Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Jalan Mentawir-Wonosari Panajam Nyaris Putus Akibat Longsor

- Apahabar.com Selasa, 11 Desember 2018 - 09:50 WIB

Jalan Mentawir-Wonosari Panajam Nyaris Putus Akibat Longsor

NYARIS PUTUS – Jalan Mentawir-Wonosari Panajam nyaris putus akibat longsor. Foto:antara

apahabar.com, PANAJAM – Ruas jalan yang menghubungkan Kelurahan Mentawir dengan Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, nyaris terputus akibat badan jalan tergerus longsor dan ambles.

“Kami telah meninjau jalan yang menghubungkan Mentawir dengan Wonosari yang longsor itu,” kata Wakil Bupati Penajam Paser Utara Hamdam ketika ditemui di Penajam, Kalimantan Timur, Selasa.

Ia menegaskan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pekerjaan Umum Kecamatan Sepaku akan segera melakukan tindakan terhadap jalan yang ambles tersebut.

Longsornya badan jalan yang menghubungkan Kelurahan Mentawir dengan Desa Wonosari itu akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Penajam Paser Utara beberapa pekan terakhir.

Baca Juga : Kaltim Bentuk Sekber Penanganan Dana Desa

Akibatnya masyarakat yang selama ini menggunakan akses jalan darat kembali menggunakan akses jalur laut, sebab jalan tersebut tidak dapat dilalui kendaraan bermotor khususnya roda empat.

Jalan sepanjang 10 kilometer itu dibangun menggunakan dana APBD Kabupaten Penajam Paser Utara melalui skema anggaran tahun jamak (multiyears).

“Harus segera ditangani, kalau tidak akan semakin parah. UPT Pekerjaan Umum telah kami minta melakukan rekondisi agar jalan bisa dilalui masyarakat kembali,” tegas Hamdam.

Menurut dia, banyak titik yang berpotensi lonsor di jalan yang menghubungkan Kelurahan Mentawir dengan Desa Wonosari tersebut, dan meminta masyarakat tidak melakukan penebangan pohon.

“Masyarakat kami minta jangan melakukan penebangan pohon sampai ke pinggir jalan, banyak masyarakat menebang pohon sampai pinggir jalan untuk membuka perkebunan,” kata Hamdam.

Untuk jangka panjang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia, akan melakukan perbaikan jalan yang menghubungkan Kelurahan Mentawir dengan Desa Wonosari tersebut dengan konstruksi yang lebih baik.

“Banyak jurang di sisi jalan yang menghubungkan Mentawir dengan Wonosari itu yang berpotensi longsor, jadi harus dilakukan perbaikan dengan kontruksi yang lebih baik,” ujar Hamdam.

Baca Juga : Bandara Kalimarau Terbaik Anugerah Bandara Award 2018

Sumber : Antara
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

PPU, Calon Ibu Kota RI Terima Bantuan Ribuan PJU dan Power Cell
apahabar.com

Kaltim

Ratusan Kades Se-Kaltim Bakal Ikuti Raker DD
apahabar.com

Kaltim

Hari Air 2019, Warga Kaltim Deklarasi Sungai Bebas Sampah
apahabar.com

Kaltim

Samarinda Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur
apahabar.com

Kaltim

2019, Pelayanan Kaltim Harus Ditingkatkan
apahabar.com

Kaltim

Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS
apahabar.com

Kaltim

Perdagangan Kaltim Surplus 11,48 M Dolar AS
apahabar.com

Kaltim

Cerita Wagub Hadi Sering Digabungkan dalam Grup WA
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com