Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Ketuanya Buron, Joko Pitoyo Ambil Alih Nasdem Tanah Laut Laporan Denny Rontok di Bawaslu Pusat, Tim BirinMu Endus Motif Lain Inalillahi, 2 Bocah di Batu Benawa HST Tewas Diduga Dibunuh Ibu Depresi Alasan Mencengangkan Disdik Mengapa Anak SMP di Banjarmasin Harus Sekolah Tatap Muka

Jaksa Cium Aroma Penyimpangan Dana Penyertaan Modal PT BIM

- Apahabar.com Kamis, 13 Desember 2018 - 06:00 WIB

Jaksa Cium Aroma Penyimpangan Dana Penyertaan Modal PT BIM

LUSTRASI: Sejumlah kendaraan dan alat berat mengeruk bebukitan dan lokasi tambang emas di Dusun Vatutempa, Poboya, Palu, Sulawesi Tengah. Foto/Antara

apahabar.com BANJAR – Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjar memberi atensi khusus terhadap kisruh di tubuh PT Banjar Intan Mandiri (PT BIM), seiring laporan masuk dari masyarakat di daerah tersebut.

Di balik tunggakan gaji pegawai, Korps Adhyaksa mencium adanya dugaan penyimpangan dana penyertaan modal di BUMD tersebut.

“Kami mendapat laporan masuk dari masyarakat terkait PT BIM ini pada 3 Agustus 2018 lalu,” ungkap Kasi Tipidsus Tri Taruna Fahriadi kepada apahabar.com.

Pihaknya, kata dia, masih akan fokus menyelisik pertanggung jawaban dana penyertaan modal dari Pemkab Banjar sebesar Rp 5 Miliar pada 2010 silam.

“Masih dalam tahap penyelidikan. Soal pengunaan dana penyertaan modal, termasuk perjalanan dinas mereka ke Jakarta, operasional dan gaji karyawan,” jelasnya.

Sejauh kasus ini dikembangkan, kata dia, sebanyak 15 saksi telah diperiksa.

“Intinya saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan memintai keterangan saksi-saksi,” terangnya.

Soal penyertaan modal ini sempat disinggung oleh anggota DPRD Banjar. Wakil Ketua DPRD Saidan Fahmi mengatakan, legislatif masih akan memberikan kesempatan kepada Pemkab Banjar berkomunikasi dengan PT BIM, sebelum memanggil langsung.

Soal penyertaan modal, dia menyebut, dari hasil rapat badan anggaran, PT BIM sempat menerima penyertaan modal sebesar Rp5 miliar pada 2010 yang lalu.

Di tahun 2017 PT BIM lewat dewan pengawas kemudian meminta tambahan penyertaan modal sebesar Rp2,5 miliar, dengan komitmen akan memberikan kontribusi PAD pada 2018.

“Rencana ini kami apresiasi dan sempat diketuk dan disetujui,” ungkap Saidan.

Di tengah perjalanan, atau di APBD perubahan 2017 penyertaan modal sebesar itu ditinjau kembali oleh pihak legislatif, dengan sidang paripurna untuk meminta penjelasan langsung dari PT BIM.

Kata Saidan, penyertaan modal kedua ini dinilai tak rasional. Perusahaan daerah yang sudah pernah diberikan penyertaan modal, seharusnya sudah memberikan PAD kepada Pemkab Banjar. “Bukan malah meminta penyertaan modal lagi,” terangnya.

Melalui proses yang alot, akhirnya diputuskan dalam rapat bahwa penyertaan modal kepada PT BIM di 2017 dibatalkan.

Baca Juga: Pembelotan PAN Kalsel, Pengamat: Pragmatis Bukan Ideologis

Dikonfirmasi, Komisaris PT BIM I Gusti Nyoman Yudoana meminta maaf atas kisruh tunggakan gaji karyawan. Gusti mewakili Direktur PT BIM Ahmad Yahni yang berhalangan lantaran sakit.

Baca Juga: Usai Kalsel, Kini Kader PAN Sumsel Ramai-ramai Dukung Jokowi

“Informasi terkait tunggakan gaji karyawan itu benar. Kami minta maaf kepada para karyawan, karena belum bisa membayarkan saat ini,” jelasnya dikonfirmasi media ini.

“Pasalnya banyak biaya yang kami keluarkan, mendahulukan kewajiban yang berhubungan dengan produksi ke depan,” ungkapnya lagi.

Reporter: Zepi Al Ayubi
Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Hukum

Usai Transaksi Sabu, Seorang Operator Alat Berat Asal Pulau Pinang Diringkus Polisi di Baliangin Banjar
apahabar.com

Hukum

Warga HST Dibekuk Polisi Lantaran Bawa Enam Kantong Sabu
apahabar.com

Hukum

Ribuan Napi di Kalsel Dapat Remisi HUT RI Ke-74, Dominan Kasus Narkotika
apahabar.com

Hukum

Sengaja Bakar Lahan Sendiri, Petani di Tapin Diciduk
apahabar.com

Hukum

DPO Sejak 2017, Pelaku Anirat di Guntung Ujung Diringkus
apahabar.com

Hukum

Dibongkar, Jaringan Diduga Pemasok Sabu dan Ekstasi ke THM di Banjarmasin
apahabar.com

Hukum

Lakukan Penipuan Lintas Provinsi, Resmob Polda Kalsel Amankan Polisi Gadungan
apahabar.com

Hukum

Pengelolaan Parkir Pasar Ulin Raya di Banjarbaru Tanpa Lelang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com