Tensi Politik Memanas, Bawaslu RI Turun Gunung ke Kalimantan Selatan Buntut Video Guru Wildan, Bawaslu Klarifikasi PWNU Kalsel Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April Hore! Tanah Laut Segera Miliki Stadion Berkapasitas 10.000 Penonton Perhatian! Bandara Syamsudin Noor Tetap Beroperasi Selama Larangan Mudik

Iran Tahan 10 Tersangka Terindikasi Serangan Bom Bunuh Diri

- Apahabar.com Senin, 10 Desember 2018 - 02:20 WIB

Iran Tahan 10 Tersangka Terindikasi Serangan Bom Bunuh Diri

Kota Iran. Foto-net

apahabar.com, DUBAI – Pasukan keamanan Iran menahan 10 orang yang diduga memiliki kaitan dengan serangan bom mobil tengah pekan tadi, yang menewaskan sedikitnya dua personel polisi.

“Petunjuk bagus sudah diperoleh dan berkat kerja sama dengan masyarakat … kami akan sampai kepada petunjuk utama,” kata Kepala Kepolisian Hossein Ashtari yang dikutip kantor berita IRNA.

Beberapa tersangka lagi sudah diidentifikasi dan sedang diburu, tambah Ashtari.

Sejumlah media menyebutkan sedikitnya 48 orang juga luka-luka dalam serangan bunuh diri dengan menggunakan bom mobil oleh kelompok militan atas markas kepolisian di kota pelabuhan Chabahar di bagian tenggara Iran.

Sementara pengeboman bunuh diri jarang terjadi di Iran, kelompok-kelompok militan Sunni melancarkan beberapa serangan atas pasukan keamanan selama beberapa tahun belakangan di Provinsi Sistan-Baluchestan, tempat Chahabar berlokasi.

Baca Juga : COP 24 di Polandia: WALHI Sumatera Soroti Pembangunan PLTU

Provinsi itu merupakan kediaman bagi minoritas Sunni di Iran yang mayoritas penduduknya berfaham Syiah, dan juga sudah lama dilanda kekerasan melibatkan para penyelundup obat bius dan kelompok-kelompok yang ingin memisahkan diri.

Kelompok Intelijen SITE yang berkedudukan di Amerika Serikat dan media negara Iran melaporkan bahwa kelompok militan Baluch yang Sunni, Ansar al-Furqan telah mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Teheran menuduh Arab Saudi, yang menjadi pesaing di kawasan dan AS yang merupakan musuh bebuyutan, mendanai para militan Sunni, tuduhan yang Riyadh dan Washington bantah.

Iran telah mengancam menyerang pangkalan-pangkalan militan di negara tetangganya Pakistan, jika Islamabad tidak mengambil tindakan untuk menjamin kawasan perbatasannya, yang Teheran katakan telah menjadi tempat berlindung bagi kelompok-kelompok anti-Iran untuk beroperasi.

Baca Juga : Di Polandia, WALHI Minta Para Kepala Negara Serius Tangani Perubahan Iklim

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Global

Abbas Dan Paus Bahas Masalah Timur Tengah
apahabar.com

Global

COP 24 di Polandia: WALHI Sumatera Soroti Pembangunan PLTU
apahabar.com

Global

Gempa Dahsyat Guncang Alaska, Jalan Raya Rusak Parah
Vaksin

Global

Sudah Lebih 600 Ribu Orang Disuntik Vaksin Pfizer Covid-19
apahabar.com

Global

Kelompok Bersenjata Serang Desa Mali dan Tewaskan 37 Orang

Global

Akun Instagram Paus Fransiskus Kedapatan Nge-like Foto Model Seksi Asal Brasil, Begini Komentar Sang Model
apahabar.com

Global

Teler Gegara Terpengaruh Teman, TKI Diusir dari Malaysia
Covid-19

Global

Gawat! 3.000 WNA Masuk Indonesia Positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com