analis melihat ini sebagai indikasi mencairnya hubungan kedua ekonomi terbesar dunia, yang ditandai perang tarif sejak pertengahan tahun ini.

“Lampu hijau dari kantor bea cukai Cina terlihat dari pernyataan yang diunggah di situs lembaga itu,” begitu dilansir Channel News Asia dengan mengutip Reuters pada Jumat, (28/12).

Baca Juga: Setelah Evan Dimas, Giliran David Maulana Direkrut Barito Putera

Hubungan Cina dan AS mulai mencair pasca kesepakatan gencatan tarif yang dibuat Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden Cin, Xi Jinping, di Buenos Aires, pada 1 Desember 2018. Keduanya sepakat untuk moratorium sementara kenaikan tarif selama 90 hari sambil menggelar negosiasi.

Saat ini, AS telah mengenakan kenaikan tarif untuk impor barang senilai US$250 miliar atau sekitar Rp3.600 triliun. Sedangkan Cina membalas dengan menaikkan tarif untuk impor senilai US$110 miliar atau sekitar Rp1.600 triliun. Produk yang disasar kedua negara seperti daging babi, kedelai, elektronik, hingga komponen pesawat terbang.

Saat ini belum diketahui berapa banyak jumlah impor beras Cina, yang kebanyakan berasal dari negara di Asia.

Baca Juga: Kaleidoskop 2018: Narkoba Picu Kekerasan Anak dan Perempuan di Kalsel!

Sejak 27 Desember 2018, impor berbagai jenis beras dari AS seperti beras coklat, beras mengkilap dan beras hancur akan diizinkan asalkan memenuhi standar inspeksi dari Cina dan terdaftar di Departemen Pertanian AS.

“Pemberian izin impor beras dari AS menunjukkan meningkatnya hubungan AS dan Cina,” kata Cherry Zhang, seorang analis dari perusahaan konsultan JCI. Dia menduga impor itu dilakukan perusahaan negara Cina.

 

Sumber: Tempo
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Merdeka.com

Global

Rusdi Kirana Marah, Lion Air Batalkan Pesanan Pesawat ke Boeing?
apahabar.com

Global

Pemerintah Cina Bayar Pelapor Konten Illegal Hingga Rp 1,2 Miliar
apahabar.com

Global

Sengketa Dua Negara di Balik Penangkapan Petinggi Huawei
apahabar.com

Global

LGBT Kalah Referendum, Taiwan Tolak Pernikahan Sesama Jenis
apahabar.com

Global

Sempat Menjadi PRT, H’Hen Nie Kejutkan Perhelatan Miss Universe 2018
apahabar.com

Global

Di Polandia, WALHI Minta Para Kepala Negara Serius Tangani Perubahan Iklim
apahabar.com

Global

Langgar Sanksi AS terhadap Iran, Bos Huawei Ditangkap di Kanada
apahabar.com

Global

Jelang Unjuk Rasa, Enam Jalan Utama Kualalumpur Ditutup
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com