Sidang Pembuktian AnandaMu, Koordinator Banjarmasin-Baiman 2 Beri Kesaksian Kecelakaan Tunggal di Tol Mantewe Tanbu, Dua Orang Tewas Buntut Pembongkaran, Satgas Normalisasi Sungai Banjarmasin Kena Gugat Beredar Transkrip PPK Banjar Terima Rp10 Juta, Kordiv Bawaslu Terkejut Tak Cuma Wali Rakyat, Wali Kota Banjarmasin Juga Minta Mobdin Baru!

Indonesia Raih Enam Emas Ajang Keahlian

- Apahabar.com Minggu, 2 Desember 2018 - 14:15 WIB

Indonesia Raih Enam Emas Ajang Keahlian

Kontingen Indonesia di World Skills Asia (WSA) 2018 Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Tim Indonesia berhasil meraih enam emas dan tiga perak dalam kejuaraan keahlian tingkat Asia atau World Skills Asia (WSA) 2018 yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy saat menyambut kedatangan para delegasi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (2/12) dini hari, mengaku bangga akan prestasi yang diraih para lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tersebut.

“Dengan prestasi yang kita raih ini, sekarang kita berada pada ranking pertama Asia,” ujar Mendikbud.

Mendikbud mengaku sudah melaporkan prestasi tersebut kepada Presiden Joko Widodo dan Presiden mengaku bangga dan meminta agar semua SMK mengikuti apa yang sudah dicapai tersebut.

Enam medali emas tersebut diraih oleh Luki Centuri untuk bidang lomba desain web (Web Design), Firli Rizki untuk bidang lomb instalasi listrik (Electrical Installation), Rizki Muhammad untuk bidang sistem administrasi jaringan IT (Network System Administration), Hengky Sanjaya untuk bidang lomba solusi piranti lunak IT bisnis (IT Software Solution for Business), Isnaeni Wulandari untuk bidang lomba teknologi fesyen (Fashion Technology), dan A Nur Fatkhul Cholbi untuk bidang lomba Pengatur suhu ruang dan pendinginan (Refrigeration and Air Conditioning).

Sementara untuk medali perak diraih Salyan Alqosomi untuk bidang lomba Welding, Mustaqim untuk bidang lomba teknologi otomobil (Automobile Technology), dan M Khairul Abdulloah untuk lomba Electronik.

Para delegasi tersebut merupakan lulusan SMKN 3 Boyolangu, SMKN 2 Kendal, SMKN 4 Surakarta, SMKN

Bandung, SMKN 2 Banyumas, SMKN 2 Serang, SMKN 2 Sukohardjo, SMKN PGRI 3 Malang, dan SMKN Immanuel.

WSA 2018 diikuti oleh 19 negara. WSA merupakan ajang yang diselenggarakan dua tahun sekali dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing Asia dan meningkatkan persaudaraan diantara negara Asia.

“Rencananya, para pemenang ini akan kami berikan beasiswa hingga S2 ke Jerman. Agar nantinya pulang, bisa menularkan ilmu yang didapatnya ke siswa SMK ,” kata Muhadjir.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad, mengatakan Jerman dipilih karena Kemendikbud memiliki kerja sama dalam peningkatan vokasi.

Sementara itu, Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Bahrun, mengatakan pihaknya akan berusaha meningkatkan kemampuan lulusan SMK agar bisa bersaing di dunia internasional.

“Kami akan mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang World Skill Competition yang akan digelar pada tahun depan,” kata Bahrun.

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Teror Virus Corona; Korban Tewas di China Capai 908 Orang
Jokowi Evaluasi Total Dana Otonomi Khusus Papua

Nasional

Jokowi Evaluasi Total Dana Otonomi Khusus Papua
Covid-19 Indonesia

Nasional

Pecah Rekor Lagi, Positif Covid-19 Indonesia Tambah 9.321 Kasus
Covid-19

Nasional

WNI Positif Covid-19 di Luar Negeri Jadi 2.241, Terbaru di Hungaria-Kuwait
Reshuffle 6 Menteri

Nasional

Sah! Presiden Jokowi Reshuffle 6 Menteri di Kabinet Indonesia Maju
FPI

Nasional

Soal Larangan Akses Konten FPI, Berikut Penjelasan Polri
apahabar.com

Nasional

Tak Percaya Survei, BPN Optimis Prabowo-Sandiaga Unggul
apahabar.com

Nasional

Polisi: Korban Jadi Saksi Utama Ledakan di Monas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com