Breaking News! Tabrakan Horor di Kotabaru, Motor vs Mobil Honda BRV Di Mubes WAPDA ke-IV, Gubernur Kalsel Ungkap Proyek Siring Ponpes Darussalam Jembatan Ambruk, Warga Pingaran Ilir Terpaksa Menyeberang Pakai Perahu Tali Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika

- Apahabar.com     Sabtu, 29 Desember 2018 - 07:15 WITA

Hubungan Mencair, Cina Mulai Impor Beras Amerika

Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping berjabat tangan saat makan malam di Mar-a-Lago, April 6, 2017, in Palm Beach, Florida. Foto - Tempo

apahabar.com, BEIJING – Pemerintah Cina telah membuka pintu impor beras asal Amerika Serikat untuk pertama kalinya sejak perang dagang meletus pada Juli 2018.

Analis melihat ini sebagai indikasi mencairnya hubungan kedua ekonomi terbesar dunia, yang ditandai perang tarif sejak pertengahan tahun ini.

“Lampu hijau dari kantor bea cukai Cina terlihat dari pernyataan yang diunggah di situs lembaga itu,” begitu dilansir Channel News Asia dengan mengutip Reuters pada Jumat, (28/12).

Baca Juga: Setelah Evan Dimas, Giliran David Maulana Direkrut Barito Putera

Hubungan Cina dan AS mulai mencair pasca kesepakatan gencatan tarif yang dibuat Presiden AS, Donald Trump, dan Presiden Cin, Xi Jinping, di Buenos Aires, pada 1 Desember 2018. Keduanya sepakat untuk moratorium sementara kenaikan tarif selama 90 hari sambil menggelar negosiasi.

Saat ini, AS telah mengenakan kenaikan tarif untuk impor barang senilai US$250 miliar atau sekitar Rp3.600 triliun. Sedangkan Cina membalas dengan menaikkan tarif untuk impor senilai US$110 miliar atau sekitar Rp1.600 triliun. Produk yang disasar kedua negara seperti daging babi, kedelai, elektronik, hingga komponen pesawat terbang.

Saat ini belum diketahui berapa banyak jumlah impor beras Cina, yang kebanyakan berasal dari negara di Asia.

Baca Juga: Kaleidoskop 2018: Narkoba Picu Kekerasan Anak dan Perempuan di Kalsel!

Sejak 27 Desember 2018, impor berbagai jenis beras dari AS seperti beras coklat, beras mengkilap dan beras hancur akan diizinkan asalkan memenuhi standar inspeksi dari Cina dan terdaftar di Departemen Pertanian AS.

“Pemberian izin impor beras dari AS menunjukkan meningkatnya hubungan AS dan Cina,” kata Cherry Zhang, seorang analis dari perusahaan konsultan JCI. Dia menduga impor itu dilakukan perusahaan negara Cina.

 

Sumber: Tempo
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Rusia dan Turki Bahas Suriah Setelah Penarikan Tentara AS
apahabar.com

Global

Usia Terpaut 24 Tahun, Raja Malaysia Nikahi Miss Moscow
apahabar.com

Global

Saat Jokowi Larang Emak-Emak Kampanyekan Dirinya

Global

Perekonomian Global, Saham China Ditutup Menguat

Global

5 Negara Longgarkan Pintu Masuk untuk Indonesia
apahabar.com

Global

Erdogan Sampaikan Belasungkawa Korban Tsunami Banten-Lampung
Ilustrasi, bumi. Foto-Net

Global

Rotasi Melambat, Sehari di Bumi Makin Terasa Panjang
Wuhan

Global

Kota Asal Covid-19, Wuhan Rayakan Pergantian Tahun Dengan Normal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com