Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Jalan Khusus Kaltim-Kalsel Bakal Dibangun

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 22:08 WITA

Jalan Khusus Kaltim-Kalsel Bakal Dibangun

Truck angkutan batu baru di Jalan Raya. Foto-fokusbatulicin.com

apahabar.com, SAMARINDA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim siap mendukung pembangunan jalan khusus angkutan batu bara yang berlokasi di Kabupaten Paser dan Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan (Kalsel). Proyek tersebut bakal dibangun oleh PT Menara Lestari Bersama (MLB).

Pj Sekprov Kaltim Meiliana mengatakan dalam mendukung pelaksanaan tersebut pihak MLB lebih dulu mengajukan permohonan izin jalan khusus ke Provinsi Kaltim dan Kalsel.

Baca Juga: Kaltim Canangkan Program TK Negeri Sampai Desa

“Prinsipnya, jika itu untuk kepentingan pembangunan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan rakyat, Pemprov Kaltim pasti mendukung.

Tetapi, aturan tetap harus dilaksanakan, sehingga tidak bertentangan dengan hukum,” kata Meiliana ketika memimpin rapat koordinasi tindak lanjut permohonan izin pembangunan jalan khusus tambang PT MLB di Kabupaten Tabalong dan Paser, Kamis (6/12) siang.

Meiliana meminta agar PT MLB juga mengajukan permohonan rekomendasi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) kepada Gubernur Kaltim dan Kalsel.
Apabila pembangunan jalan tersebut melintasi kawasan hutan.

Izin tersebut dapat disampaikan kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) masing-masing provinsi. Dengan begitu, PT MLB bisa dengan mudah melaksanakan pembangunan jalan khusus tersebut.

“Kita harapkan jalan tersebut juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Bukan hanya dimanfaatkan untuk kepentingan perusahaan lainnya yang bekerjasama dengan PT MLB,” jelasnya dalam laman resmi Pemprov Kaltim.

“Sehingga keberadaan perusahaan ini turut membantu pembangunan daerah. Pemerintah sudah memberikan izin, maka perusahaan juga bisa berkontribusi kepada daerah. Artinya, negara siap membantu, asalkan rakyat juga dibantu,” sambungnya.

Pertemuan siang tadi, hadir pula perwakilan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pemerintah Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Paser.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Pesan Damai Natal dari MUI Papua
apahabar.com

Nasional

Soal Obat Covid-19, Polda Metro Jaya Klarifikasi Pelapor Anji
Simpatisan Habib Rizieq

Nasional

Polisi Amankan Simpatisan Habib Rizieq di Depan PN Jakarta Timur
apahabar.com

Nasional

4 Kali Gugurkan Lava, Status Gunung Merapi Waspada
apahabar.com

Nasional

Tsunami Banten, Tidak Dipicu oleh Gempa Bumi
Sumbawa Diguncang Gempa

Nasional

Sumbawa Diguncang Gempa M 5,0, Dampak Belum Diketahui
Ilustrasi, kedatangan vaksin sinovac di Indonesia. Foto-Net

Nasional

Lagi, 5 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba Hari Ini
apahabar.com

Nasional

Ini Rangkaian Sidang Paripurna Pengucapan Sumpah Anggota DPR, DPD dan MPR
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com